Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Hiburan

Deretan Film Tentang Pahlawan Indonesia

Film Tentang Pahlawan Indonesia

Last updated on 15 November, 2021

Jakarta, Layar.id – Masih hangat dengan hari Pahlawan, tentu saja kita akan mengaitkan dan kental dengan beberapa hal tentang pengorbanan pahlawan dan perjuangan mereka.

Maka, kita akan melihat bermunculan berbagai gambar tokoh dan ucapan untuk mengenang jasa para pahlawan dalam menyambut hari pahlawan.

10 November memang sudah melekat dengan Hari Pahlawan sehingga semua orang pasti akan mengingat hari besar ini.

Biasanya, pada Hari Pahlawan ada berbagai event menarik yang dengan menggunakan pakaian pahlawan dan beberapa keseruan seperti tebak-tebakan pahlawan.

Walaupun begitu, masa pandemi tidak menghalangi kreativitas, ada berbagai event menarik secara online. Selain itu, kita bisa menikmati film sehingga mampu mengenang jasa para pahlawan Indonesia dengan film tentang mereka.

Ada bioskop yang sudah dibuka pada masa pandemi namun untuk ingin memilih film yang mau ditonton dengan keinginan sendiri melalui layanan streaming online yang sudah banyak tersedia.

Kelebihan dari penggunaan layanan streaming online adalah tidak terikat oleh waktu dan ruang sehingga kita bebas untuk menentukan pilihan.

Bukan hanya itu, dengan menonton karya-karya para sutradara Indonesia artinya kita turut membantu industri kreatif Indonesia untuk bangkit di tengah pandemi.

Deretan Film Tentang Pahlawan Indonesia 

November 1928 (1979)

Mungkin ini menjadi film tentang pahlawan yang pertama tayang. Sebuah karya yang disutradarai oleh Teguh Karya menceritakan tentang penduduk desa di Jawa yang memberontak melawan pemerintahan penjajahan Hindia Belanda.

Soekarno (2013)

sumber: kompas.com

Tokoh yang cukup terkenal yaitu presiden Indonesia pertama Soekarno. Hanung Bramantyo menjadi sutradara film yang mengenai perjalanan hidup Soekarno sebagai sang proklamator.

Film Soekarno diperankan Ario Bayu sebagai sosok Bung Karno, bersama Lukman Sardi, Maudy Koesnaedi, hingga Sujiwo Tejo.

Sebuah film yang sarat nilai perjuangan dengan durasi 137 menit sehingga berhasil mendapatkan gelar Film Terpuji dari Festival Film Bandung (FFB) ke-27 pada 2014.

Baca juga: Terharu, Tonton Film Sosok Ayah Hasil Sinemasi Indonesia

Tjokroaminoto (2015)

guru bang tjokroaminoto

Film yang bertema perjuangan Indonesia yang rilis pada tahun 2015 merupakan garapan Garin Nugroho. Melibatkan beberapa aktor terbaik seperti Reza Rahadian, Christine Hakim, Didi Petet, hingga Sujiwo Tejo.

Secara umum, film ini menceritakan tentang guru bangsa yang berhasil menjadi pendidik untuk tokoh-tokoh pemimpin Indonesia.

Di tahun  2014, film Tjokroaminotol memperoleh tiga kategori pada Festival Film Indonesia 2015 sebagai Sinematografi Terbaik, Tata Artistik Terbaik, dan Tata Busana Terbaik.

Baca juga: Film Wage Kenang Sosok WR Soepratman Pencipta Indonesia Raya

Battle of Surabaya (2015)

animasi film pahlawan indonesia battle of surabaya

Lain dengan dengan film lainnya, film yang menceritakan tentang perjuangan Indonesia menggunakan tampilan animasi 2 dimensi.

Produksi Film animasi Battle of Surabaya adalah MSV Pictures yang disutradarai oleh Aryanto Yuniawan.

Battle of Surabaya menceritakan tentang petualangan Musa yang digambarkan sebagai remaja tukang semir sepatu dengan pekerjaan menjadi kurir bagi perjuangan arek-arek Suroboyo pada pertempuran 10 November 1945.

Kisah dan animasinya membuat Battle of Surabaya berhasil mendapatkan penghargaan film ternama seperti Best Animation di Milan International Film Festival 2017, Best Animation dalam Berlin International Film Festival 2017, Best Animation dalam Nice International Film Festival 2017, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Simak Inspirasi Pahlawan Wanita Yang Terlihat Di Film “Tjoet Nja’ Dhien”

Bumi Manusia (2019)

sumber: tirto.id

Sebuah karya dari film adaptasi dari buku yang berjudul yang sama dari Pramoedya Ananta Toer yang diproduksi oleh Hanung Bramantyo.

Bumi Manusia memang lebih banyak bercerita tentang kisah cinta antara Minke dan Annelies yang tumbuh dari berbagai  permasalahan sosial dan ketidakadilan pada  masa penjajahan Belanda.

Di tahun 2020, Bumi Manusia berhasil memenangkan kategori Film Terpuji, Sutradara Terpuji, Pemeran Utama Pria Terpuji, dan Penulis Skenario Terpuji di gelaran Festival Film Bandung. (Prs/Eve)

Sumber dan foto: berbagai sumber

Baca Juga

Drama Korea

Jakarta, Layar.id – Penyanyi dan aktor Rain akan kembali ke layar kaca dalam drama Ghost Doctor. Ini adalah drama pertama kalinya setelah dua tahun...

Film

Jakarta, Layar.id – Netflix membawa kemenangan besar. Film “The Lost Daughter” berhasil mengantongi penghargaan Feature Terbaik dan Skenario Terbaik. Sedangkan kategori Sutradara Terobosan diraih...

Berita Hiburan

Last updated on 25 November, 2021Jakarta, Layar.id – Siapa sih yang tidak mengenal nama Alexandra Daddario? Ia adalah salah satu talenta muda Hollywood namanya...

Film Indonesia

Jakarta, Layar.id – Satu lagi film Tanah Air yang bakal segera tayang secara streaming di KlikFilm, bertajuk Langit Kala Senja. Film ini menceritakan tokoh...