Connect with us

Hi, what are you looking for?

Film Asia

Big Fish and Begonia: Animasi Fantasi di Dunia Dewa

big fish and begonia

Jakarta, Layar.id Big Fish and Begonia adalah sebuah film animasi buatan China yang tayang tahun 2016. Mengangkat alam dewa dalam cerita rakyat China, ada banyak unsur budaya yang melekat di cerita ini.

Tidak hanya itu, kisah cinta dalam film ini bukan sesuatu yang ditonjolkan, tetapi juga berhasil menarik banyak pembicaraan.

Animasi yang indah dan lagu yang menyentuh juga berhasil menarik hati para penonton.

Film ini dinobatkan sebagai film animasi terbaik di Beijing Student Film Festival, Chinese Film Festival, dan Huabiao Film Awards.

SINOPSIS BIG FISH AND BEGONIA

Di bawah laut terdalam adalah langit untuk dunia para The Others. Makhluk serupa dewa ini hidup dengan tenang dan tidak boleh memengaruhi langsung kehidupan manusia dengan kemampuan mereka.

Chun adalah gadis remaja di dunia The Others yang akan mengikuti ritual akil balik. Remaja-remaja yang akan dewasa akan berubah menjadi lumba-lumba merah dan pergi melihat dunia manusia dengan berenang di laut dan sungai.

Namun saat Chun akan kembali ke dunianya lewat pintu gerbang, ia terjebak oleh jaring-jaring nelayan. Seorang remaja pria manusia menolongnya dalam badai, tetapi akhirnya tenggelam.

Chun yang merasa bersalah di dunia The Others, pergi mencari cara untuk menyelamatkan lagi si remaja dan melawan arus kematian.

Ia pun menemui Soul Keeper dan menggunakan setengah masa hidupnya untuk menemukan ikan kecil berisi jiwa si remaja

Misinya adalah untuk membesarkan si ikan hingga menjadi besar dan bisa terbang ke menembus langit dan laut menuju dunianya sendiri.

Qiu, teman masa kecil Chun, juga tahu hal ini. Karena segala hal dari dunia manusia adalah hal tabu di dunia The Others, ia bersedia membantu Chun menyembunyikannya.

Namun ternyata, bayaran dengan adanya hal tabu ini lebih besar dari yang mereka bayangkan.

Baca juga: Hi, Mom: Film China Menyentuh Persahabatan Ibu Anak

CHUN, KUN, DAN QIU

Hubungan Chun, Kun, dan Qiu adalah daya tarik lain dalam film ini. Hubungan mereka menjadi rumit dengan pengorbanan-pengorbanan yang mereka berikan selama film.

Pengorbanan pertama dilakukan oleh Kun saat ia masih manusia dan meninggal untuk menyelamatkan Chun. Karena pengorbanan ini, Chun bersedia menyerahkan setengah hidupnya untuk Kun.

Saat keadaan menjadi kacau akibat keputusannya, Chun merasa bersalah dan bersedia berkorban menjadi pohon Begonia besar untuk menyelamatkan semua orang di dunia The Others.

Namun Qiu juga menyelamatkan Chun dan memberikan bayaran kepada Soul Keeper. Qiu memang menyukai Chun, namun ia patah hati karena Chun terus fokus pada Kun.

Qiu mungkin terlihat sedih dengan cinta tak terbalas dan pengorbanannya, tetapi credit scene film menunjukkan ada jalan kisah lain untuk remaja satu ini.

Baca juga: Animasi China “Nezha” Sukses Lampaui “The Lion King”

KRU DAN PENGISI SUARA

Film berdurasi 1 jam 40 menit ini dibuat oleh sutradara Liang Xuan dan Zhang Chun. Beijing Enlight Media, Studio Mir, dan Biantian Media memproduksinya bersama-sama.

Pengisi suara terkenal seperti Jin Guan Lin, Su Shang Qing, dan Timmy Xu juga bergabung sebagai pengisi suara ketiga tokoh utama.

Tidak hanya filmnya yang terkenal, insert song yang berjudul “Big Fish” juga masih melekat dan dikenal oleh banyak orang hinga sekarang.

Penyanyi lagu ini adalah Zhou Shen (Charlie Zhou) dan kemudian terkenal sebagai lagu ikoniknya. Lirik Big Fish seolah berkisah dari sisi Chun kepada Kun yang suatu hari nanti pasti akan meninggalkannya.

Big Fish and Begonia dirilis pada 8 Juli 2016 di China. Dua tahun kemudian, film ini kemudian tayang lebih luas di barat oleh Shout! Studios bersama Funimation Films dan Manga Entertainment.

 

Sumber dan foto: berbagai sumber

Baca Juga

Berita Hiburan

Last updated on 9 November, 2021Jakarta, Layar.id – Box office Eternals berhasil mengumpulkan $71 juta dalam akhir pekan pertamanya setelah debut pada Rabu, 3...

Berita Hiburan

Jakarta, Layar.id – Keluarga merupakan ruang yang menjadi tempat untuk melepas lelah dan mendapatkan semangat baru. Tentu saja menghabiskan waktu dengan keluarga akan semakin...

Film Animasi

Jakarta, Layar.id –Salah satu film keluarga yang cukup terkenal saat ini yaitu Hotel Transylvania. Kali ini, film dengan kisah menarik ini sudah memasuki sequel...

Film

Jakarta, Layar.id – Satu tips untuk anak-anak adalah jangan mencoba melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan secara online di kehidupan nyata. Tentu saja...