Connect with us

Hi, what are you looking for?

Film

Sinopsis Film Concussion, Sisi Gelap American Football

Poster Film Concussion | Netflix

Layar.idAmerican Football sebagai olahraga utama di Amerika sehingga tak asing banyak industri hiburan yang membuat Film ataupun video dokumenter. Namun pada kali ini tema pembahasaan yang terdapat dalam film Concussion sangatlah berbeda dengan film lainnya.

Film yang tersiar pada tahun 2015 ini mengisahkan bagaimana seorang dokter mengungkap sisi gelap dari resiko olahraga tersebut. Selain itu bagaimana perjuangannya dalam mengatasi segala tekanan yang menimpa ia dan orang sekitarnya.

Oleh karena itu mari kita simak sinopsis dan pemeran tokoh sebagai berikut.

Sinopsis Film bertemakan American Football

Awal cerita bermula dengan kejadian bunuh diri oleh Mike Webster seorang mantan atlet American Football di dalam truk miliknya. Salah satu sahabatnya, Justin Strzelczyk mengungkapkan kejadian aneh pada diri Mike sebelum meninggal.

Ia menuturkan Mike seringkali mengalami hilang ingatan dan emosional kepada orang sekitarnya. Jasadnya pun langsung terbawa menuju rumah sakit umum terdekat yang kebetulan tempat Dr. Bennet Omalu yang diperankan oleh Will Smith.

Ia merupakan seorang ahli patologi forensik dari kantor koroner Allegheny County dan bertanggung jawab untuk menangani otopsi jasad Webster. Awal mula ia tidak menemukan keanehan dalam diri Mike hingga ia menemukan sebuah neurotrauma yang parah dalam otak.

Ia pun sempat berpikir cukup lama untuk menemukan penyebab unik tersebut yang jarang terjadi pada masyarakat Amerika. Bennet pun akhirnya menemukan permasalahannya yakni benturan kepala yang terus terjadi dalam permainan American Football.

Hal ini berlangsung cukup lama bila melihat rekam jejak sang pemain dari usia anak-anak hingga dewasa. Gejala ini ia menamainya dengan nama ensefalopati traumatis kronis (CTE).

Tragedi berdarah ini pun terus berlanjut bagi para mantan pemain lainnya sehingga mendorong Dr. Bennet berusaha berbicara dengan pihak NFL. Namun sayang hal tersebut selalu menemui jalan buntu meski ia terbantu oleh beberapa mantan dokter tim Steelers.

Tokoh tersebut adalah Julian Bailes yang mengaku malu kala itu untuk menyuruh para pemain terus berlaga. Kedua tokoh tersebut seringkali menerima kendala dan ancaman dari berbagai pihak yang ingin menjatuhkan kredibilitasnya.

Titik balik pun tercipta ketika hasil penelitian mereka terhadap beberapa pemain Football ia paparkan dalam surat kabar New York Times. Mereka berdua pun mendapatkan kesempatan untuk menguak penelitiannya dalam konferensi terbuka NFL.

Adapun para pemain yang terlibat dalam tokoh tersebut adalah sebagai berikut.

1. Will Smith sebagai Dr. Bennet Omalu,

2. Alec Baldwin sebagai Dr. Julian Bailes,

3. Albert Brooks sebagai Dr. Cyril Wecht,

4. David Morse sebagai Mike Webster.

Baca juga: Sinopsis Film Moneyball dan Keunggulannya

Kalian bisa menyaksikan film tersebut pada beberapa platform video seperti Netflix ataupun Youtobe. Selain itu sekilas film tersebut yang tertera di bawah ini.

 

Sumber: Netflix, Youtobe

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi layar.id.
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Aktor/ Aktris

Layar.id – Ajang penghargaan tertinggi di dunia perfilman, Piala Oscar, selalu menjadi sorotan para pecinta film setiap tahunnya. Salah satu kategori yang selalu ditunggu...

Apple TV+

Jakarta, Layar.id – Setelah insiden Will Smith dan Chris Rock di Oscar, banyak yang mempertanyakan bagaimana nasib proyek film Smith yang berjalan. Kini, sebuah...

Streaming

Jakarta, Layar.id – Film King Richard yang terinspirasi dari biografi Richard William, yang menampilkan Will Smith, akan tayang di HBO GO pada 9 April...

Film

Jakarta, Layar.id – Insiden Will Smith dalam Oscar yang menampar Chris Rock akibat melemparkan lelucon tentang G.I Jane ternyata berbuntut panjang. Hingga saat ini,...