Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Hiburan

Siapa Wanda Maximoff dan apakah Scarlet Witch Jahat atau Baik ?

wanda maximoff menjadi scarlet witch
(sumber: Marvel/Marvel Studios)

Last updated on 13 Mei, 2022

Perhatian: Artikel ini memiliki spoiler untuk film Doctor Strange in the Multiverse of Madness.

Layar.id – Beberapa rumor tentang Doctor Strange 2 benar adanya, salah satunya kenyataan bahwa Wanda Maximoff tampil sebagai Villain dalam film terbaru Marvel Cinematic Universe (MCU) tersebut.

Tepat tiga tahun setelah peristiwa dalam Avengers: Endgame (2019) , film Doctor Strange in the Multiverse of Madness yang tayang pada 5 Mei lalu kembali menunjukkan versi Wanda Maximoff yang jahat.

Mungkin Pelayar bertanya-tanya, kenapa Wanda menjadi jahat? Kenapa pula Wanda menjadi Scarlet Witch?

Dalam artikel ini akan dibahas seperti apa karakter Wanda Maximoff, apakah jahat atau baik? Dengan merujuk pada komik dan membandingkannya dengan versi MCU.  Serta bagaimana Wanda Maximoff menjadi seorang Scarlet Witch.

Baca juga: Film dan Serial yang Wajib Ditonton sebelum Nonton Doctor Strange 2

Setelah peristiwa dalam Avengers: Infinity Wars (2018) dan penyanderaan yang terjadi di kota WestView dalam serial WandaVision (2021), kali ini diceritakan bagaimana Wanda yang tak ingin lagi merasakan sakitnya kehilangan, berubah menjadi seorang Scarlet Witch dibawah pengaruh Darkhold.

Sama seperti didalam komik, Darkhold versi MCU yang juga disebut Book of the Damned (buku orang terkutuk) adalah buku sihir yang sebelumnya milik Agatha Harkness. Melalui Darkhold ini lah, Agatha mempengaruhi Wanda saat berada di WestView, bahwa dia adalah Scarlet Witch.

scarlet witch dalam komik marvel

Wanda Maximoff (sumber: Marvel Comics/Marvel Studios)

Siapa Wanda Maximoff?

Meski tidak memiliki film solo untuk karakternya, namun arc cerita untuk karakter Wanda Maximoff dikembangkan dengan baik dalam MCU.

Pertama kali dikenalkan dalam Avengers: Age of Ultron (2015), Marvel menghilangkan elemen mutan pada Wanda dan Pietro Maximoff karena saat itu hak atas X-Men dipegang oleh 20th Century Fox.

Karena tidak dapat mengadaptasi X-Men, maka MCU membuat cerita latar belakang yang berbeda untuk saudara kembar itu, seperti orang tua dan juga asal usul kekuatannya.

Dalam MCU, Wanda Maximoff dan pietro lahir dari pasangan Iryna and Oleg Maximoff, mereka tinggal di Sokovia, sebuah negara di Balkan.

Kedua orangtuanya meninggal setelah terkena bom buatan Stark Industries dari serangan udara Amerika ketika Wanda dan Pietro berumur 10 tahun.

Setelah dewasa, Wanda dan Pietro bergabung dengan HYDRA yang menjanjikan akan memberikan kekuatan, yang dapat dipakai untuk menyelesaikan perang di Sokovia.

Melalui eksperimen yang mencoba menyerap kekuatan Mind Stone dari Scepter milik Loki. Wanda Maximoff kemudian mendapat kekuatan telepati dan telekinesis, sedangkan Pietro Maximoff mendapat kekuatan kecepatan super.

Pada tahun 2021, dalam serial WandaVision, MCU menambahkan retcon pada cerita Wanda, dimana ia sebenarnya adalah Scarlet Witch – efek dari Mind Stone hanya mengaktifkannya saja. Serial ini juga menjadi tempat pertama Wanda disebut sebagai Scarlet Witch di MCU.

Hal itu terjadi lantaran sejak 2019, MCU bebas mengadopsi X-Men setelah induk perusahaannya, The Walt Disney Company mengakuisisi 20th Century Fox. Karenanya, banyak fans yang mendambakan X-Men segera dihadirkan dalam MCU, sehingga muncul rumor cerita tentang mutan akan hadir dalam Doctor Strange 2.

Scarlet Witch memiliki kekuatan Chaos Magic, yang menjadi lebih kuat setelah mendalami Darkhold yang memiliki banyak mantra sihir. Setelah itu, Scarlet Witch menjadi penyihir terkuat di bumi, bahkan lebih kuat dari Sorcerer Supreme.

Dengan Chaos Magic, Scarlet Witch dapat membuat dan menciptakan apapun, hingga ia dapat memanipulasi kenyataan yang membuatnya menjadi mahluk terkuat di multiverse.

Sementara dalam komik Marvel, ada banyak versi darimana mereka berasal, salah satunya Wanda Maximoff dan adik kembarnya, Pietro lahir di Serbia, anak dari penyihir asal Rumania, Natalya Maximoff.

Demi keselamatan keduanya, Wanda dan Pietro dititipkan pada adiknya Django Maximoff dan istrinya Marya Maximoff.

Suatu hari, keduanya diculik dan dibawa kepada High Evolutionary (Herbert Edgar Wyndham) di Gunung Wundagore untuk digunakan sebagai bahan eksperimen. Keduanya mendapat perubahan genetik yang membuat mereka mendapatkan kekuatannya.

Selain itu, kekuatan sihir Wanda berasal dari Chthon, Elder God Bumi yang menciptakan Darkhold, yang sempat menyentuhnya sebelum dilenyapkan kembali oleh High Evolutionary.

Baca juga: Yuk Kenalan dengan Clea dari Post Credit Doctor Strange 2

scarlet witch dalam komik marvel

Scarlet Witch (sumber: Marvel/Marvel Comics)

Scarlet Witch pernah menjadi Hero dan Villain

Scarlet Witch awalnya dikenalkan sebagai musuh utama dalam komik X-Men, dimana ia dan saudara kembarnya Quicksilver merupakan anggota Brotherhood of Mutant (Persaudaraan Mutan) dibawah pimpinan Magneto.

Grup Magneto tersebut akan sering bertarung dengan grup mutan yang dibentuk oleh Profesor Xavier.

Namun, satu tahun kemudian Scarlet Witch dan Quicksilver bergabung dengan Avengers, yang menjadi waktu bagi Wanda Maximoff sebagai seorang Hero.

Kemudian, dalam alur waktu yang sama, dalam arc cerita Avengers: Disassembled dan House of M, Scarlet Witch kembali menjadi jahat.

Dalam cerita itu Scarlet Witch menjadi ancaman besar karena tidak bisa mengontrol kekuatan Chaos Magic yang sangat besar ditambah dengan kemampuan barunya yakni mengubah realita.

Kejadian tersebut sampai memakan banyak korban, diantaranya menewaskan Vision, Hawkeye, dan Ant-Man serta kemudian membuat seluruh mutan di dunia kehilangan kemampuannya.

Mirip seperti Scarlet Witch dalam Doctor Strange 2, ada kalanya Scarlet Witch bisa menjadi jahat dalam kondisi tertentu.

Namun setelah peristiwa dalam komik arc cerita Avengers: Disassembled dan House of M, Wanda tidak pernah menjadi Villain yang bisa disetarakan layaknya Kang atau Thanos.

Bahkan, Wanda kembali bergabung menjadi Avengers dalam arc cerita Avengers vs. X-men, yang menunjukkan bahwa karakternya memiliki sejarah panjang pergantian antara baik dan jahat.

Karenanya, meski dikenal penggemar komik sebagai anggota dari Magneto, sosok Scarlet Witch tidak bisa begitu saja disebut sebagai Villain atau Hero.

Namun, hal utama yang dilihat dari sejarah tersebut adalah, bahwa dalam versi komik butuh waktu yang lama dan banyak seri komik untuk mengembalikan Scarlet Witch menjadi Hero setelah peristiwa dalam komik House of M.

Ini juga sepertinya akan berdampak dalam MCU, dimana akan semakin menantang untuk melanjutkan cerita Wanda, setelah apa yang telah dilakukannya dalam Doctor Strange in the Multiverse of Madness.

 

Sumber: marvel.com, marvel.fandom.com, screenrant.com

Foto: Marvel, Marvel Comics, Marvel Studios

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi layar.id.

Baca Juga

Film

Last updated on 14 Mei, 2022 Perhatian: Artikel ini memiliki SPOILER film Doctor Strange in the Multiverse of Madness Layar.id – Bila Pelayar sudah...

Berita Hiburan

Jakarta, Layar.id – Kabar baik bagi Anda penggemar Star Wars karena film akhirnya mendapatkan pembaruan terbaru. Penulis yang berada di balik Loki season 1...

Berita Hiburan

Layar.id – Sebelum nonton Doctor strange 2 baiknya cek dulu daftar film dan serial Marvel Cinematic Universe (MCU) berikut ini, untuk mengingatkan kembali sampai...

Film

Jakarta, Layar.id  Keterlibatan sutradara Jon Watts dalam film-film Marvel yang sangat sukses di Spider-Man dari beberapa tahun terakhir membuat Kevin Feige mengumumkan pada tahun...