Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Hiburan

Film dan Serial yang Wajib Ditonton sebelum Nonton Doctor Strange 2

film dan serial sebelum nonton Doctor strange 2
(sumber: Marvel Studios/Disney)

Layar.id – Sebelum nonton Doctor strange 2 baiknya cek dulu daftar film dan serial Marvel Cinematic Universe (MCU) berikut ini, untuk mengingatkan kembali sampai mana kisah dari para Avengers sebelum berhadapan dengan ancaman multiverse.

Doctor Strange in the Multiverse of Madness sedang tayang di bioskop Indonesia mulai Kamis (5/5), film yang cocok untuk mengisi akhir pekan ini.

Berdasarkan trailer yang telah dibagikan, multiverse, Doctor Strange dan Scarlet Witch menjadi hal utama dalam sekuel ini.

Peristiwa dalam Spider-Man: No Way Home (2021) menjadi awal konsep multiverse atau multijagat dalam MCU diperkenalkan. Sebelumnya serial Disney+, What If…? (2021) juga mengangkat cerita bagaimana tokoh Avengers hidup di semesta lain.

Mundur beberapa tahun, yaitu Doctor Strange (2016) menjadi debut Stephen Strange (Benedict Cumberbatch) sebagai Doctor Strange di MCU.

Sedangkan Avengers: Age of Ultron (2015) menjadi kemunculan perdana Wanda Maximoff (Elizabeth Olsen). Kemudian, dalam serial WandaVision (2021), diceritakan bagaimana kisah Wanda Maximoff menjadi Scarlet Witch secara lebih dalam.

Baca juga: Misteri Karakter Marvel dalam Trailer Doctor Strange in the Multiverse of Madness

Film dan serial tersebut akan membantu Anda untuk memahami peristiwa yang akan tersaji di Doctor Strange in the Multiverse of Madness.

Berikut film dan serial MCU yang patut disaksikan sebelum menonton Doctor Strange 2.

1. Avengers: Age of Ultron (2015)

scarlet witch dan quicksilver

Maximoff bersaudara (sumber: Marvel Studios/Disney)

Avengers: Age of Ultron menjadi film pertama yang mengenalkan saudara kembar Wanda Maximoff (Elizabeth Olsen) dan Pietro Maximoff (Aaron Taylor-Johnson).

Keduanya menjadi bahan percobaan Hydra yang ingin mengambil kekuatan tongkat milik Loki, yang memiliki Mind Stone – salah satu batu dari 6 Infinty Stones.

Wanda mendapat kekuatan telepati, telekinesis, dan manipulasi energi, sedangkan Pietro memiliki kecepatan super yang membantu Ultron untuk menghabisi Avengers.

Dari film ini terlihat bagaimana Wanda Maximoff memiliki sisi jahat yang sepertinya akan muncul kembali dalam sekuel Doctor Strange.

Meski kemudian Wanda berubah pikiran dan membantu Avengers melawan pasukan Ultron, robot dengan kecerdasan buatan ciptaan Tony Stark (Robert Downey Jr.) dan Bruce Banner (Mark Ruffalo).

2. Doctor Strange (2016)

doctor strange 2016

Doctor Strange menggunakan sihir dengan Eye of Agamotto (sumber: Marvel Studios/Disney)

Film ini mengisahkan seorang dokter bedah saraf bernama Dr. Stephen Strange (Benedict Cumberbatch) yang mencari cara untuk menyembuhkan cedera pada tangannya akibat kecelakaan.

Dalam pencariannya ia bertemu Ancient One (Tilda Swinton) dan Karl Mordo (Chiwetel Ejiofor) yang menunjukkannya dunia sihir, Strange ingin mempelajari mystic arts (ilmu sihir) untuk mengembalikan tangannya ke keadaan semula.

Sebagi dokter yang brilian, Doctor Strange kemudian menjadi Master of the Mystic Arts dan bertugas melindungi bumi, ia bahkan mampu mengalahkan Dormamu, mahluk interdimensional yang berasal dari dimensi, Dark Dimension.

Baik dalam melakukan operasi sebagai dokter dan mengurusi keamanan bumi dari ancaman dimensi lain, Doctor Strange sering menggunakan caranya sendiri dan melanggar aturan demi mencapai keinginannya.

Karena itu, kemudian Mordo mencopot Doctor Strange sebagai Supreme Sorcerer dan mengingatkannya ada harga yang harus dibayar atas semua perbuatannya. Mungkin, Doctor Strange 2 akan menunjukkan segala akibat dari perbuatannya selama ini.

3. Avenger: Invinity Wars (2018)

Wanda Maximoff menghancurkan Mind Stone

(sumber: Marvel Studios/Disney)

Debut Doctor Strange sebagai anggota Avengers, dimulai dengan Hulk yang jatuh ke Sanctum Sanctorum dan mengingatkan Strange dan Wong (Benedict Wong) bahwa Thanos (Josh Brolin) sedang menuju bumi.

Kemudian Doctor Strange diculik oleh Ebony Maw (Tom Vaughan-Lawlor) untuk mengambil batu Time Stone yang ada dalam artefak Eye of Agamotto dan membawanya ke planet Titan. Tapi, ia berhasil dibebaskan oleh Tony Stark (Robert Downey Jr.) dan Peter Parker (Tom Holland).

Saat itu Doctor Strange sudah menjadi sangat kuat dan menjadi Supreme Sorcerer, ia bahkan dapat mengimbangi Thanos yang sudah memiliki 4 Infinity Stones.

Strange juga melanggar aturan alam dengan melihat ke masa depan akan seperti apa pertarungan melawan Thanos. Ia juga membuat pertaruhan besar dengan menyerahkan Time Stone kepada Thanos.

Sementara itu, di bumi Vision (Paul Bettany) meminta Wanda untuk berjanji akan membunuhnya agar Mind Stones tidak jatuh ketangan Thanos.

Namun ketika Thanos sampai ke Wakanda, saat keadaan semakin rumit Wanda akhirnya menghancurkan Mind Stones yang ada di dahi Vision. Namun sayang, Thanos yang kini memiliki Time Stones, mengembalikan waktu , dan mengambil Infinty Stone terakhir.

Kemudian Thanos menggunakan Infinity Gauntlet untuk melenyapkan setengah mahluk hidup di alam semesta sesuai keinginannya. Kejadian ini membuat Wanda harus melihat Vision mati dua kali.

Baca juga: Siapakah Anggota Avengers Yang Akan Mati di Film Avengers: Infinity War?

4. Avengers: Endgame (2019)

wanda vs thanos

(sumber: Marvel Studios/Disney)

Setelah Hulk berhasil menggunakan Infinity Stones, Doctor Strange membuka portal dan mempertemukan para pahlawan dari penjuru galaksi untuk melawan Thanos.

Disela pertarungan, Tony Stark menanyai apakah dalam pertarungan kali ini adalah satu-satunya kesempatan untuk mengalahkan Thanos. Awalnya Doctor Strange mengungkapkan tidak dapat memberitahunya.

Namun, lagi-lagi Strange melanggar aturan demi menyelamatkan semestanya dengan memberi sinyal pada Tony bahwa kali ini adalah waktu yang tepat. Tony menggunakan Infinity Stones untuk melenyapkan Thanos dan pasukannya, meski harus mengorbankan nyawanya sendiri.

Sebelumnya, Wanda yang dipenuhi amarah sempat hampir mengalahkan Thanos dengan tangannya sendiri. Kini ketika keadaan kembali damai, Wanda yang memilih menyendiri semakin terpuruk, ia telah kehilangan orang tuanya, saudara kembarnya, dan kini kekasihnya.

5. WandaVision (2021)

wandavision 2021

(sumber: Disney+ Hotstar)

Serial MCU ini mengisahkan Wanda Maximoff (Elizabeth Olsen) yang menyandera kota WestView dan membuat dunia fantasi dimana ia hidup dengan suaminya Vision (Paul Bettany) bersama anak kembarnya layaknya tayangan televisi.

Sampai ia bertemu dengan Agatha Harkness (Kathryn Hahn) yang meyakinkannya untuk mendalami mystic arts. Agatha meyakinkan Wanda, bahwa ia adalah Scarlet Witch yang lebih kuat dari Supreme Sorcerer dan diramalkan akan menghancurkan dunia.

Peristiwa  dalam WandaVision penting sebelum menonton Doctor Strange 2, karena menunjukkan bagiamana kehidupan Wanda setelah Endgame. Wanda juga sepertinya menunjukkan perkembangan karakter yang signifikan di trailer Doctor Strange 2.

6. What If…? (2021)

Sinister Strange

Sinister Strange (sumber: Marves Studios/Disney+)

What If…? adalah serial animasi yang mengeksplorasi multiverse dengan kisah berbagai kemungkinan yang bisa saja terjadi di semesta lain. Setiap episode membawa cerita berbeda dalam momen-momen penting MCU dengan alur alternatif yang berbeda dari semesta utama.

Episode penting sebelum nonton Doctor Strange 2 dari serial ini adalah, Episode 4 yang berjudul “What If… Doctor Strange Lost His Heart Instead of His Hands”. Mengisahkan Doctor Strange yang melanggar aturan dengan mengubah masa lalu untuk menghidupkan Christine Palmer (Rachel McAdams) yang meninggal dalam kecelakaan.

Di akhir episode, Strange menjadi sangat kuat dalam semesta tersebut, bahkan ia mampu melihat The Watcher (Jeffrey Wright). Doctor Strange akan berhadapan dengan versi yang disebut Sinister Strange ini, seperti yang ditunjukkan dalam trailer Doctor Strange 2.

Kemudian Episode 5 “What If… Zombies?!” yang menunjukkan versi zombie Wanda dan juga Zombie Strange yang juga muncul dalam trailer.

Baca juga: Hal-hal Penting Dalam Seri Baru Marvel Disney+ “What If…?”

7. Spider-Man: No Way Home (2021)

Mantra Dotor Strange dalam Spiderman No Way Home

(sumber: Sony Pictures/Marvel Studios)

Mysterio (Jake Gyllenhaal) menebar fitnah dan membongkar identitas Peter Parker (Tom Holland) dalam Spider-Man: No Way Home, yang mengganggu kehidupan Parker dan orang-orang di sekitarnya.

Peter kemudian meminta bantuan Doctor Strange untuk menghilangkan ingatan semua manusia bahwa dirinya adalah Spider-Man. Tanpa mengindahkan peringatan dari Wong, Doctor Strange setuju.

Namun saat merapalkan mantra, Peter terus mengganggu Strange yang berakibat portal multiverse terbuka dan menarik penjahat yang pernah melawan Spider-Man dari semesta lain.

Sekali lagi, Doctor Strange melanggar aturan alam dan menggunakan mantra yang asli untuk menghentikan segala ancaman di semestanya saat itu. Kini semua orang melupakan siapa itu Spider-Man, termasuk Doctor Strange.

Cerita dalam Doctor Strange in the Multiverse of Madness akan melanjutkan peristiwa dari Spider-Man: No Way Home.

Nah itu dia Pelayar daftarnya, Pelayar dapat menonton film dan serial tersebut di layanan streaming, seperti Disney+ dan Netflix.

Sementara itu, Doctor Strange 2 bisa ditonton mulai 5 Mei 2022 di bioskop seluruh Indonesia. Selamat menonton!

 

Sumber: Berbagai sumber

Foto: Marvel Studios, Disney, Sony Pictures

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi layar.id.

Baca Juga

Aktor/ Aktris

Jakarta, Layar.id – Bagi Pelayar yang menantikan suguhan dalam negeri bulan ini, Gendut Siapa Takut? bisa menjadi pilihan, rilis hari ini, 22 September 2022....

Film Barat

 Jakarta, Layar.id – Meski memiliki jeda waktu yang cukup panjang, namun pengumuman Warner Bros menyebut akan membuat sekuel film Constantine. Film aksi supernatural rilisan...

Disney+

Layar.id – Drama Korea Big Mouth telah menyangkan episode terakhirnya pada 17 September lalu. Drama ini tayang di Indonesia lewat Disney+ Hotstar sebanyak 16 episode,...

Viu Indonesia

Layar.id – Drama Korea Today’s Webtoon menayangkan episode terakhir pada 17 September 2022 di Viu. Berikut ulasan akhir cerita Today’s Webtoon apakah happy ending...