Connect with us

Berita Hiburan

Aktor Johny Indo Meninggal Dunia, Serangkaian Fakta Terkuak

Johny Indo (Alm)

Layar.id  – Aktor senior Tanah Air, Johanes Hubertus Ejikenboom atau yang lebih dikenal dengan Johny Indo, meninggal dunia pada Minggu (26/1/2020). Ia tutup usia pada umur 71 tahun di kawasan Tangga Asem, Mekarsari, Tangerang Banten, sekitar pukul 07.45 WIB.

Johny dikenal di masyarakat sebagai perampok kelas kakap di Jakarta, yang beralih profesi menjadi artis peran. Sederet film telah ia bintangi dalam rentang tahun 1987 – 1991, dengan judul film pertama diambil dari nama bekennya sendiri, Johny Indo.

Baca: Animasi Ghibli “Grave of The Fireflies” Absen di Netflix

Johny Indo (alm)

ROBINHOOD

Johny Indo awalnya dikenal sebagai perampok kelas kakap, yang terkenal dengan kasus perampokan emas dalam jumlah fantastis. Ia adalah bagian dalam gangster Pachinko (Pasukan China Kota), yang kerap merampok orang kaya asing di Indonesia.

Dalam kurun waktu 10 tahun, antara 1970-1980, Johny telah mengumpulkan emas curian seberat 129 kilogram. Ia pun membagi-bagikan hasil curian tersebut kepada rakyat miskin, sehingga dijuluki ‘Robinhood Indonesia’.

Baca: Bangga! Amazon Studios Umumkan Hak Atas Film “Herself”

Poster film Johny Indo

AKTOR

Usai keluar-masuk penjara akibat kasus kriminal, Johny Indo mulai menata hidupnya. Ia sempat berjualan batu akik hingga menjadi pendakwah, usai dirinya pindah agama memeluk Islam.

“Saya berprinsip, hidup saat ini mencari makan halal saja. Walau itu kecil, asal berkah,” kata Johny di Lembaga Pemasyarakatan Bengkulu, pada Rabu (3/9/2014).

Siapa sangka, nasib mujur mendatanginya dengan menjadi bintang film. Beberapa film diantaranya Johny Indo (1987), Badai Jalanan (1989), Titisan Si Pitung (1989), Tembok Derita (1990), dan masih banyak lagi.

Baca: “Ghibah” – Proyek Terbaru Sutradara Makmum, Riza Pahlevi

Pemakaman Johny Indo

KEHIDUPAN PRIBADI

Johny Indo diketahui pernah menikah dengan Stella Tiah, yang dikaruniai lima orang anak. Akan tetapi, dia kemudian memutuskan untuk mempersunting perempuan muslim, Dian Kurnila, yang dikaruniai seorang putra.

Johny pun mengikuti agama sang istri kedua dengan memeluk Islam. Ia mendapatkan nama baru, Umar Billah, yang kemudian membawanya menjadi pendakwah hingga akhir hidupnya.

Baca: “I Lost My Body” – Animasi Netflix Peraih Piala Annie Awards 2020

Martini alias Dokter Eva, putri sulung Johny Indo

DOKTER EVA

Melihat kondisi Johny Indo yang semakin menurun, istri kedua Dian, mengaku tak mampu membiayai hidup dan pengobatan suaminya. Oleh karena itu, Johny tinggal di rumah anak pertama dari pernikahan pertamanya, Martini Luisa alias dokter Eva.

“Saya enggak sanggup, saya bilang, ‘Pak, maafin ya, enggak bisa kasih makan Papa. Papa tinggal sama Tini ya, dia kaya, banyak duit, mau apa juga Papa bisa. Papa bisa gemuk, sehatin badan aja’,” cerita Dian. “Alhamdullilah dirawat dengan baik sama anaknya, dokter Eva.”

Baca: Netflix Tertarik Kerja Sama dengan Pangeran Harry dan Meghan Markle

Kini Johny Indo telah tiada, tetapi karya dan kontribusinya di industri hiburan Tanah Air akan tetap dikenang.


Isi dan foto: berbagai sumber

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

“Teman Tapi Menikah 2” Segera Rilis, Ingat Kembali Film Pertama di Youtube Falcon

Film

"Serigala Langit" Drama Cinta, dan Aksi Udara "Serigala Langit" Drama Cinta, dan Aksi Udara

“Serigala Langit” Cerita tentang Cinta, Jati Diri dan Aksi Udara

Film

Simak Cinta Pilihan Indah Permatasari dalam “Akad”

Film

Film “Merindu Cahaya de Amstel” Mulai Syuting Film “Merindu Cahaya de Amstel” Mulai Syuting

Film “Merindu Cahaya de Amstel” Mulai Syuting

Film

Advertisement
Connect
Newsletter Signup