Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Hiburan

5 Sutradara Asia Terbaik yang Filmnya Wajib Anda Tonton

sutradara Chloe Zhao
Sutradara Chloe Zhao

Jakarta, Layar.idBagi Anda yang bingung dengan tontonan penghibur di akhir pekan, beberapa rekomendasi dapat jadi pilihan. Namun bukan dari judul, mari melihat lebih dekat beberapa sutradara Asia terbaik yang bekerja di Hollywood saat ini.

Dalam daftar sutradara Asia terbaik ini, ada sutradara yang telah memenangkan Oscar, seperti Ang Lee, Cloe Zhao dan Bong Joon-Ho. Ahlinya film horor, James Wan dan sutradara dibalik kesuksesan waralaba Fast & Furious, Justin Lin.

Mari simak sutradara Asia yang film-film garapannya bisa menjadi tontonan yang menarik bagi Anda.

Baca juga: 5 Film Kamila Andini, Sutradara Wanita yang Sukses Dalam dan Luar Negeri

Chloe Zhao (Eternals, Nomadland)

Pembuat film asal Tiongkok ini membuat sejarah, mengalahkan David Fincher, untuk karyanya berjudul Nomadland (2020). Zhao menjadi wanita kedua dan wanita kulit berwarna pertama yang memenangkan Academy Award untuk kategori Sutradara Terbaik.

Wanita yang bernama lengkap Zhao Ting ini juga membawa piala dalam kategori Film Terbaik untuk film yang sama.

Kreditnya semakin mengesankan dengan debut Marvel Eternals (2021), menjadikannya sutradara yang harus diperhitungkan. Memulai karir penyutradaraan dengan debut film, Songs My Brothers Taught Me (2015) dan kemudian menggarap The Rider (2017).

Bong Joon-Ho

Sutradara Bong Joon-Ho

Bong Joon-Ho (Parasite, Okja, Snowpiercer)

Parasite (2019) adalah film non-Inggris pertama yang memenangkan Oscar untuk Film Terbaik di Academy Awards ke-92. Namun, filmografi Bong Joon-Ho yang mengesankan berawal dari awal tahun 2000-an.

Film debut sutradara asal Korea Selatan ini adalah sebuah dark comedy berjudul Barking Dogs Never Bite (2000). Kemudian film thriller kriminal Memories of Murder (2003), The Host (2006), dan sci-fi berjudul Snowpiercer (2013) menjadi film garapan Bong Joon-Ho yang sukses secara komersil. Film aksi-petualangan Okja (2017) juga mendapat respon positif dari kritik.

Karya sutradara yang lahir pada 14 September 1969 ini begitu terkenal di Korea Selatan dan mulai merambah ke pasar Amerika Serikat. Bong Joon-Ho telah membuktikan kemampuan menggarap beberapa genre, mulai dari dark humor, fiksi-ilmiah, monster, dan thriller kriminal.

Baca juga: Bong Joon-ho Bakal Garap Film Baru Yang Dibintangi Robert Pattinson

Ang Lee

Sutradara Ang Lee

Ang Lee (Life of Pi, Brokeback Mountain)

Sejak Crounching Tiger, Hidden Dragon (2020), sutradara Asia, Ang Lee telah menjadi kekuatan alam di Hollywood. Dia terkenal selektif dengan proyeknya dan selalu mengeksplorasi metode baru dalam pembuatan film.

Misalnya saja dalam film terbarunya Gemini Man (2019) bersama Will Smith. Ia mengeksplorasi gaya efek khusus de-aging yang membuat Smith tampil dalam versi muda.

Kesusesan film sutradara asal Taiwan ini dimulai jauh pada 1990-an, Pushing Hands (1991), The Wedding Banquet (1993), dan Eat Drink Man Woman (1994) diterima cukup baik di Taiwan dan internasional.

Ang Lee juga menggarap film dari berbagai genre, diantaranya film superhero Hulk (2003), drama romantis Brokeback Mountain (2005), film spionase Lust, Caution (2007) hingga drama petualangan Life of Pi (2012).

James Wan

Sutradara James Wan

James Wan (The Conjuring, Insidious, Saw)

Mulai waralaba Saw hingga Insidious, James Wan adalah legenda horor tak terbantahkan. Ia bertanggung jawab untuk mengarahkan beberapa blockbuster horor paling terkenal.

James Wan adalah keturunan Tionghoa Malaysia berkebangsaan Australia. Ia juga menjadi produser dan penulis naskah banyak film horor serta seorang penulis komik.

Setelah kesuksesan waralaba Saw, James Wan terus mencapai kesuksesan waralaba horor lainnya dalam The Conjuring Universe. Ia mengubah kisah kehidupan nyata Ed dan Lorraine Warren menjadi karya mengesankan, melahirkan sekuel, bersama angsuran spin-off lainnya.

Film non horor, Furious 7 (2015) dan Aquaman (2018) membawa namanya menjadi sutradara yang filmnya meraup pendapatan kotor lebih dari 1 Miliar dolar AS. Ia juga menggarap sekuel Aquaman yang dijadwalkan tayang pada 2023.

Justin Lin

Sutradara Justin Lin

Justin Lin (Star Trek, Fast & Furious)

Mengawali serangkaian usaha indie, Justin Lin telah menjadi salah satu produser dan sutradara Hollywood paling sukses. Ia lahir di Taiwan, dan kini berkebangsaan AS.

Justin Lin dikenal dari drama kriminal Better Luck Tomorrow (2002), kemudian keterlibatannya dalam waralaba Fast & Furious, diantaranya Fast & Furious (2009), Fast Five (2011), Fast & Furious 6 (2013), F9 (2021) dan Star Trek Beyond (2016).

Meskipun Justin Lin tidak lagi mengarahkan Fast X, akan menarik melihat ke mana lagi dia membawa bakatnya dalam waktu dekat. (Yub/Crs)

 

Sumber : movieweb.com, IMDb
Foto       : berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi layar.id.

Baca Juga

Berita Hiburan

Jakarta, Layar.id – Eternals, film Marvel dengan peringkat terendah di antara penggemar dan kritikus, dilaporkan mendapatkan sekuel. Meskipun saat ini belum ada dalam panduan...

Entertainment

Jakarta, Layar.id – Bong Joon-Ho kini menjadi salah satu pembuat film paling berhasil dengan karya yang memukau. Sukses dengan Parasite sebagai pemenang Film Terbaik...

Film

Last updated on 7 Juni, 2022 Jakarta, Layar.id – Kedatangan film kesepuluh waralaba, Fast X, semakin menarik dengan kembalinya Scott Eastwood. Aktor ini kabarnya...

Entertainment

Last updated on 21 Mei, 2022 Jakarta, Layar.id – Angsuran kesepuluh dari waralaba Fast and Furious bertajuk Fast X sedang dalam masa produksi. Akan...