Connect with us

Hi, what are you looking for?

Gosip Artis

Aktor Pemenang Oscar William Hurt Meninggal Usia 71 Tahun

William Hurt
William Hurt (sumber IGN)

Last updated on 29 Maret, 2022

Jakarta, Layar.id – Kabar duka datang dari Hollywood. Aktor ternama di masa 1980-an William Hurt diberitakan meninggal pada usia 71 tahun di Portland, Oregon. Berita ini telah dikonfirmasi oleh Variety lewat temannya, Gerry Byrne. Sang aktor meninggal pada hari Minggu (13/03) karena usia tua.

Anaknya, Will, merilis pernyataan yang berbunyi, “Dengan kesedihan mendalam, Keluarga Hurt meratapi kepergian William Hurt, ayah tercinta dan aktor pemenang Oscar, pada 13 Maret 2022, seminggu sebelum ulang tahun ke 72-nya. Ia meninggal dengan damai, bersama keluarga, karena sebab alami.

Bagi para generasi muda, Hurt dikenal lewat perannya dalam salah satu seri film layar lebar Marvel, The Incredible Hulk tahun 2008 sebagai Jenderal Thaddeus “Thunderbolt” Ross. Beliau juga melanjutkan peran yang sama di Captain America: Civil War (2016), Avengers: Infinity War (2018), Avengers: Endgame (2019), dan Black Widow (2021).

Nama William Hurt sendiri terkenal atas kemenangannya di Oscar 1986 untuk perannya dalam Kiss of the Spider Woman (1985). Selain itu, sepanjang karirnya, beliau mendapatkan 4 nominasi Oscar.

Dua di antaranya adalah nominasi Best Actor dalam Children of a Lesser God (1986) dan Broadcast News (1987). Kemudian, atas peran kurang dari 10 menitnya dalam A History of Violence (2005), ia mendapatkan nominasi untuk Supporting Actor. 

William Hurt juga pernah mendapatkan nominasi Emmy untuk karirnya di dunia televisi. Beberapa peran terkenalnya di TV seperti dalam Damages dan Too Big to Fail sebagai Henry Paulson. Penampilan lain Hurt yang meninggalkan kesan mendalam ada di The Big Chill, Body Heat, dan The Accidental Tourist

Baca juga: Siapa Pemenang Oscar Terbanyak Sepanjang Masa?

RIWAYAT HIDUP

William Hurt sebagai Thunderbolt Ross dalam film Marvel

William Hurt sebagai Thunderbolt Ross dalam film Marvel (sumber reddit)

William Hurt lahir pada 20 Maret 1950 di Washington D.C.. Ibunya Claire Isabel bekerja di Time Inc., sedangkan ayahnya Alfred Hurt adalah seorang birokrat, bekerja di United States Agency for International Development dan State Department. Orang tuanya kemudian bercerai saat ia berusia 6 tahun. Lalu, ibunya menikah lagi dengan Henry Luce III, putra penerbit Time Magazine, Henry Luce.

Sebelum menjadi seorang aktor, Hurt pernah belajar Teologi di Tuffs University dan kemudian pindah ke Juilliard untuk belajar akting. Karirnya dibuka dengan peran utama dalam Altered States, bermain sebagai seorang peneliti kesulitan. Film ini dibuat oleh Ken Russell dan merupakan karya terkenalnya masuk dalam genre body horror.

Setahun kemudian, karir Hurt naik daun setelah beradu akting dengan Kathleen Turner dalam Body Heat, film yang menampilkan seksualitas dengan berani mengikuti pendahulunya, The Big Sleep dan Double Indemnity. Baik Hurt maupun Turner sama-sama menjadi bintang besar saat itu. 

Sang aktor yang kemudian dikenal sebagai salah satu ikon seks ini bahkan mendapatkan peran utama dalam Gorky Park yang merupakan bagian dari The Big Chill. Drama ini bercerita tentang reuni persahabatan yang kemudian menjadi salah satu bagian penting dalam hidup generasi baby boomer di Amerika.

William Hurt Oscar

William Hurt memenangkan Oscar pada 24 Maret 1986 (sumber People)

Dari tahun 1986 hingga 1988 bisa dibilang adalah masa keemasan William Hurt. Menurut The Hollywood Reporter,  Ia menjadi salah satu dari sedikit aktor yang 3 tahun berturut-turut mendapatkan nominasi Oscar. Tahun 1986, ia membawa pulang piala Academy Awards tersebut untuk perannya sebagai Luis Molina, window dresser transvestite yang dikurung di penjara bersama pejuang militan (Raul Julia) dalam Kiss of the Spider Woman

Kemudian 2 tahun berikutnya, ia mendapatkan nominasi untuk peran guru sekolah untuk anak-anak kesulitan mendengar di Children of a Lesser God dan sebagai news anchor dalam cinta segitiga di Broadcast News. Selain Hurt, hanya Paul Muni, Spencer Tracy, Gregory Peck, Marlon Brando, Richard Burton, Al Pacino, Jack Nicholson dan Russell Crowe yang mendapatkan nominasi Oscar 3 tahun berturut-turut.

Baca juga: Daftar Lengkap Nominasi Oscar 2022: The Power of the Dog Mendominasi

PRIVASI DAN KESEHATAN

Namun popularitas yang diraih William Hurt lewat pencapaiannya ini justru tidak ia sukai. “Ini tidak benar privasi saya diganggu hingga seperti ini,” kata Hurt kepada New York Times dalam wawancara tahun 1989.

Saya orang yang sangat privat, dan saya memiliki hak atas itu. Saya tidak pernah bilang karena saya aktor kamu bisa memiliki privasi saya, kamu bisa mencuri jiwa saya. Kamu tidak bisa,” dikutip dari Variety.

Setelah itu, Hurt menolak banyak kesempatan dalam film besar seperti Jurassic Park dan Misery. Ia juga kesulitan menghadapi alkohol dan obat-obatan. Tahun 1989, ia berkata kepada Washington Post mengenai momen sebelum ia pergi rehab, “Saya sangat menyedihkan, dan akhirnya, saya cukup menyedihkan, cukup lama, dan saya bilang, ‘Saya berakhir, saya tidak bisa melawannya, saya tidak bisa melakukannya.’

Menurut People, tahun 2018, sang aktor juga pernah diberitakan berjuang melawan kanker prostat yang sudah menyebar hingga tulangnya. William Hurt sendiri pernah menikah 2 kali, Mary Beth Hurt (1971-1982) dan Heidi Henderson (1989-1991), serta memiliki 4 anak. 

 

Sumber: Variety, People, The Hollywood Reporter.
Foto: berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi layar.id.

Baca Juga

Berita Hiburan

Last updated on 29 Maret, 2022 Jakarta, Layar.id – Hingga saat ini, Oscar sudah diadakan sebanyak 94 kali. Penghargaan ini diserahkan oleh Academy of...

Berita Hiburan

Jakarta, Layar.id – Daftar lengkap nominasi Oscar 2022 telah diumumkan sebanyak 23 kategori. Di Academy Award ke 94 ini, The Power of the Dog...

Berita Hiburan

Last updated on 8 Februari, 2022 Layar.id – Marvel Studios merupakan salah satu produksi film superhero ternama. Sejak tahun 2008, Marvel telah merilis 27...

Berita Hiburan

Jakarta, Layar.id – Tahun 2021 sudah berlalu, beberapa film meraih kesuksesan besar secara internasional. Mulai dari kisah yang bagus, sinematografi yang indah, hingga scene...