Connect with us

Berita Hiburan

PPFI dan Sineas Bersatu Suarakan Stop Syuting di Tengah Corona

PPFI

Layar.id  –  Persatuan Perusahaan Film Indonesia (PPFI) baru-baru ini mengeluarkan imbauan yang ditujukan kepada para sineas Tanah Air pada Senin, 23 Maret lalu. Imbauan tersebut menyuarakan penghentian syuting sementara waktu di tengah penyebaran corona.

Hal serupa disuarakan pula oleh dua sineas anak bangsa, Joko Anwar dan Upi Avianto. Keduanya tidak menoleransi adanya syuting di tengah penularan virus yang menjadi pandemi global tersebut.

Baca: Nikmati Semua Film di Goplay Secara Gratis!

Ketua PPFI Deddy Mizwar

PPFI

“Sebagai upaya pencegahan penyebaran wabah virus, dengan ini Pengurus Pusat Persatuan Film Indonesia (PPFI) mengimbau kepada seluruh perusahaan film, khususnya anggota PPFI agar menghentikan seluruh kegiatan produksi film untuk sementara waktu dan terus mengikuti seluruh kebijakan pemerintah Indonesia dalam memerangi penyebaran virus corona,” demikian isi surat imbauan tersebut.

Surat tersebut ditandatangani oleh tokoh PPFI, Deddy Mizwar selaku Ketua Umum dan Zairin Zain selaku Sekretaris Jenderal, tertanggal 23 Maret 2020.

“Marilah kita bersama saling bahu membahu, bersatu saling mengingatkan dan saling menguatkan. Semoga Tuhan Yang Maha Esa melindungi kita semua. Amin,” tutup imbauan tersebut.

Baca: Animasi Pixar, Onward, akan Tersedia di Disney+

Upi Avianto

UPI AVIANTO

Sutradara sekaligus penulis film Sri Asih, Upi Avianto, juga menyampaikan aspirasinya terhadap syuting yang masih diadakan di tengah wabah Corona. Lewat akun Twitternya, Upi membagikan video singkat berisi imbauan kepada masyakarat.

Bubarin kalo di daerah tempat tinggal kalian masih ada yang dipergunakan untuk shooting! Tegur langsung atau minta petugas keamanan atau Pak RT untuk bubarin! Keselamatan warga, keselamatan kalian, dan keluarga kalian yang utama!,” tulis Upi pada Rabu (25/3/20).

Baca: Syuting Film “Backstage” Dihentikan – Kesehatan Lebih Penting dari Film

Joko Anwar

JOKO ANWAR

Tweet dari Upi tersebut mendapat respon senada dari sutradara Perempuan Tanah Jahanam, Joko Anwar. Menurutnya, sineas seharusnya peka dengan kondisi Indonesia saat ini.

“Tolonglah #stopsutingdulu. Film bisa menunggu. Itu produser atau sutradarana cari apa sih?,” tulis Jokan pada Rabu (25/3). “Sineas kalau bikin film itu selalu mencoba menggali perasaan penonton. Gimana mau menggali perasaan penonton kalau dia sendiri enggak punya perasaan dengan terus syuting dan membahayakan kesehatan orang banyak? Tolonglah #stopsutingdulu.

Baca: “Time to Hunt” Rilis Ekskulif di Netflix Bulan Depan

Bukan hanya sineas, hal yang sama juga berlaku untuk warga sipil. Hendaknya di tengah wabah yang terjadi, kita mengikuti arahan pemerintah dan melakukan social distancing.

Sumber dan foto: berbagai sumber

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Popular

Gara-Gara Corona! Syuting Film “Ghost Writer 2” Terpaksa dihentikan Sementara!

Film Indonesia

Akhirnya! James Cameron Yakinkan Penggemar Bahwa “Avatar 2” tidak akan Tunda Penayangan

Film Barat

Hanung Bersyukur ada Wabah Covid-19 karena Membuat Persiapan Film “Satria Dewa GatotKaca” Jadi Lebih Matang

Film

Film Pendek yang Terinspirasi dari Reformasi 1998, “Nawal”!

Film Indonesia

Advertisement
Connect
Newsletter Signup