Connect with us

Hi, what are you looking for?

Film

Film Pelajar “Toleransi Masyarakat Susuru” Dapatkan Layar Perdana

Tim film Toleransi Masyarakat Susuru

Layar.id  –  Minat anak muda di ranah media audio visual tampak semakin tinggi. Kebebasan berekspresi dan berkarya yang ditawarkan media film, jadi sarana yang dipilih siswa SMKN 1 Rancah untuk membagikan nilai toleransi.

Film dokumenter berjudul Toleransi Masyarakat Susuru ini, menceritakan tentang Kampung Susuru dengan kemajemukan penduduk. Film tersebut baru saja diputar di bioskop Ciamis pada Senin (30/12) kemarin.

Baca: Film Dokumenter “Semesta” Serukan Peduli Lingkungan

TOLERANSI

Pemutaran film dokumenter Toleransi Masyarakat Susuru ini diprakarsai oleh Komunitas Nonoman Galuh, yang diketuai Tendi Nugraha. Tendi selaku ketua penyelenggara menjelaskan bahwa, ini adalah bentuk gerakan menanggapi isu ujaran kebencian yang makin marak.

SMKN 1 Rancah memenangkan kompetisi film

“Sehingga kami tergerak untuk mengedukasi masyarakat terutama para pemuda untuk saling menghargai dan menjaga kerukunan antar umat beragama,” kata Tendi Nugraha seperti dilansir Galuh.id.

“Kita harus menerima perbedaan ini,” tambahnya. “Alangkah indahnya hidup berdampingan, saling menghormati dan menghargai, karena hidup damai itu nyaman.”

Baca: “Ip Man 4: The Finale” Diboikot di Hong Kong

TOLERANSI MASYARAKAT SUSURU

Komunitas Nonoman Galuh baru saja menggelar acara nonton bareng film dokumenter, di bioskop 3D perpustakaan daerah Ciamis pada Senin (30/12) kemarin.

Pemutaran film Toleransi Masyarakat Susuru

Film Toleransi Masyarakat Susuru yang diputar, mengikuti kisah masyarakat di Kampung Susuru yang ditinggali beragam agama. Para penduduk yang terdiri dari agama Islam, Kristen dan Sunda Wiwitan, hidup berdampingan dengan rukun.

Baca: Animasi Malaysia “Ejen Ali The Movie” Bakal Diputar di Indonesia

FILM PELAJAR

Film dokumenter Toleransi Kampung Susuru sendiri adalah karya dari Cica, Zidan, Zulfikri dan Anggi, siswa SMKN 1 Rancah. Film ini telah berhasil memenangkan kompetisi film tingkat Jawa Barat, antar pelajar SMA, SMK, MA, dan sederajat.

“Dalam film yang kita buat, mengangkat toleransi masyarakat Susuru yang menggambarkan kerukunan antar umat beragama di Ciamis, terutama di Dusun Susuru, Desa Kertajaya, Kecamatan Panawangan,” jelas Enggy Aditiar selaku guru pembimbing SMKN 1 Rancah.

Siswa SMKN 1 Rancah bersama Guru Pembimbing

Baca : Resmi Bebas, Ratna Sarumpaet Tulis Buku dan Bikin Film

Lebih lanjut, acara ini diharapkan sebagai pemantik isu toleransi di kalangan pelajar, sambil memperdalam pengetahuan dan kreativitas dalam perfilman.

“Kegiatan ini menjadi ruang bagi Nonoman Galuh untuk mengapresiasi sebuah karya film dokumenter hasil dari SMKN 1 Rancah yang sudah menjuarai tingkat Jabar. Mudah-mudahan bisa memotivasi bagi sekolah lain untuk berkarya di bidang perfilman,” kata Tendi Nugraha selaku ketua penyelenggara.

Baca: Gal Gadot Bakal Garap Film Adaptasi Novel Terlarang

 

Sumber: berbagai sumber
Foto: berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi layar.id.

Baca Juga

Berita Hiburan

Jakarta, Layar.id – Meski sempat mengalami kelesuan akibat pandemi berkepanjangan, namun kini satu lagi film berkualitas yang bersiap menuju layar lebar Tanah Air. Berjudul...

Video

Last updated on 24 Januari, 2022 Jakarta, Layar.id – Sebuah film drama terbaru persembahan Falcon Pictures bertajuk Pelangi Tanpa Warna, akan mempertemukan kembali aktor...

Film Indonesia

Jakarta, layar.id– Film Lovely Man merupakan film garapan sutradara Teddy Soeriaatmadja yang tayang pada tahun 2011. Pemeran utama dari dilm ini ialah Donny Darmawan...

Film Indonesia

Last updated on 18 Januari, 2022 Jakarta, Layar.id – Nama Jeihan Angga menjadi perbincangan publik setelah karya perdananya, Mekkah I’m Coming memborong 5 Piala...