Connect with us

Hi, what are you looking for?

Film Animasi

Reflect, Film Pertama Disney Dengan Karakter Plus Size

reflect
Film Reflect - Episode 6 Walt Disney Animation Studios: Short Sircuit Experimental Film Season 2 (sumber: Walt Disney Animation Studios)

Terakhir diperbarui 20 November, 2022

Layar.id Film pendek animasi Reflect mendobrak stigma karakter Disney dengan tubuh yang selama ini menjadi standar masyarakat. Bianca, nama tokoh dalam film ini, muncul dengan tubuh plus size di sebuah studio balet.

Disney mengajak masyarakat melalui Reflect untuk mencintai citra diri sendiri selama tubuh tersebut sehat.

Reflect adalah film pendek yang berdurasi 6 menit, yang merupakan episode 6 dari Walt Disney Animations: Short Circuit Experimental Film musim kedua yang telah tayang pada 14 September lalu.

Film ini mendapat respon postif dan antusiasme yang cukup besar selama beberapa minggu. Para pononton berkomentar sosok Bianca merupakan perwakilan dari diri mereka.

Selain itu makna dari film singkat ini begitu menyentuh semua penonton dari berbagai segmen usia.

Baca juga: Akhirnya Film Lightyear Tayang di Indonesia 

Melansir dari Teen Vouge, Reflect dibuka dengan adegan Bianca yang sedang berada di sebuah studio tari. Ia mengenakan triko, celana ketat, dan sepatu balet serta tengah melakukan pemanasan.

Bianca merasa gelisah. Ia merasa tidak percaya diri dengan bentuk tubuhnya. Ia melihat teman-temannya yang lain bebadan tinggi, berperut rata, dan memiliki leher yang panjang.

Di studio tari yang penuh cermin membuatnya takut akan bayangan dirinya sendiri. Sebagai upaya untuk menghibur dirinya, ia mulai mengerakkan badannya. Perlahan ia menari dengan sepenuh hati.

Cermin-cermin yang ia bayangkan pecah karena melihat sosok dirinya pun perlahan bergerak, membuat bentuk, dan berubah warna.

Karya Penuh Makna dari Sutradara Hillary Bradfield

Hillary Bradfield selaku sutradara film Reflect, menceritakan alasan pengambilan studio tari sebagai latar tempat. Brafield mengatakan jika studio tari memiliki banyak cermin yang mana Bianca tak suka melihat sosoknya dicermin.

Dikutip dari Today, judul Reflect berasal dari Bianca yang tidak suka melihat bayangannya di cermin dan berusaha untuk berdamai dengan kekurangannya ini.

Sutradara yang juga menangani departemen artistik film Encanto (2021) dan Frozen II (2019) ini juga berharap Reflect memberikan dampak positif yang luas untuk para penonton. Agar lebih merespon positif mengenai penampilan dan diri mereka sendiri.

Hillary Bradfield juga mengatakan agar semua penonton tetap berjuang melawan bagian-bagian sulit yang ada dalam hidupnya.

Pro dan Kontra

Meskipun Hillary Bradfield telah menjelaskan pesan dari film ini, tetap ada yang pro dan kontra. Hampir semua yang telah menonton film ini juga mendapatkan pesan moral yang sama seperti yang Bardfield telah utarakan.

Namun tak sedikit pula yang kontra dengan Reflect ini. Beberapa orang mengatakan jika film ini malah menormalisasikan obesitas.

Bahkan, ada yang berkomentar bahwa Disney berusaha mencari keuntungan materi saja dari sosok Bianca ini.

Apapun pendapat yang ada, tak ada salahnya kita menonton sendiri film Reflect di platform Disney+  untuk secara langsung mendapatkan pesan moralnya.

 

Sumber: berbagi sumber

Foto: Walt Disney Animation Studios

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi layar.id.
Advertisement
Advertisement

Trending

Advertisement

Baca Juga

Drama Korea

Layar.id – Lee Dong Wook kembali menyapa penggemar lewat aktingnya sebagai pemeran utama di drama A Shop for Killers bersama Kim Hye Joon. Baca...

Drama Korea

Layar.id – Serial drama Korea A Shop for Killers resmi tayang di Disney+ mulai Rabu (17/1/2024). Drama penuh aksi ini menampilkan aktor papan atas...

Drama Korea

Layar.id – Setelah kesuksesan musim pertama, drama Korea Soundtrack bersiap untuk melanjutkan kisahnya dengan kisah apakah cinta lama akan bersemi kembali? Soundtrack #2 yang dibintangi...

Jadwal Tayang

Terakhir diperbarui 24 November, 2023 Layar.id – Drama Korea baru besutan Disney+ kembali dengan judul baru, Vigilante yang tayang perdana 8 Oktober 2023. Cari...