Connect with us

Hi, what are you looking for?

Film

5 Film Dengan Tema Balapan Terbaik

film balapan mobil
Rekomendasi film balapan mobil | foto: Motorsport.com

Layar.id Olahraga Balap merupakan salah satu olahraga yang cukup banyak penggemarnya. Adrenalin yang mereka dapatkan ketika mesin saling menderu kencang menjadi magnet utama cabang olahraga ini.

Baik motor, mobil maupun yang berbau mesin, Semuanya memiliki basis penggemar yang begitu besar. Bahkan saling mengisi satu sama lainnya. Adapun juga banyak yang mengisahkan kisah menarik selama balapan itu berlangsung.

Tidak terkecuali dunia layar lebar. Beberapa film yang bersinggungan dengan tema balapan mobil maupun dunia di baliknya selalu menjadi magnet bagi penikmat sinema.

Mulai dari fiksi hingga yang berdasarkan pada kisah nyata, film tentang balapan mobil selalu menarik untuk disaksikan. Terlebih pada yang berdasarkan kisah nyata, tentu intrik-intrik serta sejarah dibalik hal yang terjadi kerap mengundang perdebatan menarik di kalangan penontonnya.

Meskipun umumnya film bertema balapan selalu memiliki audiens dewasa, tidak sedikit juga film-film ini ditujukan untuk penggemar yang lebih kecil.

Tentu ini juga kemudian bisa menimbulkan minat bagi seseorang yang masih kecil untuk memerhatikan olahraga ini. Kemudian ada juga berbagai jenis dalam balapan mobil itu sendiri.

Mulai dari Formula 1 dan turunannya, NASCAR, hingga Rally. Semua memiliki keunikan dan personanya masing-masing.

Baca juga: Lebih Cepat, “Gran Turismo” Sony Debut 11 Agustus 2023

Dalam dunia perfilman pun beberapa kali ada film yang diangkat dari tema balapan mobil. Dengan berbagai sudut pandang yang diambil, tentu film-film ini menarik untuk disaksikan. Bukan hanya bagi penggemar olahraga ini saja, tapi juga khalayak umum. Dan berikut ini, 5 film bertema balapan terbaik yang patut disaksikan.

Film Dengan Tema Balapan, Patut Disaksikan!

1. Days Of Thunder (1990)

Days of Thunder (1990)

Days of Thunder (1990) | foto: Paramount Pictures

Mengusung tema NASCAR, film ini bercerita tentang rivalitas antara Cole Trickle (Tom Cruise) dengan pembalap veteran Rowdy Burns (Michael Rooker). Ketika mereka berdua sama-sama mengalami cedera akibat kecelakaan hebat,  keduanya pun semakin dekat sebagai teman.

Kisah cinta antara Cole dan Dr. Claire Lewicki (Nicole Kidman) juga menjadi bumbu menarik dalam film ini. Pada akhirnya, dengan Rowdy yang masih mengalami cedera, Cole memutuskan untuk menggunakan mobil sahabatnya itu dan lanjutkan balapan Daytona 500 melawan Russ Wheeler (Cary Elwes).

2. Cars (2006)

Cars (2006)

Cars (2006) | foto: Walt Disney Studios Motion Pictures

Salah satu film animasi terbaik buatan Pixar pada awal 2000an. Lightning McQueen (Owen Wilson) adalah mobil balap muda dan ambisius. Sebagai seorang rising star, McQueen berusaha untuk memenangkan semua event yang ia ikuti.

Sebuah insiden memaksanya untuk tinggal sementara waktu di kota kecil bernama Radiator Springs. Hal itulah yang kemudian merubah hiudpnya ke depan.

Baca juga: Cars 3: Lightning McQueen Terancam Gugur di Arena Balap

3. Rush (2013)

Rush (2013)

Rush (2013) | foto: Universal Pictures

Film ini berangkat dari kisah nyata rivalitas antara James Hunt dan Niki Lauda di ajang Formula 1 pada medio 1970an. Hunt (Chris Hemsworth) dan Lauda (Daniel Bruhl) memiliki rivalitas yang keras di atas lintasan. Pertama kali bertemu di balapan F2 saat itu, James Hunt sudah melihat kehebatan seorang Niki Lauda di sirkuit.

Berlanjut ke balapan F1, Niki Lauda sendiri masuk ke tim BRM dengan membawa uang dan sponsor. Namun belum lama, Lauda dapatkan penawaran dari Ferrari. Meskipun berujung kekesalan akibat mobilnya tidak sesuai ekspektasi dari Niki Lauda sendiri.

Sedangkan James Hunt sendiri harus berlabuh ke tim balap Mclaren setelah tim balap keluarganya bangkrut setelah jalani satu musim.

Tidak jarang mereka harus mempertaruhkan nyawa sendiri di atas lintasan setiap balapan. Berbagai insiden pun terjadi sepanjang karir mereka hingga akhirnya mengikis para pembalap tersebut baik secara fisik maupun mental.

Yang membuat film ini juga penuh intrik adalah bagaimana istri dari mereka (mainkan oleh Olivia Wilde dan Alexandra Maria Lara) menghadapi rivalitas suami mereka.

4. Need For Speed (2014)

Need for Speed (2014)

Need for Speed (2014) | foto: Walt Disney Studios Motion Pictures

Judul di atas mungkin lebih terkenal sebagai game daripada film. Benar, karena film Need For Speed merupakan adaptasi dari serial game yang sukses di berbagai konsol.

Bercerita tentang Tobey Marshall (Aaron Paul) yang mendekan di penjara karena jebakan oleh mantan rekannya Dino Brewster (Dominic Cooper). Film ini bercerita bagaimana Marshall berusaha untuk membalas dendam pada Brewster. Salah satu caranya adalah ia bergabung dengan balapan bernama DeLeon.

5. Ford v. Ferrari (2019)

Ford v. Ferrari (2019)

Ford v. Ferrari (2019) | foto: 20th Century Fox

Berkisah tentang persaingan Ford dan Ferrari di lintasan yang berujung pada balapan legendaris 24 hours of Le Mans pada 1966. Carrol Shelby (Matt Damon) dan Ken Miles (Christian Bale) mendapat tugas dari Ford untuk merakit sebuah mobil.

Bukan mobil sembarangan, tapi mobil yang bisa meruntuhkan dominasi Ferrari di lintasan balap. Perjalanan mereka tidak mudah. Intervensi korporat, hukum fisika, dan masalah personal membuat upaya mereka mendapatkan tantangan yang cukup.

Bahkan mobil ini membawa Ford jadi dominan dan membalap selama 3 musim di Le Mans 24hr. Setelah itu, hampir 4 dekade mobil ini kembali lagi dengan tampilan modern untuk mengenang kemenangan mereka dulu.

 

Sumber: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi layar.id.
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Film

Layar.id – Dunia otomotif memang selalu memiliki daya tarik tersendiri termasuk yang berbentuk film balapan mobil. Pasalnya balapan mobil bukan hanya sekadar adu kecepatan...

Film Barat

Matt Damon adalah salah satu aktor Hollywood terbaik dengan berbagai list film yang sukses. Memulai karirnya sejak tahun 90-an, Damon mendapatkan terobosan besar dalam...

Film

Terakhir diperbarui 19 April, 2022 BONG JON HOO DAN FILM “PARASITE” MENCETAK SEJARAH FILM ASIA YANG BOYONG EMPAT SEKALIGUS PIALA OSCAR 2020. Layar.id –...

Film

Terakhir diperbarui 3 Juni, 2022 Layar.id – Going Electric merupakan sebutan penggemar untuk salah satu proyek besar, yang berada di daftar mendatang Searchlight Pictures....