Connect with us

Hi, what are you looking for?

Film

Radical Tayang Perdana di Sundance Film Festival 2023

film Radical 2023 berdasarkan kisah nyata
Film Radical (2023) (sumber: 3Pas Studios/Vix)

Jakarta, Layar.idSundance Film Festival 2023 sudah di depan mata. Ajang bergengsi untuk industri film ini mendapat antusiasme tinggi karena dua tahun sebelumnya terkendala pandemi.

Panitia telah menetapkan deretan pemutaran film, termasuk Radical, yang mendapatkan pemutaran perdananya.

Cerita Radical mengikuti kisah seorang guru di kota perbatasan Meksiko yang penuh kejahatan.

Film yang ditulis dan diarahkan Christopher Zalla dengan bintang Eugenio Derbez ini menjadi salah satu presentasi malam pembukaan Sundance Film Festival 2023.

Dikutip dari Variety, komedian internasional Eugenio Derbez telah mendarat di Utah untuk pemutaran perdana dunia film terbarunya, Radical.

Dalam klip eksklusif, Derbez terlihat mengubah tata letak fisik ruang kelas dan memindahkan mejanya sendiri.

Sempat mendapat penolakan dari pihak sekolah, Derbez mengaku ingin mencoba sesuatu yang berbeda.

Baca juga: Sutradara Chad Stahelski Arahkan Film Rainbow Six

Kisah Radical Berdasarkan Kejadian Nyata

Adapun Radical dipilih oleh festival sebagai film pertama yang diputar untuk ratusan sukarelawan yang menumpuk di Park City.

Film ini berdasar pada kehidupan guru Sergio Juárez Correa, yang bersama murid-muridnya menjadi subjek cerita sampul majalah Wired 2013.

Juarez menjadi subjek artikel majalah Wired berjudul A Radical Way of Unleashing a Generation of Geniuses oleh Josh Davis.

Artikel tersebut merinci kisahnya yang luar biasa sebagai seorang guru ortodoks di kota perbatasan Meksiko yang miskin bernama Matamoros.

Ini adalah kota miskin yang terlupakan dengan sedikit harapan untuk anak-anak, terutama di sekolah dasar.

Di sana, dia menggunakan metode pengajaran yang dia temukan saat melihat video TED Talks, di mana para siswa mengarahkan kurikulum untuk mempelajari apa yang ingin mereka pelajari.

Film Radical 2023

Radical (sumber: 3PAS Studios)

Sutradara Christopher Zalla adalah pemenang Hadiah Grand Jury Sundance pada tahun 2007 untuk Sangre de Mi Sangre.

3PAS Studios memproduksi film, bekerja sama dengan Epic Magazine dan The Lift, dengan pembiayaan oleh TelevisaUnivision/ViX.

Film ini mencari distribusi di seluruh dunia di semua wilayah, kecuali Meksiko.

Andrew Herwitz dari The Film Sales Company mewakili para pembuat film.

Film ini menandai kembalinya Derbez ke Sundance setelah membintangi CODA yang memecahkan rekor pada 2021.

Film tersebut tidak hanya menyapu semua hadiah utama di festival tahun itu, tetapi juga memenangkan tiga Oscar termasuk Film Terbaik.

Bersama Eugenio Derbez mengisi kredit pemeran, ada Daniel Haddad, Jennifer Trejo, Mia Fernanda Solis dan Danilo Guardiola.

Meski sudah penasaran dengan cerita selengkapnya, Pelayar harus bersabar menunggu rilisnya Radical di bioskop untuk waktu yang belum ditentukan.

 

Sumber : variety.com,deadline.com, festival.sundance.org

Foto: 3PAS Studios

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi layar.id.
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Film Barat

Jakarta, Layar.id – Sebuah film horor yang tayang di Sundance Film Festival, Run Rabbit Run, kini mendapatkan rumah distribusinya. Netflix telah mendapatkan hak atas...

Film Barat

Jakarta, Layar.id – Sebelum debutnya di Sundance Film Festival, film romansa horor My Animal telah mencapai kesepakatan dengan Paramount Worldwide Acquisition Group. Studio tersebut...

Film Barat

Jakarta, Layar.id – Salah satu film Hollywood yang bertengger di jajaran ‘segera’ ternyata menampilkan aktris cilik keturunan Indonesia. Dia adalah Malea Emma Tjandrawidjaja, yang...

Film

Last updated on 19 Februari, 2022 Jakarta, Layar.id – Hive adalah menjadi film fitur debut dari penulis-sutradara Blerta Basholli yang memenangkan tiga penghargaan di...