Connect with us

Hi, what are you looking for?

Film

Pro Kontra Karakter NAGINI Dalam Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald

Pro Kontra Karakter NAGINI Dalam Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald

Last updated on 4 Oktober, 2021

Jakarta, Layar.id  Dalam serial terbaru Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald, muncul karakter baru yaitu Nagini.

Ia adalah siluman ular yang diciptakan oleh JK Rowling karena terinspirasi oleh kisah mitos dari Indonesia.

Mitos Siluman Ular memang sudah sering hilir mudik tampak di layar lebar Indonesia.

Setelah kemunculannya di trailer final film Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald, karakter Nagini melesat jadi bahan pembicaraan para penggemar Harry Potter Wizarding World.

Menimbulkan Protes

Claudia Kim sebagai NAGINI Dalam Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald

foto: fantasticbeastsmovie/Instagram

Kemunculan karakter Nagini yang diperankan oleh aktris keturunan Asia, Claudia Kim, sebagai pemeran karakter ini menuai banyak komentar bernada protes.

Bahkan hal ini kemudian dianggap sebagai sentimen film barat produksi Hollywood terhadap orang Asia.

Menjawab isu dan perdebatan ini, penulis J.K. Rowling pun angkat bicara.  Rowling mengaku pemilihan pemeran Asia disebabkan karakter tersebut terinspirasi dari mitologi siluman ular Indonesia.

Baca juga: Fakta Menarik Dan Profil Claudia Kim Pemeran Nagini

Nagini Mitologi dari Indonesia

sampul buku Fantastic Beast:The Crimes of Grindelwald

Istilah siluman ular memang akrab di telinga masyarakat Indonesia. Jauh sebelum maraknya sosok kuntilanak, pocong, jelangkung malang melintang di layar lebar Indonesia.

Bahkan, sosok mitologi asal cerita rakyat Tiongkok pun pernah tercatat dalam sejarah perfilman horor Indonesia.

Film bertajuk Ouw Peh Tjoa alias Doea Siloeman Oeler Poeti en Item (Dua Siluman Ular Putih dan Hitam) karya sutradara keturunan Tionghoa, The Teng Chun.

Film ini pun menjadi film horor pertama yang ditayangkan di Indonesia.

Baca Juga : Deretan Poster Karakter Fantastic Beast: The Crime of Gindelwald Meluncur!

Sosok Nyi Blorong

Selain itu, sosok siluman ular di Indonesia juga lekat kaitannya dengan sosok Nyi Blorong. Nyi Blorong merupakan sosok mitologi Indonesia dalam rupa perempuan cantik bertubuh setengah ular dan setengah manusia.

Nyi Blorong diketahui oleh masyarakat Indonesia sebagai salah satu panglima terkuat dari penguasa Pantai Selatan, Nyi Roro Kidul.

Kisah Nyi Blorong sendiri pernah diangkat dalam beberapa film. Sebut saja film Nyi Blorong (1982), Perkawinan Nyi Blorong (1983), Petualangan Cinta Nyi Blorong (1986), dan Titisan Dewi Ular (1990).

Sampai akhirnya, ketenaran Nyi Blorong dibuat film versi bahasa Inggris bertajuk The Snake Queen yang rilis di tahun 1982.

Jika di Indonesia, Nyi Blorong erat kaitannya dengan Nyi Roro Kidul, namun dalam adaptasi Rowling, Nagini hadir sebagai Maledictus.

Baca juga: Dari Aktor Hingga Properti, Inilah Fakta Unik Fantastic Beasts

Maledictus adalah sosok manusia yang memiliki darah terkutuk ‘bawaan’ yang mampu membuatnya berubah menjadi binatang buas.

Sebelumnya memang sempat disebutkan mengenai kutukan yang berhubungan dengan darah dalam kasus Astoria Malfoy. Namun sampai saat ini, satu-satunya karakter yang terdefinisi sebagai seorang Maledictus adalah Nagini.

Terlepas dari ucapan Rowling mengenai latar belakang inspirasi yang kemudian menuai pro-kontra, namun sosok ular yang misterius dan kuat sangat menarik untuk diangkat ke dalam bentuk karya apapun.

Selain itu, siluman ular sudah kadung akrab dengan masyarakat Asia, seperti Indonesia.

Terlepas dari pro dan kontra, tentu saja film ini tetap menarik untuk disimak. Terutama bagi para penggemar karya-karya J.K. Rowling dan sekuel Harry Potter. (Eli/Crs)

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi layar.id.
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Drama Korea

Jakarta, Layar.id – Drama romantis populer Strong Woman Do Bong Soon bakal segera memiliki sekuel. Disebutkan bahwa Lee Yoo Mi, Ong Seong Wu, Byun...

Film

Jakarta, Layar.id – Anda tentu sudah tak asing dengan District 9, salah satu film fiksi ilmiah paling terkenal dalam dekade ini. Film rilisan tahun...

Film India

Jakarta, Layar.id – Bhool Bhulaiyaa 2 mengejutkan semua orang, dirilis di bioskop pada 20 Mei 2022, film ini telah mencetak rekor mengejutkan di box...

Film Animasi

Jakarta, Layar.id – Pada hari Rabu, situs resmi adaptasi anime televisi Kinsou no Vermeil telah memperlihatkan video promosi terbarunya. Video tersebut mengungkap lagu tema,...