Connect with us

Hi, what are you looking for?

Netflix

Referensi dan Easter Egg Film The Adam Project, Sebuah Kisah Perjalanan Waktu

the adam project
The Adam Project Cr. Doane Gregory/Netflix © 2022

Last updated on 14 April, 2022

Layar.idFilm yang sedang banyak ditonton adalah The Adam Project yang artinya dalam bahasa Indonesia adalah Proyek Adam. Sebuah karya sinema yang memunculkan berbagai referensi dalam film perjalanan waktu dan easter egg.

Faktanya memang adanya proyek film tidak lepas dari inspirasi film lainnya. Itulah alasan The Adam Project memunculkan referensi ke film lain yang beberapa diantaranya juga diperankan oleh Ryan Reynolds dan Mark Ruffalo.

Sebenarnya, The Adam Project memang disamakan dengan film fiksi ilmiah era 80-an, mulai dari The Last Starfighter, Back to the Future hingga ET dan seterusnya.

Baca juga: “The Adam Project” Jadi Film Terlaris Ke-4 di Netflix

Poster The Adam Project

Poster The Adam Project (sumber Netflix)

Film ini menjadi garapan sutradara Shawn Levy yang terakhir menggarap Free Guy bersama dengan Ryan Renolds, dan tayang perdana pada 11 Maret lalu di Netflix.

Sinopsis The Adam Project

The Adam Project mengisahkan Adam Reed (Ryan Renolds), seorang pilot penjelajah waktu dari tahun 2050. Ia mengambil resiko besar mencuri sebuah kapal penjelajah waktu dan pergi ke masa lalu untuk menyelamtakan istrinya Laura (Zoe Saldana).

Ia ingin membantu Laura yang tidak bisa kembali ke masa depan karena kecelakaan yang terjadi dalam sebuah misi kembali ke tahun 2018.

Secara tidak sengaja, Adam tiba di tahun 2022 karena ada beberapa kesalahan perhitungan. Di saat itu dia menemukan sosoknya sendiri yang berusia 12 tahun. Adam kecil (Walker Scobell).

Namun keduanya kemudian ditangkap oleh pemimpin terkuat di masa depan Maya Sorian (Catherine Keener), saat Adam dewasa akan dibawa pulang ke masa depan, Laura muncul menyelamatkan kedua Adam. Ternyata ada yang menyabotase misi Laura sehingga ia  selama ini terjebak di masa lalu.

Laura juga mengetahui bahwa Sorian telah menyalahgunakan perjalanan waktu untuk membuatnya menjadi orang yang mengontrol mesin waktu dan masa depan. Ia meminta Adam untuk membujuk ayahnya Louis (Mark Ruffalo) yang merupakan penemu mesin waktu di tahun 2018.

Saat akan pergi ke masa lalu, Sorian dan pasukannya datang menyerang, Laura mengorbankan dirinya agar kedua Adam bisa pergi.

Dengan hanya satu kesempatan untuk menjelajahi waktu, dikejar oleh pasukan Sorian, Laura yang mereka tinggalkan kedua Adam kembali ke tahun 2018 menemui Louis. Keduanya harus meyakinkan Louis untuk menghentikan penelitian dan menyelamatkan dunia dari ancaman masa depan distopian.

Baca juga: Trailer film The Adam Project

Referensi Film

Disamping itu, Levy menyampikan berbagai film yang mempengaruhi pembuatan The Adam Project  tak hanya sebatas Back to the Future dan  ET, ia juga menyebut film Star Wars, Good Will Hunting, Jerry Maguire, Searching For Bobby Fischer, dan Gallipoli.

Selain itu ada beberapa karakter yang mendapatkan referensi dari film lain, seperti pengunaaan istilah lightsaber, penggambaran masa depan seperti dari film The Terminator , kemudian materi komedi ala film Deadpool dan MCU. Bukan hanya itu, masih ada beberapa easter egg, dari film perjalanan waktu yang muncul dari referensi untuk pembuatan film The Adam Project.

Easter Egg yang hadir dalam film

Biff dari Back to the Future: Part II. Biff Tanen yang berusaha untuk memberikan almanak catatan pertandingan olahraga kepada dirinya yang muda dimasa lalu, dengan harapan dirinya akan kaya dari judi. Dalam film, Adam dewasa bercanda tentang dirinya yang sedang memikirkan kunci sukses untuk berinvestasi.

Motel Pine Ridge. Dalam film kedua Adam menginap disebuah motel bernama Pine Ridge. Materi ini berhubungan dengan materi komedi dari Back to The Future, dimana saat kembali ke masa lalu, Marty McFly menabrak satu pohon pinus di lokasi mall bernama The Twin Pines Mall (Mall Pinus Kembar) akan dibangun 30 tahun kemudian. Karena insiden ini, di masa depan mall tersebut berubah nama menjadi The Lone Pine Mall (Mall Pinus Tunggal).

2050 layaknya masa depan di film The Terminator. Saat ditanyai oleh Adam kecil seperti apa keadaan di 2050, Adam dewasa menggambarkannya tidak jauh beda dengan apa yang diceritakan di film The Terminator tersebut.

Lightsaber dan Speeder dari Star Wars. Terdapat senjata mirip lightsaber dari franchise Star Wars, juga aksi kejar-kejaran di hutan dengan kendaraan melayang speeder dari film Return of the Jedi.

Yang terakhir ada sticker superhero Deadpool dan Hulk, dan pendaratan ala superhero yang merupakan referensi dari film Deadpool. (Prs/Crs)

 

sumber : Screenrant,Netflix

foto : Netflix

 

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi layar.id.

Baca Juga

Berita Hiburan

Jakarta, Layar.id – Siapa sih yang tak suka dengan aroma wewangian parfum? Biasanya kekuatan aroma adalah daya tarik bagi banyak orang. Maka bagaimana akhirnya...

Film Barat

Jakarta, Layar.id – Ryan Reynolds dan Hugh Jackman sudah membangun hype untuk film Deadpool 3.  Berkat Hugh Jackman yang akan mengulangi perannya sebagai Wolverine,...

sinopsis

Layar.id – Judul Miracle in Cell No.7 tentunya tak asing lagi bagi anda yang menyukai film maupun drama korea. Film garapan Negeri Ginseng ini...

Jadwal Tayang

Jakarta, Layar.id – Dengan perpustakaan film Marvel, animasi klasik Disney, dan waralaba Star Wars, Disney+ memiliki katalog blockbuster terbesar di platform streaming. Namun baru-baru...