Connect with us

Hi, what are you looking for?

Film Barat

Sinopsis Film The Outpost: Pertahanan Tentara Amerika vs Taliban di Kamdesh

film the outpost 2020
The Outpost (sumber: Screen Media Films)

Layar.id – Salah satu film yang mengangkat kisah tentara Amerika vs Taliban adalah film berjudul The Outpost. Mengadaptasi novel non-fiksi karya Jake Tapper yang mengangkat cerita peristiwa pertempuran di Kamdesh dalam Perang di Afghanistan.

The Outpost akan tayang di Bioskop Trans TV malam ini, Sabtu, (21/5) pada pukul 22.00 WIB.

Film The Outpost rilis pertama kali pada 3 Juli 2022, yang disutradarai oleh Rod Lurie.

Film ini diangkat dari kisah nyata yang dituangkan dalam novel berjudul The Outpost: An Untold Story of American Valor.

Film The Outpost mengangkat kisah nyata tentara Amerika Serikat di Afghanistan yang dikenal dengan nama Pertempuran Kamdesh, pada 3 Oktober 2009.

Berlatar salah satu pos penjagaan terluar milik AS yang berada di sebuah lembah terpencil yang dikelilingi pegunungan Hindu Kush, Afghanistan Utara.

Pos bernama PRT Kamdesh itu menjadi yang paling berbahaya dan sering menerima serangan dari Taliban. Suatu hari, pos yang dijaga 79 tentara AS, 42 tentara Afghanistan dan 2 orang penasehat militer asal Latvia itu, diserbu 300 pejuang Taliban.

Beberapa pemain yang bergabung antara lain: Scott Eastwood, Caleb Landry Jones, Orlando Bloom, Jack Kesy, Milo Gibson, Taylor John Smith dan Cory Hardrict. Kabarnya tiga orang tentara AS yang pernah ditempatkan di pos tersebut ikut berperan.

Baca juga: Sinopsis Film Gone Girl: Hilangnya Amy Dunne Secara Misterius

Sebelum menonton ada baiknya untuk menyimak sinopsisnya dibawah ini.

Sinopsis Film The Outpost

Film The Outpost menceritakan tentang nasib pos PRT Kamdesh, yang dijaga pasukan AS dan tentara Afghanistan, yang sering mendapat serangan dari pejuang Taliban.

Saat Sersan Romera sampai di pos tersebut bersama pasukan lainnya, Kapten Benjamin Keating sedang menyusun rencana untuk mengajak tetua penduduk lokal bernegoisasi.

Kapten Benjamin menawarkan sejumlah uang untuk membangun infrastruktur sebagai tanda untuk berdamai, meski ada bukti serangan satu hari sebelumnya berasal dari penduduk lokal.

Namun, ketika dalam perjalanan, truk yang dikendarai Kapten Benjamin tergelincir saat melewati jalan sempit di tebing yang menewaskannya.

PRT Kamdesh kini dipimpin Kapten Captain Robert Yllescas. Patroli kembali dilakukan setelah terjadi serangan baru, sementara Sersan Romera sedang mengatur pertahanan di pos.

Penerjemah bernama Mohammed, memberitahukan kabar akan ada serangan besar, namun informasi itu diabaikan.

Ketika Sersan Josh Kirk menangkap satu penduduk lokal yang diam-diam mengambil foto pos tersebut, Kapten Robert mengurungkan proses negoisasi sebelumnya.

Kemudian, saat sedang patroli dekat jembatan, Kapten Robert tewas akibat serangan bom bunuh diri.

Pimpinan di pos kembali berganti, kali ini oleh Kapten Sylvanius Broward. Ia juga mengabarkan pos tersebut akan segera ditutup.

Ketika petunjuk sebuah tanda pengenal Afghanistan di sekitar lokasi pengeboman ditemukan, Kapten Broward melarang patroli. Kepemimpinannya dipertanyakan oleh para prajurit, diantaranya dari Sersan Romera dan Spesialis Ty Michael Carter.

Serangan kembali datang di malam hari, kali ini disertai dengan mortar. Esoknya tetua penduduk setempat datang membawa mayat seorang anak perempuan yang disebut menjadi korban serangan balik tentara AS tadi malam. Kapten Broward setuju dan memberikan uang kompensasi.

Kemudian, Kapten Broward resmi dihentikan sebagai pimpinan di PRT Kamdesh karena akan segera ditutup pada Oktober.

Kini Letnan Satu Andrew Bundermann menjadi pemimpin pos sampai resmi ditutup.

Namun saat pagi hari pada 3 November 2009, Mohammed kembali memperingati para prajurit karena para penduduk lokal telah meninggalkan rumah mereka. Serangan besar-besaran dari Taliban akan segera datang.

Pejuang Taliban yang telah mengepung pos mulai melakukan serangan, pertempuran meletus yang membuat sejumlah tentara Afghanistan dalam pos melarikan diri.

Mampukah Letnan Satu Bunderman, Sersan Romera dan pasukan lainnya bertahan dari gempuran tersebut?

Film The Outpost mendapat rating 6,8/10 di situs IMDb. Sementara, untuk pendapatan globalnya hanya 2,3 juta dolar AS, karena perilisannya di bioskop dihentikan akibat pandemi.

 

Sumber: Berbagai sumber

Foto: Screen Media Films

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi layar.id.

Baca Juga

Film Barat

Jakarta, Layar.id – King Arthur: Legend of the Sword merupakan film aksi petualangan yang hadir di tahun 2017 dengan disutradarai Guy Ritchie dan penulis...

Film Barat

Jakarta, Layar.id – Billionaire Boys Club merupakan film drama kejahatan biografi yang hadir tahun 2018 dengan disutradarai James Cox sekaligus penulis skenarionya bersama Captain...

Film Indonesia

Jakarta, Layar.id – Ghost Writer 2 merupakan film horor komedi yang hadir pada 21 Juni 2022 dengan sutradara Muhadkly Acho dan penulis skenarionya Bene...

Film Indonesia

Jakarta, Layar.id – Sinar Untuk Genta merupakan film drama Indonesia yang dirilis pada 24 Juni 2022 dengan sutradaranya Hedy Suryawan dan penulis skenarionya Rika...