Connect with us

Hi, what are you looking for?

Film

Siapa Clea di Post Credit Doctor Strange 2 ?

siapa clea di doctor strange
Clea dalam komik Marvel dan Charlize Theron sebagai Clea dalam MCU (sumber: Marvel/Marvel Studios)

Last updated on 14 Mei, 2022

Perhatian: Artikel ini memiliki SPOILER film Doctor Strange in the Multiverse of Madness

Layar.id Bila Pelayar sudah menonton film Doctor Strange in the Multiverse of Madness, pasti penasaran akan siapa itu Clea.

Terdapat dua post-credit yang memberikan petunjuk seperti apa Marvel Cinematic Universe (MCU) kedepannya. Salah satunya adalah adegan post-credit yang menampilkan cameo Clea, yang menemui Doctor Strange saat berjalan kaki di jalanan kota New York.

Ada banyak cameo dari karakter Marvel di sepanjang film, serta penampilan utama dari Benedict Cumberbatch sebagai Doctor Strange dan Elizabeth Olsen sebagai Scarlet Witch.

Namun, film Mavel terbaru garapan Sam Raimi ini membawakan kesan lebih horor bila dibandingkan film MCU lainnya, yang menjadi ciri khas sang sutradara.

Dalam Doctor Strange 2, kali ini Doctor Strange harus melindungi superhero bernama America Chavez (Xochitl Gomez) yang memiliki kekuatan untuk menjelajahi multiverse. Kekuatan yang besar itu menjadi incaran Wanda Maximoff yang kini telah menjadi Scarlet Witch dibawah pengaruh Darkhold.

Bersama dengan Sorcerer Supreme Wong (Benedict Wong), Doctor Strange tak hanya harus melindungi America Chavez, tapi juga multiverse dari ancaman Scarlet Witch.

Scarlet Witch yang dibutakan oleh rasa kehilangan setelah peristiwa dalam WandaVision, ingin memiliki kekuatan America Chavez agar dapat bertemu kembali dengan anaknya.

Dalam artikel ini akan dibahas siapa itu Clea di Doctor Strange 2, Clea dalam komik Marvel dan akan seperti apa Clea yang diadaptasi dalam MCU.

Baca juga: Apakah Scarlet Witch Jahat atau Baik ?

Clea diperankan oleh Charlize Theron (post-credit 1)

Dalam post-credit pertama Doctor Strange 2, seorang wanita berbaju ungu terlihat mendatangi Stephen Strange yang sedang berjalan kaki.

Wanita itu adalah Clea, ia meminta bantuan dari Doctor Strange untuk mengatasi sebuah “serangan” akibat perbuatannya – yang kemungkinan adalah penggunaan Darkhold demi mengalahkan Scarlet Witch.

Setelah Clea membuka celah menuju Dark Dimension, Doctor Strange mengikutinya dengan kostum lengkap dan mata ketiga yang terbuka.

Kemudian, dari credit film tersebut akhirnya dapat dikonfirmasi pemeran Clea adalah Charlize Theron.

Marvel kembali memperkenalkan karakter baru MCU untuk Phase 4 melalui post-credit. Sebelumnya, dalam post-credit Black Widow ditunjukkan Julia Louis-Dreyfus akan berperan sebagai Valentina Allegra de Fontaine. Kemudian dalam film Eternals, Harry Style akan berperan sebagai Starfox.

clea dan doctor strange dalam komik

(sumber: Marvel Comics)

Siapa Clea dalam Komik Marvel?

Karakter Clea memiliki sejarah panjang dalam komik Marvel, yang pertama kali hadir pada 1964 yang merupakan ciptaan Stan Lee dan Steve Ditko.

Clea adalah putri dari penguasa Dark Dimension bernama Pangeran Orini dari ibu bernama Umar. Ia juga menjadi keponakan dari Dormammu yang merupakan saudara kembar dari Umar.

Umar dan Dormammu adalah keturunan Faltine, mahluk ekstra-dimensional yang berasal dari energi sihir murni. Mereka menjadi buronan di Faltine dan pergi ke Dark Dimension.

Umar kehilangan sebagian kekuatannya saat melahirkan Clea dan tidak dapat kembali ke bentuk asalnya sebagi Faltine. Karena itu ia menjadi kasar dan kerap menentang Dormammu, hingga akhirnya ia dikalahkan dan dikurung dalam dimensi lain.

Dalam cerita komik, Clea dibesarkan untuk melayani Dormammu seperti ayahnya. Ia tidak tahu ibunya menerlantarkannya setelah melahirkannya.

Clea memiliki kekuatan yang besar dari ibunya, ditambah lagi ia juga akan menguasai Mystic Art.

Sebagai keturunan setengah Faltine dan setengah mahluk Dark Dimension, Clea dapat melayang dan terbang.

Clea juga menjadi Supreme Sorcerer di Dark Dimension setelah meguasai Mystic Arts dibawah ajaran Doctor Strange.

Hubungan keduanya menjadi makin dekat, hingga akhirnya Clea menikahi Doctor Strange. Clea nantinya akan mengkhianati Dormammu dan meninggalkan tugasnya.

Dalam komik Marvel terbaru The Death of Doctor Strange, Clea diceritakan akan menggantikan suaminya untuk melindungi bumi dengan menjadi Sorcerer Supreme setelah kematian Doctor Strange.

Untuk saat ini Clea versi MCU, nantinya ada kemungkinan akan menggantikan Wong yang saat ini menjadi Sorcerer Supreme.

Clea juga sepertinya akan menjalani sebuah hubungan spesial dengan Doctor Strange, apalagi dalam Doctor Strange in the Multiverse of Madness menunjukkan Stephen akan move on dari Chris Plamer.

Layaknya adaptasi yang dilakukan Marvel sebelumnya, sepertinya karakter Clea MCU akan berbeda dari versi komiknya. Seperti kostum yang ditunjukkan saat ini, cukup berbeda dari yang dipakai Clea dalam komik.

charlize theron clea

(sunber: Marvel Studios)

Clea Berasal dari Dark Dimension

Dalam post-credit Doctor Strange 2, tidak jelas bagaimana asal usul Clea di Dark Dimension (Dimensi Gelap) dalam MCU.

Namun, berdasarkan penampilan pertama Dormammu dalam Doctor Strange (2016), ada kemungkinan Marvel akan menyamakan asal usul Clea MCU seperti dalam komik.

Dengan menggunakan trik time-loop (perulangan waktu) Doctor Strange berhasil mengelabui Dormammu yang harus berulang kali membunuhnya. Dormammu akhirnya menyerah dan berjanji melepaskan bumi dan menutup portal antara bumi dan Dark Dimension.

Clea tampaknya dapat membuka kembali portal tersebut dengan sebuah pisau yang ditunjukkan dalam post-credit pertama Doctor Strange in the Multiverse of Madness itu.

Saat portal terbuka dan Clea mengajak Doctor Strange mengatasi serangan, terlihat Dark Dimension yang dituju masih sama dengan film pertama dan tampaknya dalam keadaan normal, bukan dimensi yang hancur.

Jadi bisa saja serangan yang dimaksud belum terjadi, belum sampai ke sana, atau bisa saja tidak mempengaruhi Dark Dimension.

Seperti yang diketahui konsep dalam MCU bahwa Dark Dimension (dimensi) terpisah dengan universe (alam semesta) dan multiverse (multisemesta). Meski Marvel mencampurkannya untuk memudahkan penonton untuk mengerti.

Dalam komik Marvel, ada perbedaan jelas untuk konsep timeline (garis waktu), dimension dan universe di dalam ceritanya.

Jadi, kita tunggu saja sampai ada pengumuman resmi dari Marvel akan seperti apa Clea yang mereka bawa kedalam MCU.

Apakah Clea akan hadir dalam sekuel Dotor Strange berikutnya, atau menjadi petunjuk tambahan akan kedatangan plot Secret Wars kedalam MCU. Ikuti terus infromasi seputar MCU hanya di layar.id!

 

Sumber: marvel.fandom.com, screenrant.com

Foto: Marvel Comics, Marvel Studios

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi layar.id.

Baca Juga

Disney+

Layar.id – Serial yang sudah heboh sejak trailernya muncul di berbagai media. Yang Hilang dalam Cinta merupakan tontonan menarik yang tersedia di Disney+ Hotstar,...

TV Series

Layar.id – Platfrom streaming Netflix selalu merilis serial terbarunya setiap bulan. Berikut daftar serial Netflix terbaru yang akan tayang pada Agustus 2022. Kategori Acara...

Drama Korea

Layar.id – Drama Korea Jinxed at First berakhir di episode 16 yang tayang pada 4 Agustus lalu. Berikut ulasan ending Jinxed at First, apakah...

Jadwal Tayang

Layar.id – Viu selalu menghadirkan acara tv, film dan serial drama terbaru setiap bulannya, pada Agustus ini acara terbaru didominasi film asal korea selatan. Tentunya...