Connect with us

Hi, what are you looking for?

Film

Gundala Bukan Superhero, Dia Jagoan

Terakhir diperbarui 11 November, 2022

Layar.id  –  Aksi pahlawan bertopeng Indonesia siap tersaji dalam film garapan Joko Anwar, Gundala. Ini merupakan upaya kedua yang diadaptasi dari cerita bergambar ciptaan Harya Suraminata (Hasmi) setelah versi film sebelumnya dirilis pada 1981.

Dalam wawancara BBC News Indonesia, Bismarka selaku pemegang hak cipta Gundala menegaskan bahwa Gundala bukanlah superhero, tetapi jagoan.

Baca: GUNDALA Film Baru Karya Joko Anwar Siap Rilis 2019 – Intip Tampilan Perdananya!

Gundala Komik dan Film

GUNDALA

Sebelum Gundala 2019, adaptasi langsung dari cerita bergambar Hasmi ini sempat dibawa ke layar pada 1981 dalam judul Gundala Putra Petir. Film adaptasi dari komik anak populer tahun 1970-an ini dibintangi oleh Teddy Purba, Anna Tairas dan Agus Melasz.

Di instalasi terbaru, sutradara Joko Anwar bersama produser Bismarka Kurniawan mengambil pendekatan berbeda. Gundala akan berfokus pada identitas rahasia sang jagoan bernama asli Sancaka, yang diperankan Abimana Aryasatya.

Ia adalah seorang peneliti jenius yang mencari serum anti petir yang justru terkena sambaran petir. Dalam keadaan koma, dia ditarik oleh satu kekuatan planet lain dan diangkat menjadi anak Penguasa Kerajaan Petir. Sejak itulah Sancaka dapat memancarkan petir dari telapak tangannya.

Baca: Eva Longoria Arahkan Biografi “Flamin’ Hot Cheetos”

Joko Anwar

JOKO ANWAR

Joko Anwar mengatakan bahwa Gundala adala film yang “membumi”, yang mengindikasikan cerita, karakter, dan latar yang diangkat, mirip dengan dunia nyata.

Sutradara ini juga mengatakan bahwa ini tak fokus pada cerita fantastis, tetapi pada penokohan Gundala sebagai patriot.

“Dia mewakili kerinduan rakyat Indonesia untuk sosok yang bukan saja dekat dengan masyarakat… tapi dia juga adalah seorang patriot. Artinya, seseorang yang mementingkan orang banyak ketimbang diri sendiri. Dan itu salah satu sifat yang saya rasa, jarang ya di Indonesia,” katanya.

Baca: Pemeran Sonya Blade dan Kano dalam “Mortal Kombat” Ditemukan

Gundala

BISMARKA

Bismarka merupakan presiden direktur Bumilangit, pemegang hak cipta karakter Gundala, yang memproduseri film mendatang.

Dalam wawancara dengan BBC News Indonesia, dia menepis kritik yang menyebut bahwa Gundala adalah jiplakan superhero Barat. “Kita mengangkat setting yang sangat lokal,” kata Bismarka.

Lebih lanjut, ia merasa ogah bila Gundala disebut superhero. “Kami tidak menggunakan istilah superhero, kami menggunakan istilah jagoan sebagai karakterisasi dari sifat kepahlawanan mereka.”

Pemeran Gundala

Baca: Apa Pesan Rahasia di 6 Teaser Terbaru Film “Joker”?

Dibintangi Abimana, Rio Dewanto, Tara Basro, dan Ario Bayu, Gundala dapat Anda saksikan di bioskop mulai hari ini, 29 Agustus 2019.

Sumber: berbagai sumber
Foto: berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi layar.id.
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Film

Layar.id – Mungkin sudah saatnya Ali Topan ini jadi sebuah film yang buat semua orang berpikir. Kalau semudah itu sebuah perlawanan terhadap tirani penguasa...

Sinopsis

Layar.id – Tahun 2024 menjadi tahun yang menakutkan bagi para pecinta film Indonesia. Pasalnya, industri perfilman Tanah Air siap menyuguhkan beragam film horor yang...

Film

Terakhir diperbarui 16 Februari, 2024 Layar.id – Film Kedua IMAJINARI ini kembali gunakan formula yang sama dengan Ngeri Ngeri Sedap tapi bumbu-nya itu lho...

Film

Terakhir diperbarui 16 Februari, 2024 Layar.id – Sebuah film horor yang sebenarnya bisa buat kalian semua tidak perlu takut lagi. Begitu juga dengan film...