Connect with us

Hi, what are you looking for?

Film

Smartphone Digunakan untuk Bikin Film? Ini Tips Joko Anwar

Joko Anwar

Last updated on 10 Oktober, 2021

Layar.idPerkembangan pesat teknologi saat ini benar-benar membantu kehidupan manusia sehari-hari. Salah satu perkembangan paling drastis adalah smartphone, yang diciptakan untuk menjadi benda kecil serba bisa.

Fitur kamera menjadi aspek utama yang kerap ditawarkan pada produser smartphone. Tak melulu soal selfie atau panorama, Anda dapat membuat film pendek lewat kamera smartphone seperti disampaikan oleh Joko Anwar. Sineas berbakat ini pun berbagi tips ketika menggunakan Samsung Galaxy S20 series.

Baca juga: Film Pendek Galaxy Movie Studio Konfabulasi

Film pendek menggunakan smartphone

Ilustrasi pengambilan gambar dengan smartphone

FITUR KAMERA

“Saya senang sekaligus bangga bisa menjadi salah satu bagian dari Galaxy Movie Studio,” kata Jokan  menjelaskan acara untuk peluncuran Samsung Galaxy S20 series.  “Melihat tingginya minat masyarakat Indonesia dalam menikmati film serta keinginan untuk membuat konten video story, Galaxy Movie Studio dapat membantu mereka memaksimalkan smartphone Galaxy untuk membuat film pertama mereka.”

Baca juga: Sutradara NKCTHI Garap Film Pendek “Menanti Keajaiban”

Film pendek Menanti Keajaiban

Film pendek Menanti Keajaiban

Menurut Jokan, fitur kamera yang ada di smartphone sekarang ini layak untuk membuat karya film pendek. “Fitur kamera dengan super steady dan kemampuan kamera di situasi minim cahaya juga penting untuk pengambilan footage yang apik,” tutur sutradara yang akrab disapa Jokan tersebut.

Sebelumnya, pembuatan film pendek menggunakan smartphone telah dilakukan oleh Angga Dwimas Sasongko. Pendiri Visinema Pictures ini melahirkan film pendek Menanti Keajaiban, sebuah kolaborasi dengan Huawei.

Baca juga: “There Will Be Blood” – Film Lama yang Jadi Pendatang Baru Streaming

Film pendek dengan smartphone ala joko anwar

Sutradara Joko Anwar

TIPS

Selain spesifikasi kamera smartphone, sumber daya manusia merupakan otak dari pembuatan karya film pendek. Oleh karenanya, Jokan menyarankan agar pengguna memahami skenario dan mencoba berbagai angle yang pas.

“Pengambilan gambar, pembelahan shoot yang baik serta pemilihan warna yang merupakan faktor-faktor dasar dalam pembuatan sebuah film,” katanya di Central Park Mall pada Jumat (6/3).

Melangkah ke tahap akhir, Anda akan dihadapkan dengan proses editing video. Dalam hal ini, Jokan menyarankan untuk menggunakan aplikasi editing untuk smartphone, Adobe Rush, yang tersedia di Google Play.

Jadi, apakah Pelayar mulai tertarik untuk berkarya dengan kamera ponsel pintar Anda?

 

Sumber dan foto: berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi layar.id.
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Film Indonesia

Jakarta, Layar.id – Kabar baik bagi Pelayar yang telah menonton Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI) karena film tersebut kini mendapatkan sekuel. Film...

Film Indonesia

Last updated on 27 Januari, 2023 Layar.id – Visinema Pictures baru-baru ini resmi merilis teaser film mendatang, Jalan yang Jauh Jangan Lupa Pulang (JJJLP)....

Film Indonesia

Layar.id – Kisah dalam film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI) akan lanjut dengan karya baru yang rilis dalam waktu dekat berjudul Jalan...

Film Indonesia

Layar. id – Sri Asih adalah film superhero karya dari Jagat Sinema Bumilangit. Sebelumnya, rumah produksi ini sudah sukses dengan film Gundala pada pertengahan...