Connect with us

Hi, what are you looking for?

Film

Film One Thousand Paper Cranes Angkat Sejarah Hiroshima

Layar.id – Siapa yang tak kenal sejarah Hiroshima? Ya, kota di Jepang tersebut dikenang sebagai kota tempat meledaknya bom atom di masa Perang Dunia II pada tahun 1945. Kejadian itu tak hanya merenggut nyawa banyak orang, tetapi sekaligus menyisakan cerita bagaimana para penyintas melanjutkan hidup. Efek lanjutan dari peristiwa ini kabarnya akan diangkat ke layar lebar berjudul One Thousand Paper Cranes.

Baca : Sonic The Hedgehog Rilis Trailer Pertama

CERITA

Cerita ini didasarkan dari kisah nyata orang yang selamat dari peristiwa Hiroshima, Sadako Sasaki. Gadis muda ini didiagnosis menderita leukimia setelah terkena radiasi dari bom atom yang dijatuhkan Amerika Serikat di Hiroshima. Seperti legenda lama yang diceritakan kepadanya, Sadako melipat seribu bangau kertas dengan harapan dirinya akan diberi satu permintaan.

Buku Eleanor Coerr

Wood dikabarkan akan memerankan karakter seorang penulis bernama Eleanor Coerr di film tersebut. Coer adalah seorang penulis kelahiran Kanada yang membukukan kisah Sadako dengan judul Sadako and the Thousand Paper Cranes. Buku itu diterbitkan pada tahun 1977, lebih dari dua dekade setelah kematian Sadako.

Baca : Breakthrough, Kuasa Doa Seorang Ibu

RESPON

Berita mengenai diangkatnya kisah Hiroshima menjadi film mendapatkan berbagai respon dari orang-orang Asia-Amerika. Dengan dibintangi oleh orang kulit putih, mereka menganggap film ini berusaha untuk menampilkan sisi tidak bersalah Amerika. Ditambah lagi, ini merupakan kisah Asia tetapi diceritakan dari sudut pandang orang Barat.

Hiroshima pada Oktober 1945

Sosiolog bernama Nancy Wang Yuen pun menyampaikan pendapatnya, seperti dikutip dari HuffPost. “Saya bertanya-tanya apakah sebuah cerita tentang kehancuran Hiroshima yang diceritakan melalui lensa kulit putih akan mengatasi fakta bahwa Amerika Serikat pernah melakukan tindakan perang, yang menewaskan 192.020 orang,” ucapnya.

Respon dari orang-orang Asia-Amerika berupa kritik dan masukan, bahwa sebaiknya film ini mengangkat suara orang Asia. Dengan demikian, film ini akan berpusat pada kehidupan para korban dan keluarga mereka.

Baca : Brightburn, Superhero Versi Horor

Evan Rachel Wood

FILM

Wood dikabarkan akan muncul di film One Thousand Paper Cranes sebagai pemeran utama, bernama Eleanor Coer. Ia akan beradu akting dengan Jim Sturgess dan aktris Jepang, Shinobu Terajima.

Proses produksi film ini dijadwalkan mulai di akhir tahun dengan disutradarai oleh Richard Raymond berdasarkan naskah tulisan Ben Bolea. Ian Bryce, Richard Raymond dan Irene Yeung akan berada di kredit produser.

 

Sumber: berbagai sumber

Foto: berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi layar.id.

Baca Juga

Berita Hiburan

Jakarta, Layar.id – Netflix bakal merilis lebih dari 20 judul drama dan film Korea original di tahun 2022 ini. Termasuk serial yang sangat dinanti...

Drama Korea

Jakarta, Layar.id –  Twenty Five, Twenty One adalah drama yang ditunggu-tunggu. Menceritakan kisah lima orang muda yang bingung antara persahabatan dan cinta selama tahun-tahun....

Berita Hiburan

Jakarta, Layar.id – Aktor O Yeong-Su berhasil meraih kemenangan sebagai Aktor Pendukung Terbaik Televisi di ajang penghargaan Golden Globe Awards 2022. Ini adalah kemenangan...

Drama Korea

Jakarta, Layar.id – Penyanyi dan aktor Rain akan kembali ke layar kaca dalam drama Ghost Doctor. Ini adalah drama pertama kalinya setelah dua tahun...