Connect with us

Film

“Dark Phoenix” Disalip “The Secret Life of Pets 2”

Layar.id – Kepopuleran X-Men dan Marvel tampaknya belum menjadi barang jaminan bagi suksesnya film Dark Phoenix. Film ini sendiri secara global mulai ditayangkan pada 7 Juni 2019 lalu, namun sayang hasil yang didapat ternyata masih kurang memuaskan.

baca juga : Film DC “Black Adam” Temukan Sutradara

DISALIP

The Secret Life of Pets 2 dan X-Men: Dark Phoenix diketahui menjadi dua sajian yang bersaing di Box Office pada pekan ini. Dua film tersebut memang sama-sama mengincar slot tayang pada awal Juni yang mau tak mau membuat keduanya bersaing sengit di pemutaran perdana.

Namun rupanya, popularitas The Secret Life of Pets 2 lebih digandrungi penggemar dibandingkan Dark Phoenix. Terbukti, sekuel The Secret Life of Pets tersebut berhasil merajai Box Office dan mengalahkan Dark Phoenix dengan mengantongi 47 juta dollar AS (setara Rp 671 miliar).

Banyak pihak yang menyayangkan kualitas dari film Dark Phoenix

Dark Phoenix sendiri harus rela berada di peringkat kedua dengan perolehan 33 juta dollar AS (sekitar Rp 471 miliar).

Hasil ini tentunya bisa dibilang sangat mengecewakan, mengingat bahwa Dark Phoenix menelan biaya produksi fantastis hingga mencapai 200 juta dollar AS. Capaian tersebut berbanding terbalik dengan The Secret Life of Pets 2, di mana film animasi ini hanya diproduksi dengan anggaran 80 juta dollar AS.

The Secret Life of Pets 2 mampu menyalip Dark Phoenix di jajaran Box Office

Jebloknya Dark Phoenix di Box Office sendiri tentunya tak lepas dari kritik negatif yang dilayangkan pada film arahan Simon Kinberg tersebut. Diketahui, film yang dibintangi oleh Sophie Turner hingga Jennifer Lawrence ini hanya meraih rating sebesar 22% di laman Rotten Tomatoes. Padahal, film ini digadang-gadang sebagai penutup perjalanan 20 tahun franchise X-Men.

baca juga: Akhir Film “Dark Phoenix” Disyuting Ulang

KRITIK PEDAS

X-Men: Dark Phoenix dirancang sebagai penutup karya terakhir 20th Century Fox dalam mengangkat jagoan komik Marvel ke layar lebar. Namun faktanya, berbagai kritik pedas menghampiri film yang dibesut oleh Simon Kinberg. Setelah tayang di bioskop, X-Men: Dark Phoenix langsung dihajar oleh para kritikus melalui ulasan negatif mereka. Penilaian tersebut secara otomatis menurunkan citra sang produser, Simon Kinberg, yang mengawali kiprahnya sebagai sutradara lewat film ini.

Film X-Men: Dark Phoenix nyatanya dibintagi beberapa nama beken, termasuk Jennifer Lawrence

Situs film Rotten Tomatoes bahkan hanya memperlihatkan skor 22 persen dari 109 ulasan yang sudah ada terhadap X-Men: Dark Phoenix. Skor tersebut terbilang sangat rendah, namun tak seburuk Fantastic Four (film superhero Marvel lain garapan Fox) yang hanya menerima skor 9 persen. Bahkan, pada kolom Critics Consensus, Rotten Tomatoes menuliskan film ini dengan definisi sebagai berikut:

Dark Phoenix mengakhiri era waralaba X-Men dengan mengambil langkah kedua adaptasi kisah komik klasik – dengan hasil yang sangat mengecewakan.” -Rotten Tomatoes

ENDING CERITA BERBEDA

Tak hanya Rotten Tomatoes, situs Metacritic juga memperlihatkan skor yang juga terbilang rendah untuk X-Men: Dark Phoenix, yakini angka 44. Banyak pihak yang menyayangkan bagaimana film ini seharusnya bisa menjadi pemicu awal X-Men yang akan berkembang di beberapa keluarannya nanti.

X-Men: Dark Phoenix sendiri dirasa lebih mirip dengan Captain Marvel dan tidak membuat identitas sendiri. Namun hal ini dibantah oleh sang sutradara, Simon Kinbegr. Menurutnya ia memang mengubah beberapa bagian cerita termasuk di bagian ending cerita.

Banyak pihak yang memnyatakan sosok Jean Grey lebih mirip seperti Captain Marvel

“Lebih dari ‘Captain Marvel’, kalian bisa melihat banyak ‘Civil War’ pada adegan akhir (yang asli) itu. Biasanya, film aksi yang besar memiliki momen klimaks di babak ketiga. Aku menyukai cara ‘Civil War’ mengatur bagian aksi di mana semua orang berhadapan lebih banyak menjelang akhir babak kedua daripada di babak ketiga, sehingga setelah pertempuran besar itu, kau pergi dengan Winter Soldier, Captain America, dan Iron Man,” ujar sang Sutradara kepada Comic Book.

Dark Phoenix sendiri diproyeksikan menjadi film X-men yang paling tajam dan emosional yang pernah dibuat sebelumnya. Bahkan Dark Phoenix menjadi puncak 20 tahun film-film X-Men sebelumnya.

baca juga: Proyek Film “Uncharted” Tetapkan Jadwal Rilis, Siapa Pemeran Utamanya?

Sumber: berbagai sumber

Foto: berbagai sumber

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

Wolverine Versi MCU

Film

Sutradara “The Nightingale” Diminta Arahkan Film Marvel

Film

Pasangan Valkyrie dalam “Thor 4”

Film

“Deadpool 3” Tidak Akan Masuk MCU Fase 4

Film

Advertisement
Connect
Newsletter Signup