Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Hiburan

Fun Fact Oscar 2022: Keberagaman di Balik Insiden Pemukulan

fun fact oscar 2022
Will Smith - Ariana DeBose - Troy Kotsur dalam Oscar 2022 (sumber the wrap)

Jakarta, Layar.id – Di balik pembicaraan pemukulan Chris Rock oleh Will Smith, sebetulnya Oscar tahun ini memiliki banyak momen bersejarah. Menurut IndieWire, daftar pemenang Academy Awards ke-94 ini termasuk yang paling “beragam.” 

Tahun lalu, daftar nominasi Oscar adalah salah satu daftar yang paling beragam. Namun para pemenang, terutama di kategori akting, lebih banyak berkulit putih. Kemenangan yang beragam kemudian terlihat dalam Oscar tahun ini.

Dari film-film pemenang Oscar saja, sudah terlihat. Mulai dari “Drive My Car” (Ryusuke Hamaguchi), “King Richard” (Reinaldo Marcus Green), “West Side Story” (Steven Spielberg), hingga “CODA” (Sian Heder). Bahkan momen keberagaman ini sudah muncul dari 8 kategori yang tidak disiarkan kemarin.

Baca juga: Para Aktor Hollywood Beri Dukungan untuk Ukraina di Red Carpet Oscar 2022

FUN FACT OSCAR 2022

Berdasarkan IndieWire, apa saja momen bersejarah dalam Oscar 2022 kemarin? 

The Long Goodbye 2020

The Long Goodbye (sumber European Film Academy)

1. Pemenang Best Live Action Short Film “The Long Goodbye” adalah sebuah film yang dibuat oleh sutradara Inggris India Aneil Karia dan dibintangi aktor Inggris Pakistan Riz Ahmed.

The Queen of Basketball

The Queen of Basketball (sumber imdb)

2. Film yang membawa pulang piala Oscar Best Documentary Short adalah “The Queen of Basketball” karya Ben Proudfoot. Film ini menceritakan kisah wanita pertama dan satu-satunya yang terdaftar dalam NBA. 

Drive My Car Ryusuke Hamaguchi Oscar

Sutradara Drive My Car Ryusuke Hamaguchi di Oscar 2022 (sumber indie Wire)

3. “Drive My Car” adalah film Jepang kedua yang memenangkan Best International Film. Film Jepang pertama yang membuat sejarah ini pada tahun 2009 adalah Departures karya Yojiro Takita.

Dari segi nominasi Oscar, film ini juga membuat rekor film jepang pertama yang mendapatkan nominasi Best Picture. Sutradara Hamaguchi Ryusuke juga menjadi sutradara Jepang ketiga yang mendapat nominasi Best Director. Sebelumnya, ada Hiroshi Teshigahara yang membuat sejarah di tahun 1965 dan Akira Kurosawa di tahun 1985. 

Ariana DeBose oscar

Ariana DeBose (sumber CNN)

4. Ariana DeBose adalah aktris yang terang-terangan mengaku Queer pertama yang memenangkan Oscar. Ia juga aktris Latin kedua yang memenangkan Oscar kategori akting

Ariana DeBose memenangkan Oscar lewat penampilannya sebagai Anita di West Side Story (sutradara Steven Spielberg). Sekitar 60 tahun lalu, aktris latina Rita Moreno juga memenangkan Oscar tahun 1961 lewat peran yang sama di West Side Story (sutradara Jerome Robbins and Robert Wise)

Troy Kotsur Oscar

Troy Kotsur (sumber The Guardian)

5. Troy Kotsur membuat rekor sebagai aktor tuli pertama yang memenangkan Oscar untuk akting. Kemenangan ini berjarak 25 tahun dari kemenangan Marlee Matlin sebagai aktris tuli pertama (dan aktor secara keseluruhan) yang membawa pulang patung emas. 

Jane Campion oscar

Jane Campion (sumber public news time)

6. Jane Campion adalah wanita ketiga yang memenangkan Best Director. Kemenangannya juga kemenangan berturut pertama sutradara wanita di kategori ini. Tahun lalu, Chloe Zhao juga menjadi pembicaraan sebagai sutradara wanita kedua dan sutradara kulit berwarna pertama yang memenangkan kategori ini. 

Kemenangan piala Oscar ini memiliki kisah persaingan lama Jane Campion dan Steven Spielberg. Pada tahun 1994, Jane Campion dengan film Piano dan Steven Spielberg dengan karya Schindler’s List pernah bersaing untuk piala Best Director. Saat itu, film Schindler’s List berhasil unggul.

Tahun ini, keduanya kembali bersaing untuk kategori Oscar yang sama. Steven Spielberg membawa filmnya West Side Story dan Jane Campion membawa film 12 nominasi Oscar The Power of the Dog. Hasilnya, Jane Campion berhasil unggul tahun ini. 

Will Smith Best Actor Oscar 2022

Will Smith Best Actor Oscar 2022 (sumber Polygon)

7. Will Smith menjadi pria kulit hitam kelima yang memenangkan Best Actor. Aktor-aktor sebelumnya antara lain Sidney Poitier, Denzel Washington, Jamie Foxx, and Forest Whitaker.

Menurut IndieWire, kemenangan ini layak dirayakan karena masih sedikit kemenangan pelaku seni di dunia perfilman Hollywood. Hanya ada satu aktris kulit hitam yang memenangkan Best Actress (Halle Berry), belum ada wanita kulit hitam yang mendapatkan nominasi Best Director, belum ada tokoh kulit hitam yang memenangkan Best Director, dan seterusnya.

coda oscar

Cast CODA di Oscar (sumber MSNBC News)

8. CODA membawakan kisah keluarga tuli dengan memakai hampir semua aktor tuli memenangkan penghargaan film terbaik Oscar tahun ini. Tidak hanya Troy Kotsur sebagai aktor film ini saja yang membuat sejarah, film ini juga membuat banyak momen penting.

Film karya Sian Heder ini membawa Apple menjadi streamer pertama yang memenangkan Best Picture. CODA juga menjadi film Sudan pertama yang menang di kategori ini. Film ini juga adalah film pertama sejak Grand Hotel (1932) yang memenangkan Best Picture tanpa mendapatkan nominasi di Best Director ataupun Best Editing. 

 

Itulah tadi fun fact Oscar 2022 yang penuh keberagaman. Anda masih tahu momen bersejarah lain dari penghargaan Academy Awards ke-94 ini?

 

Sumber: IndieWire
Foto: berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi layar.id.

Baca Juga

Streaming

Jakarta, Layar.id – Film King Richard yang terinspirasi dari biografi Richard William, yang menampilkan Will Smith, akan tayang di HBO GO pada 9 April...

Film

Jakarta, Layar.id – Insiden Will Smith dalam Oscar yang menampar Chris Rock akibat melemparkan lelucon tentang G.I Jane ternyata berbuntut panjang. Hingga saat ini,...

Film

Jakarta, Layar.id Piala Oscar 2022 yang berlangsung di California, Los Angeles pada Minggu (27/3) waktu setempat, masih hangat dalam ingatan. Salah satu film yang...

Berita Hiburan

Layar.id – Dalam acara penghargaan, seperti Academy Awards, red carpet menjadi tempat pertama untuk melihat para bintang menggunakan pakaian yang cantik dan menawan. Tapi...