Connect with us

Film

Netflix Anggarkan 14M Untuk Dukung Perfilman Indonesia

Gambar ilustrasi Nadiem menggaet Netflix

Layar.id  –  Usai pemberitaan hangat mengenai imbauan Menkominfo untuk Neflix Indonesia agar memuat lebih banyak film dalam negeri, Neflix dengan cepat mengambil langkah.

Perusahaan penyedia film tersebut mengalokasikan dan 1 juta dolar AS atau sekitar Rp 14 miliar untuk mendukung perfilman Indonesia. Dana ini diperuntukkan bagi pelatihan penulis naskah dan kompetisi sineas lokal.

Baca: Totalitas Jackie Chan di Film Terbaru, “Vanguard”

Nadiem Makarim dan Managing Director Asia Pasific, Kuek Yu-Chuang

DUKUNGAN

Neflix mengalokasikan dana 1 juta dolar AS atau sekitar Rp 14 miliar untuk pelatihan penulis naskah dan kompetisi sineas lokal. Hal ini merupakan wujud dari dukungan mereka terhadap perfilman Indonesia.

Dalam upaya tersebut, Netflix dengan diwakili Kuek Yu-Chuang selaku Managing Director Netflix Asia Pasific, menggaet Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Baca: Perubahan Drastis Jang Dong Yoon Demi Film “Run Boy Run”

Nadiem Makarim

Partnership yang akan kita luncurkan hari ini baru hanya stage pertama dari suatu program kebudayaan yang bersifat lebih inovatif. Yang lebih berfokus pada memasang dan menunjukkan kehebatan talenta-talenta industri, bukan hanya perfilman, tapi berbagai macam budayawan di dalam Indonesia dan di panggung dunia,” kata Mendikbud Nadiem Makarim pada Kamis (9/1).

“Dengan begitu, daya tarik Indonesia akan semakin besar sebagai destinasi bagi produksi film internasional,” tambahnya.

Baca: IU Jadi Pasangan Park Seo Joon Dalam “Dream”

Ilustrasi scriptwriting

PENULIS NASKAH

Neflix mengakomodasi 15 penulis naskah terpilih dalam negeri untuk mengikuti pelatihan di Los Angeles, Amerika Serikat. Nadiem meyakini bahwa, kualitas sebuah film sebagian besar ditentukan oleh kemampuan penulis naskah.

Kerja sama ini tentunya membuka peluang pengetahuan yang lebih luas dan lebih baik lagi. Tidak hanya itu, Neflix juga menggelar pelatihan bagi 100 penulis naskah di Indonesia.

“Dan Netflix telah berkomitmen, terima kasih Neflix sudah ada komitmen sebesar 1 juta dolar AS untuk pembangunan kapasitas kreativitas, itu tadi di LA mengenai scriptwriter kita. Dan juga akan juga mengadakan workshop di Indonesia dengan 100 penulis untuk melanjutkan pola pelatihan itu,” jelas Nadiem.

Pernyataan Nadiem untuk Netflix

Baca: “Semes7a” tentang Mereka yang Merawat Indonesia

KOMPETISI

Di samping pelatihan penulisan naskah, Netflix juga akan menggelar kompetisi film pendek, bertemakan Pancasila. Langkah ini sejalan dengan tujuan utama mendukung perfilman dalam negeri.

“Di luar itu pun akan ada kompetisi film pendek yang akan diselenggarakan oleh Netflix dan temanya adalah asas-asas Pancasila dan itu sangat exciting bagi kami untuk melihat talenta-talenta kita, seperti apa film-film pendek ini,” jelas Nadiem.

Menariknya lagi, tak hanya mendapat ilmu dan pengalaman, pemenang kompetisi akan mendapat hadiah anggaran produksi senilai 600 ribu dolar AS (Rp 8,3 miliar).

 

Isi dan foto: berbagai sumber

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

Jangan patah hati! Tom Holland punya pacar baru, lho!

Gosip Artis

Netizen Penasaran! Reza Rahardian dan Prilly Latuconsina Tunangan?

Film Indonesia

Bioskop gagal buka lagi? Ernest Prakasa Batal Rilis Film Akhir Tahun Ini!

Film Indonesia

Chris Evans dan Ryan Gosling Akan Bermain dalam ‘The Gray Man’, Film Termahal Garapan Netflix!

Film

Advertisement
Connect
Newsletter Signup