Connect with us

Hi, what are you looking for?

Film

Urutan Tonton Film Harry Potter Secara Kronologikal

Harry Potter dan Fantastic Beasts

Last updated on 4 Oktober, 2021

Jakarta, Layar.id – Franchise film Harry Potter terlihat sudah berakhir dengan adanya Harry Potter and the Deathly Hallows – Part 2 tahun 2011. Kisah si pemuda Harry Potter memang sudah berakhir di sini. Namun tidak untuk dunia sihirnya.

Franchise Harry Potter meluaskan dunia sihirnya dengan spin-off Fantastic Beasts. Bahkan seri Fantastic Beasts ini masih akan berlanjut ke film ketiga dari rencana 5 filmnya.

Dengan adanya seri baru ini, garis waktu dalam cerita pun kacau kembali. Untuk itu, inilah urutan baru menonton film Harry Potter secara kronologikal berdasarkan Collider.

URUTAN TONTON FILM HARRY POTTER SECARA KRONOLOGIKAL

Secara garis waktu cerita, kisah dalam Fantastic Beasts terjadi lebih dulu dari cerita film Harry Potter. Jadi dalam urutan ini, Fantastic Beasts lebih dulu daripada Harry Potter. Berikut urutan lengkapnya.

  1. Fantastic Beasts and Where to Find Them

Eddie Redmayne sebagai Newt Scamander dalam Fantastic Beasts

Eddie Redmayne sebagai Newt Scamander dalam Fantastic Beasts (sumber EW)

Timeline Fantastic Beasts dimulai dari film ini. Terjadi sektiar tahun 1926 (7 dekade sebelum Harry Potter), ada seorang penyihir Inggris dan pekerja Menteri Sihir bernama Newt Scamander (Eddie Redmayne).

Ia berusaha menghentikan sebuah rencana jahat Gellert Grindelwald dan Kongres Sihir Amerika Serikat yang percaya penyihir harus menguasai orang-orang biasa yang tidak bisa sihir.

Fantastic Beasts and Where to Find Them dirilis tahun 2016.

  1. Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald

Beberapa bulan setelah kejadian dalam Fantastic Beasts and Where to Find Them, Albus Dumblodore (Jude Law) meminta tolong kepada Newt.

Calon kepala sekolah Hogwarts yang akan banyak membantu Harry ini ingin Newt menemukan kembali Credence Barebone (Ezra Miller). Pemuda ini adalah penyihir muda yang kesulitan dan sedang dicari oleh Grindelwald juga.

Dalam film ini, juga diperkenalkan banyak karakter penting lain dari Harry Potter. Selain Dumbledore, ada juga Minerva McGonagall dan Nagini, pemain sirkus yang kutukan darahnya akan membuatnya menjadi ular raksasa selamanya. Ular ini muncul dalam Harry Potter and the Chamber of Secrets.

Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald dirilis tahun 2018.

  1. Harry Potter and the Sorcerer’s Stone

Harry, Ron, dan Hermione dalam Harry Potter 1

Harry, Ron, dan Hermione dalam Harry Potter 1 (sumber the mary sue)

Setelah film ini, dimulailah kisah pemuda penyihir Harry Potter. Hampir setengah abad kemudian, bayi Harry (Daniel Radcliffe) berhasil selamat dari serangan penyihir jahat Voldemort. Kedua orang tuanya kemudian meninggal dan ia pun dirawat oleh paman bibinya yang orang biasa.

Seekor burung hantu tiba-tiba dating membawakan surat penerimaan Harry di sekolah sihir Hogwarts. Sejak itu dimulailah kisah Harry di dunia sihir.

Di film pertama ini, ia bertemu dengan teman barunya Ron Weasley (Rupert Grint) dan Hermione Granger (Emma Watson). Mereka bertiga memecahkan misteri tentang Batu Bertuah dan anjing berkepala tiga yang menjaganya.

Harry Potter and the Sorcerer’s Stone dirilis tahun 2001.

Baca juga: Fantastic Beasts: The Secrets of Dumbledore Bakal Rilis 2022

  1. Harry Potter and the Chamber of Secrets

Di tahun kedua Harry di Hogwarts, ada kasus siswa sekolah yang membatu dengan ekspresi ketakutan. Ada rumor yang berkata hal ini berhubungan erat dengan sebuah ruang rahasia.

Ruang itu disebut akan menghilangkan para penyihir yang lahir tidak dari orang tua penyihir (disebut Mudblood atau berdarah lumpur secara diskriminatif).

Sekarang Harry harus menghentikan serangan ini dengan sebuah buku harian sihir dari mantan murid Hogwarts Tom Riddle.

Harry Potter and the Chamber of Secrets ditayangkan tahun 2002.

  1. Harry Potter and the Prisoner of Azkaban

Di tahun ketiga di Hogwarts, Harry Potter menerima kabar bahwa ada tahanan penjara terseram Azkaban yang kabur, namanya Sirius Black (Gary Oldman). Ia dituduh mendukung Voldemort dan sekarang menyebarkan ketakutan lagi.

Hogwarts pun dijaga oleh Dementors, makhluk serupa hantu yang mengerikan dan bertugas menangkap kembali Sirius Black.

Harry, Ron, dan Hermione, juga guru barunya Remu Lupin (David Thewlis), menemukan kebenaran yang tersembunyi dan menambah teman baru lagi.

Harry Potter and the Prisoner of Azkaban tayang tahun 2004.

  1. Harry Potter and the Goblet of Fire

Film keempat Harry Potter ini juga menceritakan tahun keempatnya. Kali ini, di Hogwarts ada sebuah turnamen Triwizard yang menantang para murid terbaik sekolah sihir dalam berbagai rintangan.

Harry Potter yang harusnya tidak bisa ikut turnamen ini menemukan namanya keluar dari piala yang menentukan pesertanya.

Sekarang Harry harus ikut turnamen, menemukan pasangan untuk pesta dansa, dan menghadapi lagi Voldemort yang sudah memiliki tubuh fisik.

Harry Potter and the Goblet of Fire rilis tahun 2005

  1. Harry Potter and the Order of the Phoenix

Dumbledore Army dalam Harry Potter 5

Dumbledore Army dalam Harry Potter 5 (sumber FilmiFin)

Sekarang di tahun kelimanya, semua orang tahu Voldemort telah kembali dan semua orang ketakutan. Namun Kementerian Sihir malah mengirimkan Doleres Umbridge (Imelda Staunton) ke Hogwarts untuk menghentikan “kabar palsu” Voldemort.

Harry, Ron, dan Hermione tahu ini salah dan membentuk Pasukan Dumbledore yang diam-diam berlatih untuk peperangan di masa depan.

Harry Potter and the Order of the Phoenix ditayangkan tahun 2007. Ini adalah film sutradara David Yates pertama dalam franchise ini dan akan terus menyutradarai hingga Fantastic Beasts.

  1. Harry Potter and the Half-Blood Prince

Di tahun keenam sekolah Harry, Voldemort dan pasukannya Death Eaters mengumumkan perang di dunia sihir. Harry sendiri curiga Draco Malfoy (Tom Felton) sudah menjadi bagian dari Death Eaters dan terus mencari bukti kecurigaannya.

Di sisi lain, ia juga harus menghadapi guru barunya Slughorn dengan bantuan buku cetak dari “Pangeran Berdarah Campuran.”

Dalam film ini, Harry juga tahu Voldemort juga tidak akan bisa mati selama jiwanya bertahan di dalam Horcruxes. Dari sinilah perjalanan Harry dan teman-teman mencari Horcruxes dimulai.

Harry Potter and the Half-Blood Prince tayang pada tahun 2009.

Baca juga: Dari Aktor hingga Properti, Inilah Fakta Unik Fantastic Beasts

  1. Harry Potter and the Deathly Hallows – Part 1

Buku ketujuh Harry Potter dibagi dalam 2 bagian. Di bagian pertama ini, Harry tidak lagi kembali ke Hogwarts untuk tahun ketujuh sekaligus terakhirnya.

Ia Bersama Ron dan Hermione pergi mencari dan menghancurkan semua Horcruxes yang tersisa. Mereka juga harus menemukan Pedang Gryffindor untuk bisa menghancurkannya.

Ada juga legenda Deathly Hallows yang menyebut ada 3 benda sihir. Penyihir yang memiliki ketiganya akan mendapatkan kemampuan mengontrol kematian.

Harry Potter and the Deathly Hallows – Part 1 tayang tahun 2010 dan berakhir dengan cliffhanger.

  1. Harry Potter and the Deathly Hallows – Part 2

Dalam film terakhir ini, ada banyak hal yang terjadi. Kebenaran Snape dan pertarungan besar di Hogwarts adalah dua di antaranya. Ada banyak juga karakter yang bersinar, misalnya Neville Longbottom (Matthew Lewis) dan Molly Weasley (Julie Walters).

Harry Potter and the Deathly Hallows – Part 2 rilis tahun 2011 dan menandai berakhirnya kisah Harry Potter.

Selain ke-11 film ini, masih film dunia sihir lain yang akan tayang. Karena dari 5 seri film Fantastis Beasts, baru 2 buah yang sudah rilis. Fantastic Beasts ketiga baru saja mengumumkan judul resminya Fantastic Beasts: The Secrets of Dumbledore. Film ini dijadwalkan tayang pada 15 April 2022. Jadi sebelum itu, pahami lagi dunia sihir lewat 11 film ini.

 

Sumber dan foto: berbagai sumber

Baca Juga

Video

Jakarta, Layar.id – Cast original Harry Potter reuni untuk merayakan 20 tahun sejak franchise sihir ini dimulai. Pada 16 November 2001, kisah dunia sihir...

Film

Jakarta, Layar.id – Film memang memberikan cerita dan makna yang berbeda untuk setiap penonton. Salah satu film yang sempat booming di tahun 2016 adalah...

TV

Last updated on 20 Oktober, 2021Jakarta, Layar.id – Bagaimana hasilnya jika Chris Columbus dan tim produksinya berkarya lagi untuk serial Disney+ mendatang? Banyak yang...

Film

Jakarta, Layar.id – Film baru Fantastic Beasts merilis 2 informasi penting! Pertama adalah judul resmi untuk film ketiga franchise ini, yaitu Fantastic Beasts: The...