Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Hiburan

Siapa Pemenang Oscar Terbanyak Sepanjang Masa?

oscars 2022
sumber collider

Last updated on 29 Maret, 2022

Jakarta, Layar.id – Hingga saat ini, Oscar sudah diadakan sebanyak 94 kali. Penghargaan ini diserahkan oleh Academy of Motion Picture Arts and Sciences, berlokasi Beverly Hills, California, Amerika Serikat. Acara yang bernama lengkap Academy Awards of Merit ini pertama kali diadakan tahun 1929, berdasarkan Britannica.

Organisasi Academy sendiri sudah berdiri sejak tahun 1927. Namun saat itu organisasi masih sibuk dengan urusan ketenagakerjaan, gambaran film yang saat itu tidak baik, dan lain-lain. Barulah pada tahun 1928, Academy memutuskan untuk memberikan penghargaan untuk 12 kategori.

Film-film dari 1 Agustus 1927 hingga 31 Juli 1928 berhak mendapatkan penghargaan pertama ini. Acara Oscar pertama pun diadakan pada 16 Mei 1929 di Hollywood Roosevelt Hotel.

Sekarang, Oscar sudah berkembang menjadi penghargaan paling bergengsi untuk film-film Hollywood. Bahkan ada kategori khusus untuk film-film internasional. Dari 94 kali pemberian penghargaan Oscar ini, kira-kira siapa dan film apa yang paling banyak membawa pulang piala Oscar?

AKTOR PEMENANG OSCAR TERBANYAK

Katharine Hepburn

Katharine Hepburn (sumber the guardian)

Menurut UPI, aktor pemenang Oscar terbanyak adalah aktris bernama Katharine Hepburn. Aktris kelahiran 12 Mei 1907 ini berhasil memenangkan Oscar pertamanya pada tahun 1933 lewat film Morning Glory. Saat itu, ia berusia 23 tahun. Setelah itu, ia beberapa kali mendapatkan nominasi Academy Awards.

Hingga akhirnya pada tahun 1967, ia berhasil menang lewat film Guess Who’s Coming to Dinner. Piala Oscar ketiga dan keempatnya dibawa pulang lewat film Lion in Winter (1968) dan On Golden Pond (1981).

Uniknya, Katharine Hepburn tidak pernah hadir untuk menerima piala Academy Award secara langsung. Menurut Elle, Katharine memberikan jawaban terkenal mengenai hal ini: “Prizes are nothing. My prize is my work, ” yang artinya “Hadiah bukan apa-apa. Hadiahku adalah karyaku.”

Meryl Streep menjadi aktris kedua dengan kemenangan terbanyak di Academy Awards. Ia mendapatkan piala lewat karya Kramer vs. Kramer (1979), Sophie’s Choice (1982), dan The Iron Lady (2011). Tidak hanya itu, ia juga merupakan aktris dengan nominasi Oscar terbanyak, yaitu sebanyak 21 kali.

Jack Nicholson sendiri mendapat kehormatan sebagai aktor dengan kemenangan Oscar terbanyak di kalangan para pria. Aktor yang suka ke acara penghargaan Academy Awards memakai kacamata hitam ini mendapat nominasi 12 kali dan membawa pulang piala 3 kali. Karya kemenangannya antara lain One Flew Over the Cuckoo’s Nest (1975), Terms of Endearment (1983), dan As Good as It Gets (1997).

Baca juga: Daftar Lengkap Pemenang Oscar 2022: CODA Kuda Hitam

FILM APA PALING BANYAK MENANG OSCAR?

film pemenang oscar terbanyak

Ben Hur – Titanic – Lord Of The Rings: The Return of The King (sumber taste of cinema)

Di antara film-film, karya mana yang paling banyak membawa pulang patung emas Oscar? Jawabannya adalah 3 film, antara lain Titanic (1997), Ben-Hur (1959), dan Lord Of The Rings: The Return of The King (2003). Menurut Elle, ketiga film ini sama-sama memenangkan 11 piala Oscar.

Titanic memang tidak membawakan kemenangan untuk Kate Winslet dan Leonardo DiCaprio. Namun film ini berhasil membawa sutradara James Cameron memenangkan Best Picture dan Best Director.

Ben-Hur menang di kategori Best Actor untuk Charlton Heston dan Best Director untuk William Wyler. Sedangkan film ketiga Lord of the Rings juga menang di kategori Best Picture dan Director untuk Peter Jackson.

 

Sumber: Britannica, Elle, UPI
Foto: berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi layar.id.

Baca Juga

Gosip Artis

Last updated on 29 Maret, 2022 Jakarta, Layar.id – Kabar duka datang dari Hollywood. Aktor ternama di masa 1980-an William Hurt diberitakan meninggal pada...

Berita Hiburan

Jakarta, Layar.id – Setelah 3 tahun berturut-turut tanpa host, Oscars 2022 akan diadakan bersama panduan dari pembawa acara. Acara penghargaan terbesar Hollywood ini akan...

Film

Jakarta, Layar.id – Academy Award merilis daftar Daftar Pendek Oscar ke-94 yang akan diadakan pada 27 Maret 2022 nanti. Daftar ini berisikan para pre-nominasi...

Film

WALAU DI TENGAH PANDEMI, NAMUN FILM TERBARU MATT DAMON “STILLWATER” MENDAPAT 5 MENIT STANDING OVATION DARI PENONTON. Jakarta, Layar.id – Meski pandemi masih menjadi...