Connect with us

Hi, what are you looking for?

Film Indonesia

Rekomendasi Film Indonesia Bertema Kemerdekaan

Film tentang kemerdekaan

Layar.id – Sehari lagi kita akan merayakan hari kemerdekaan negara kita yang ke-77. Ada berbagai cara untuk memperingati hari besar Indonesia. Banyak alternatif untuk memperlajari sejarah Indonesia, salah satunya melalui media film.

Berikut beberapa rekomendasi film mengenai kemerdekaa Indonesia dan sejarah Indonesia.

1. Soekarno (2013)

poster soekarno 2013

Poster Soekarno (2013) (sumber: Multivision Plus)

Siapa yang tidak mengenal Soekarno? Perjuangan presiden pertama Republik Indonesia ini diabadikan dalam film Soekarno. Film ini menceritakan perjalanan hidup Soekarno dan juga perjuangan beliau dalam meraih Indonesia merdeka.

Film Soekarno merupakan film garapan Hanung Bramantyo. Didukung oleh Ario Bayu sebagai pemeran Soekarno. Dirilis pada tahun 2013, namun cerita sejarahnya tetap bisa kita ambil manfaatnya.

Baca juga: Deretan Film Tentang Pahlawan Indonesia

2. Merah Putih (2009)

Film Merah Putih mengisahkan perjuangan para pahlawan Indonesia setelah kemerdekaan diraih. Para pejuang bangsa dan rakyat menghadapi Belanda yang tidak terima dengan kemerdekaan Indonesia. Ketidakterimaan  ini yang membuat Belanda berusaha membuat Indonesia menjadi negara jajahannya kembali. Peristiwa ini dikenal sebagai Agresi Militer I.

Tokoh-tokoh dalam Merah Putih dibintangi oleh aktor dan aktris ternama.Mereka adalah Lukman Sardi, Donny Alamsyah, Darius Sinanthrya, Zumi Zola, Tengku Rifnu Wikana, Rahayu Saraswati, Rudy Wowor, dan Astri Nurdin.

3. Battle of Surabaya (2015)

poster film animasi battle of surabaya

Poster Battle of Surabaya (2015) (sumber: MSV Pictures)

Battle of Surabaya memberikan kita kesan yang berbeda dari film yang lain. Film ini merupakan film animasi asli buatan putra Indonesia.

Kisah si tokoh utama yang bernama Musa sebagai remaja penyemir sepatu mengawali cerita Battle of Surabaya. Mengambil latar belakang peristiwa 10 November 1945 di Surabaya. Lagi-lagi kita akan melihat kisah para pejuang yang mempertahankan kedaulatan Indonesia.

Meskipun film ini berbentuk animasi 2D, namun pengisi suara tokoh merupakan aktor dan aktris ternama. Reza Rahardian dan Maudy Ayunda ikut serta dalam mengisi tokoh penting dalam film ini.

4. Jendral Sudirman (2015)

Film ini menceritakan perjuangan Jendral Sudirman dalam mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia walaupun menderita penyakit paru-paru.

Film Jendral Sudirman berlatar belakang ketika Belanda melanggar perjanjian Renville dan ketika presiden Soekarno dan Hatta ditangkap juga diasingkan. Di saat itulah peran Jendral Sudirman sangat besar dalam memimpi perang gerilya selama tujuh bulan dalam menghadapi Belanda.

Adipati Dolken memerankan Jendral Sudirman. Tokoh pendukung lainnya antara lain Ibnu Jamil, Mathias Muchus, Baim Wong, Lukman Sardi, Nugie, Annisa Hertami, dan Landung Simatupang.

5. Kartini (2017)

poster film kartini 2017

Poster Kartini (2017) (sumber: Legacy Pictures)

Film Kartini karya Hanung Bramantyo dirilis pada tahun 2017. Film Kartini menceritakan perjalanan yang penuh emosional dari sosok Kartini dalam melawan tradisi Jawa yang dianggap sakral. Dalam perjuangannya, Kartini bahkan harus menentang keluarganya untuk memperjuangkan hak orang Indonesia terutama kaum wanita.

Film ini bertabur bintang-bintang kenamaan Indonesia. Dian Sastrowardoyo memerankan tokoh Kartini. Bintang pendukung lainya antara lain Reza Rahardian, Ayushita, Christine Hakim, Adinia Wirasti, Djenar Maesa Ayu, Rianti Catwright, Acha Septriasa, dan lainnya.

 

Sumber dan Foto: Berbagai Sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi layar.id.
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Berita Hiburan

Jakarta, Layar.id – Film produksi dalam negeri mulai ramai peminat dan jadi tuan rumah di negeri sendiri. Catatan impresif data filmindonesia.or.id menunjukkan pergerakan positif...

Film Indonesia

Jakarta,Layar.id – Daftar film komedi romantis persembahan Tanah Air kembali bersemi. Salah satunya adalah film yang menampilkan duo Irzan Faiq dan Marsha Aruan, yang...

Berita Hiburan

Layar.id – Setelah heboh dengan series Layangan Putus kini hari film dengan kehidupan pernikahan lainnya. Noktah Merah Perkawinan adalah karya dari rumah produksi Rapi...

Aktor/ Aktris

Jakarta, Layar.id – Bagi Pelayar yang menantikan suguhan dalam negeri bulan ini, Gendut Siapa Takut? bisa menjadi pilihan, rilis hari ini, 22 September 2022....