Connect with us

Hi, what are you looking for?

Film Animasi

Makoto Shinkai Siapkan Film Anime Baru

makoto shinkai
makoto shinkai (sumber jalan tikus)

Last updated on 18 Desember, 2021

Jakarta, Layar.id – Nama Makoto Shinkai mulai mendunia sejak karya filmnya yang berjudul “Your Name” meraih kesuksesan box office nasional Jepang dan internasional. Setelah meluncurkan Weathering With You, Makoto Shinkai mengumumkan karya terbarunya.

Bertajuk Suzume no Tojimari atau Suzume Locking Up The Door, film ini akan disiapkan untuk perilisan musim gugur tahun depan di Jepang. Dalam film ini Makoto kembali mengumpulkan partner-partner lamanya.

Ada Masayoshi Tanaka yang berkolaborasi bersama dalam Your Name dan Weathering With You untuk kembali mendesain karakternya. Kenichi Tsuchiya dan Takumi Tanji juga kembali dari Your Name sebagai sutradara animasi dan sutradara seni. Belum ada informasi anggota cast dan hal lainnya yang diumumkan sejauh ini.

Dideskripsikan sebagai “road movie“, film ini berkisah tentang seorang anak perempuan berusia 17 tahun bernama Suzume. Suzume tinggal di kota kecil di Kyushu. Hidupnya mulai berubah saat ia bertemu dengan seorang penjelajah muda yang berkata ia sedang mencari sebuah pintu.

Suzume pun mengikuti pemuda itu ke dalam hutan dan menemukan sebuah pintu tua dengan reruntuhan bangunan modern di sekelilingnya. Seolah tertarik oleh sesuatu, Suzume pun membuka pintu tanpa tahu apa yang ada di baliknya. Hal ini menyebabkan beberapa pintu lain di seluruh Jepang ikut terbuka dan mengundang bahaya ke dunia. Untuk memperbaiki kesalahannya, Suzume pun memulai perjalanan “menutup pintu.”

Bersama dengan pengumuman ini, juga dirilis sebuah key visual art. Gambar seukuran poster ini menampilkan sebuah pintu di tengah kolam. Pintu terlihat tuua dengan beberapa bekas pelapukan kayu dan tanaman merambat. di belakang pintu itu adalah latar bangunan runtuh dengan gaya-gaya modern. Di bawahnya terdapat tulisan “karya terbaru Makoto Shinkai” dan judul Jepangnya.

Suzume no Tojimari

Suzume no Tojimari atau Suzume Locking up the Door (sumber collider)

Baca juga: The Bad Guys Tampilkan Mr. Wolf Ingin Jadi Baik

KARYA-KARYA MAKOTO SHINKAI

Makoto Shinkai sudah sering memenangkan penghargaan di Jepang dan internasiona, termasuk Los Angeles Film Critics Association Award for Best Animated Film untuk karya Your Name (Kimi no Na wa).

Film tahun 2016 ini bercerita tentang Taki dan Mitsuha yang sering bertukar badan. Satu anak gadis di desa dan satu lagi anak pemuda di kota, mereka sering bertengkar dan merasa terganggu akan hal ini. Namun ternyata mereka tidak hanya bisa bertukar badan, tetapi ada misi khusus yang harus mereka selesaikan. Bila tidak, mereka akan benar-benar terpisah selamanya.

Weathering With You (Tenki no Ko) juga terpilih sebagai submisi resmi Jepang untuk Academy Award 92 kategori Best International Film. Film yang rilis tahun 2019 ini bercerita tentang gadis bernama Hina di tengah kota Tokyo yang sering hujan. Ia memiliki kemampuan khusus memanggil matahari dengan berdoa.

Hodoka, seorang anak laki-laki muda yang datang ke Tokyo untuk mencari nafkah juga mengetahui hal tersebut. Setelah itu, mereka pun membuka usaha pemanggil cuaca cerah dan mendapatkan banyak uang. Namun bukan berarti kemampuan Hina itu tanpa konsekuensi. Hodoka tidak mengatahui hal ini hingga ia hampir kehilangan gadis tersebut.

Sejak awal, Makoto Shinkai memang mempunya ciri khas visual filmnya yang memanjakan mata. Hal ini terlihat dari karya yang berjudul The Garden of Words (Kotonoha no Niwa) tahun 2013. Dengan latar cuaca hujan, Makoto berhasil memperlihat keindahan detail percikan air di taman, kolam, daun, bahkan perbedaan indahnya cuaca hujan yang gelap dengan terang.

Baca juga: Deretan Film Animasi Paling Diantisipasi Di Tahun 2022

kotonoha no niwa

kotonoha no niwa (sumber kaskus)

Karya satu ini juga memiliki cerita yang indah. Mengisahkan seorang pelajar SMA bernama Takao Akizuki yang sering bolos sekolah. Ia biasanya duduk di bangku taman dan menggambar. Di sana ia bertemu dengan seorang wanita yang memuji gambarnya. Mereka berdua semakin dekat apalagi dengan seringnya hujan turun menjebak mereka berteduh di sana.

Saat Takao mulai merasakan sesuatu yang spesial dengan wanita ini, mereka bertemu lagi di sekolah. Kali ini sebagai guru dan murid. Hal ini memberikan pukulan keras untuk keduanya.

Tentunya masih ada karya lain misalnya 5 Centimeter per Second (2007), Kanojo to Kanojo no Neko (2002), Hoshi no Koe (2002), Cross Road (2014), Dareka no Manazashi (2014), hingga iklan-iklan seperti Taisei Kensetsu.

 

Sumber: Myanimelist, Collider, Kotaku.
Foto: berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi layar.id.

Baca Juga

Film Animasi

Jakarta, Layar.id –  Film anime Yuru Camp: Movie dikabarkan akan segera rilis pada pertengahan tahun 2022 ini. Hal tersebut sebagaimana disampaikan oleh akun Twitter @yurucamp_anime...

Film

Jakarta, Layar.id Shinkai terkenal sebagai produsen film anime bertema magic paling sukses di Jepang. Setelah absen selama hampir tiga tahun, studio akhirnya merilis poster...

Video

Jakarta, Layar.id – Satu lagi menyusul keberhasilannya di Jepang, film animasi Jujutsu Kaisen O bakal segera rilis dunia di Inggris, Irlandia, Australia, dan banyak...

Film

Last updated on 30 Agustus, 2021 RESIDENT EVIL: INFINITE DARKNESS MENERBITKAN CLIP TERBARU UNTUK LEON S. KENNEDY SEHARI SEBELUM RESMI TAYANG DI NETFLIX. Jakarta,...