Connect with us

Hi, what are you looking for?

Film

Animasi Ghibli “Grave of The Fireflies” Absen di Netflix

Poster Grave of The Fireflies
Poster Grave of The Fireflies

Last updated on 12 Oktober, 2021

Layar.id  –  Studio Ghibli, produsen animasi asal Jepang, mengirimkan lampu hijau pada Netflix untuk mendistribusikan 21 (dua puluh satu) karya ikonik.

Dua puluh satu film tersebut merupakan animasi terbaik yang diproduksi Studio Ghibli, dan siap menyapa penggemar di berbagai belahan dunia.

Sayangnya, salah satu judul penting, Grave of The Fireflies (1988), dikabarkan absen di Netflix.

Ini adalah salah satu karya Isao Takahata, yang juga membuat animasi The Tale of Princess Kaguya (2013) dan My Neighbors the Yamadas (1999).

Baca juga: “Weathering With You”, Film Animasi Jepang Yang Harus Kamu Tonton!

seita menyuapi setsuko

ANIMASI

Animasi Grave of Fireflies merupakan angsuran kedua setelah My Neighbor Totoro (1988), sebuah film ramah keluarga tentang makhluk ajaib yang hidup di hutan.

Meski dirilis dalam waktu berdekatan, film Hayao Miyazaki dengan Totoro, jauh lebih populer.

Film ini sepenuhnya bertolak belakang dengan Totoro, Grave of Fireflies tetap punya kharisma tersendiri dalam penyajiannya.

Mengusung drama sejarah, Grave of the Fireflies  mengikuti kisah kakak beradik di masa akhir Perang Dunia II.

Baca juga: “I Lost My Body” – Animasi Netflix Peraih Piala Annie Awards 2020

seita memberi makan setsuko dalam grave of the fireflies

SINOPSIS GRAVE OF FIREFLIES

Setelah ibu mereka meninggal akibat bom yang dijatuhkan Amerika Serikat, Seita dan adik kecilnya Setsuko diasuh oleh bibi mereka.

Dalam arogansinya, Seita membawa adiknya Setsuko  pergi untuk mengadu nasib. Ia begitu percaya diri dapat memberi kehidupan yang lebih baik.

Sayangnya, itu sebatas angan-angan, upaya pencarian hidup yang lebih baik malah menyebabkan Setsuko yang sekarat berjuang sendirian.

Film ini didasarkan pada cerita pendek semi-autobiografi dengan judul yang sama, karya Akiyuki Nosaka.

Fokus film ini adalah pada tokoh Seita yang menyalahkan dirinya sendiri atas kematian Setsuko.

Baca juga: Animasi Jepang “Ni No Kuni” Bakal Tayang Di Netflix

Animasi Ghibli

Animasi Ghibli di Netflix

NETFLIX

Dengan cerita semenarik itu, lantas mengapa Netflix tidak menayangkan animasi Grave of The Fireflies setelah mencapai kesepakan dengan Ghibli?

Faktanya, hak atas karya Ghibli pada awalnya dipegang oleh HBO Max, sebagai distributor resmi Amerika Serikat. Hak tersebut mencakup seluruh karya Ghibli tanpa terkecuali.

Netflix sebagai distributor selanjutnya, tak mendapatkan hak yang sama dengan HBO Max. Beberapa ketentuan telah dijalankan oleh layanan streaming, sebagai bentuk strategi marketing, yang tidak ingin menyamakan semua karya dari Ghibli dan produsen film manapun.

Meski tak tersedia di Netflix, animasi Grave of The Fireflies dapat Anda saksikan dengan mengunduh film di situs resmi Ghibli atau menonton online di platform Hulu.


Isi dan foto: berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi layar.id.

Baca Juga

Film Barat

Jakarta, Layar.id – A Jazzman’s Blues merupakan sebuah film drama Amerika Serikat yang di rilis pada 23 September 2022 dengan disutradarai Tyler Perry yang...

Film Barat

Jakarta, Layar.id – Athena merupakan film aksi asal Prancis terbaru yang ditayangkan di Netflix pada Jumat, 23 September dengan durasinya 1 jam 37 menit....

Film Barat

Jakarta, Layar.id – Aktris Lindsay Lohan tentu bukanlah nama baru di industri Hollywood. Meski membintangi beberapa film kecil beberapa tahun terakhir, Lindsay Lohan akan...

Film

Last updated on 23 September, 2022 Layar.id – Netflix akan menghadirkan sejumlah judul baru untuk bulan September 2022. Bila sedang mencari rekomendasi film Netflix terbaru,...