Connect with us

Hi, what are you looking for?

Sinetron

5 Sinetron dengan Periode Tayang Terpanjang di Dunia

Last updated on 12 Oktober, 2021

Layar.id – Sinetron atau sinema elektronik adalah drama yang dibuat dalam beberapa episode yang menceritakan tema kehidupan sehari-hari.

Biasanya diakhir setiap episode penonton dibuat bertanya-tanya dan membuat penonton menunggu episode selanjutnya.

Di Indonesia tayangan sinetron sangat digemari, bahkan hampir semua stasiun TV di dalam negeri memiliki serial masing-masing.

Di luar negeri format acara yang sama dikenal dengan nama Soap Opera. Tak kalah dari Indonesia, sinetron juga digemari dan ada banyak yang sudah tayang puluhan tahun lamanya.

Telenovela yang formatnya berupa serial melodrama pendek namun penyampaian cerita dan tema yang sama dengan sinetron, membuatnya masuk dalam kategori ini.

Pembedanya, telenovela yang digemari di Amerika Latin biasanya dibuat dalam format lebih pendek dengan satu jalan cerita utama yang berakhir setelah 1-2 tahun penayangan.

Dari sekian banyak sinetron di dunia, berikut sinetron yang paling lama dan paling banyak episodenya:

1. Coronation Street

coronation st

sumber:itv.com

Coronation Street adalah sinetron Inggris yang berlatar Jalan Coronation di kota fiksi Salford.

Di musim awalnya, sinetron ini mendapat pengaruh dari lahirnya “kitchen sink realism” – sebuah gerakan budaya dalam film, novel, seni dan televisi Inggris dimana protagonis digambarkan sebagai anak muda “pemarah” yang kecewa dengan masyarakat moderen – awal tahun 60-an.

Mengisahkan kehidupan bersahaja warga Jalan Coronation dengan karakter kuat yang dibalut dengan humor ringan.

Pada 7 Februari 2020 Sinetron ini tayang sebanyak 10.000 dan merayakan 60 tahun masa tayang dihitung sejak episode pertama pada 9 Desember 1960.

Coronation Street ini masih berlanjut hingga sekarang dan telah menayangkan 10.415 episode (Agustus 2021), mendapatkan rekor Guiness sebagai sinetron terlama di dunia tahun 2010.

2. Guiding Light

Sinetron guiding light

Guiding Light adalah Sinetron radio dan televisi Amerika yang tayang selama 57 tahun di televisi dan 15 tahun di radio.

Selama penayangannya ada banyak plot cerita yang juga disertai dengan jalan cerita yang kompleks.

Sempat menjadi pemegang rekor sinetron terlama di dunia (dalam tahun penayangan), posisinya digeser oleh Coronation St. di tahun 2010.

Sejak tahun 1937 sampai 2009 disiarkan selama 72 musim, Guiding light ditayangkan sebanyak 18.262 episode (radio dan televisi).

Meski di geser dari posisi sinetron terlama, Guiding Light masih menjadi sinetron terpanjang di dunia dengan  15.762 episode dalam 57 musim.

Baca juga: “My Husband In Law” – Thai Drama Paling Dinanti

3. Neighbours

Sinetron neighbours dari australia
Neighbours merupakan sinetron dari Australia yang telah tayang 8.691 episode (Agustus 2021) – dari 18 Maret 1985 hingga sekarang.

Kisahnya tentang kehidupan sehari-hari dan dunia kerja orang-orang yang tinggal di Erinsborough, pinggiran kota fiksi di Melbourne, Victoria.

Penonton dibawa kedalam kehidupan keluarga Ramsay, keluarga Robinson dan keluarga Clarke yang tinggal berdekatan dalam sebuah jalan kecil.

Diawal penayangannya Neighbours sempat dihentikan karena performanya dinilai buruk oleh stasiun Seven Network.

Stasiun Ten membelinya dan melanjutkan jalan ceritanya hingga saat ini, menjadikannya serial drama terlama di Australia yang masih dalam proses produksi.

4. Gute Zeiten, Schlechte Zeiten (Good Times, Bad Times)

sinetroGute Zeiten, Schlechte Zeiten

sumber: RTL.de / Bernd Jaworek

Seperti namanya ini merupakan serial TV dari Jerman. Gute Zeiten, schlechte Zeiten sudah tayang lebih dari 2 dekade sejak 11 Mei 1992.

Jumlah episode dari serial ini mencapai angka 7.300 (Juli 2021) dan masih tayang hingga saat ini.

Menceritakan kehidupan masyarakat di lingkungan fiksi sekitar ibukota Berlin. Menghadapi permasalahan hidup, tumbuh dewasa, dan pencarian jati diri menjadi fokus ceritanya.

Pencarian akan cinta dan arti hidup yang ditambah dengan segala problema dalam sakolah, pekerjaan, pertemanan dan keluarga.

Sepanjang sejarah penayangannya, sinetron ini banyak diisi oleh tokoh remaja umur awal 20-an dan menargetkan penonton muda.

Baca juga: Tamat, Go Back Couple jadi Drama Paling Banyak Dibicarakan Netizen

5. Tukang Ojek Pengkolan

poster Tukang Ojek Pengkolan

foto: MNC Pictures

Mengisahkan keseharian tukang ojek di Kampung Rawa Bebek, dengan tokoh utama Rojak (Eza Yayang) atau sering dipanggil Ojak dan istrinya Tati.

Kehidupannya menjadi tukang ojek bersama rekannya Purnomo (Furry Setya Raharja) pria asal Semarang dan Sutisna (Andri Sulistiandri) yang berasal dari Sukabumi.

Ojak berada dalam tekanan karena ibu mertuanya selalu memaksanya untuk lebih memperhatikan istri dengan memberikan nafkah kehidupan yaang lebih layak.

Tayang sejak 25 April 2015, Sinetron Tukang Ojek Pengkolan sudah mencapai 2922 episode (1 Oktober 2021) dan masih terus tayang hingga saat ini.

Membuatnya sinetron produksi MNC Pictures ini menjadi sinetron terpanjang dengan episode terbanyak di dunia perfiliman Indonesia saat ini, menggeser Tukang Bubur Naik Haji.

Baca juga: Simak 8 Daftar Sinetron Laris Yang Diangkat Ke Layar Lebar

Honorable Mention: Tukang Bubur Naik Haji

Sinetron tukang bubur naik haji

Pelayar mungkin hafal benar dengan peran sosok tukang bubur, Bang Sulam. Karena tekun dan rajin menabung, Bang Sulam bisa sampai naik haji.

Ceritanya menggambarkan kehidupan sehari-hari Bang Sulam dan orang-orang disekitarnya.

Awalnya tayang di RCTI, kemudian pindah ke SCTV. Sinetron ini dibuat dalam 2.185 episode yang mulai tayang sejak tahun 2012.

Tukang Bubur Naik Haji berakhir pada 7 Februari 2017.

Sedikit tambahan, Episode terlama di dunia dipegang oleh animasi stop-motion acara televisi anak asal jerman Sandmännchen sebanyak 22,200 episode dan sampai sekarang masih berjalan sejak tahun 1959.

Sinetron dari Amerika General Hospital dengan 14.822 episode dan Days of Our Lives dengan 14.151 episode, punya kesempatan untuk menyalip Guiding Light, karena produksi keduanya masih terus berjalan. (Crs)

 

Baca Juga

Video

Jakarta, Layar.id – Tidak terasa kita sudah mencapai bulan terakhir di tahun 2021. Di bulan yang penuh suasana liburan ini, deretan film bioskop Desember...

Video

Jakarta, Layar.id – Ini sesuatu yang resmi, bahwa Carrie Bradshaw dan gengnya akan mengambil alih New York City di trailer resmi pertama serial HBO...

Film Barat

Last updated on 1 Desember, 2021Jakarta, Layar.id – Channing Tatum dikonfirmasi akan kembali untuk Magic Mike 3 di HBO Max. Seri ketiga franchise ini...

Film Jepang

Jakarta, Layar.id – Kabar gembira untuk para penggemar Ghibli karena Hayao Miyazaki akan kembali dari masa pensiun untuk satu film baru Studio Ghibli lagi....