Connect with us

Hi, what are you looking for?

Sinetron

8 Sinetron Indonesia Dengan Episode Terpanjang

sinetron terpanjang di indonesia
8 Sinetron Indonesia Dengan Episode Terpanjang

Layar.id – Indonesia memiliki banyak sekali program tayangan sinetron di televisi. Lalu, ada juga beberapa sinetron yang cukup populer di kalangan masyarakat.

Namun, popularitas tersebut bukan hanya dari alur cerita dan pemerannya saja. Ternyata, sinetron Indonesia juga populer karena memiliki episode yang sangat panjang.

Bahkan ada sinetron yang mencapai lebih dari 3.000 episode. Berikut ini sinetron Indonesia yang memiliki episode terpanjang. Yuk simak!

1. Cinta Fitri (2007-2011)

sinetron Cinta Fitri

Sinetron Cinta Fitri (sumber: SCTV)

Cinta Fitri dikenal sebagai salah satu sinetron yang memiliki sejarah episode terpanjang di Indonesia. Sinetron yang diperankan oleh Shireen Sungkar dan Teuku Wisnu ini tayang sejak tahun 2007-2011.

Sinetron Cinta Fitri ini mencapai musik ke-7 dan tercatat telah tayang sebanyak 1.002 episode di stasiun televisi SCTV.

Baca juga: Daftar Sinetron Terpanjang di Dunia

2. Jodoh Wasiat Bapak (2017-2019)

Sinetron Jodoh Wasiat Bapak

Sinetron Jodoh Wasiat Bapak (Sumber: ANTV)

Sinetron yang berjudul Jodoh Wasiat Bapak tayang pertama kali di ANTV pada tahun 2017. Kemudian sinetron ini berakhir tayang di tahun 2019. Total episode Jodoh Wasiat Bapak mencapai 1.042 episode.

Namun, sinetron ini tidak terasa begitu panjang. Sebab tema di setiap episodenya berbeda-beda dan memiliki durasi hanya 30 menit saja.

3. Ikatan Cinta (2020-sekarang)

Sinetron Ikatan Cinta

Sinetron Ikatan Cinta (Sumber: RCTI)

Sinetron yang sedang populer saat ini adalah Ikatan Cinta. Sinetron ini disaksikan di stasiun televisi RCTI dan masih tayang hingga saat ini.

Ikatan Cinta Pertama kali tayang di akhir tahun 2020, saat ini tercatat sinetron Ikatan Cinta mencapai 1.102 episode.

Belum ada tanda-tanda yang menunjukkan akan berakhirnya sinetron ini. Meski diketahui seringkali aktris Amanda Manopo memutuskan untuk mundur dari peran utamanya sebagai Andin.

4. Bajaj Bajuri (2002-2005)

Sinetron Bajaj Bajuri tayang di Trans TV sejak akhir tahun 2002 dan berakhir di tahun 2005. Sinetron ini tercatat memiliki total 1.291 episode yang sudah tayang.

Sepertinya tidak banyak yang mengetahui sinetron ikonik Bajaj Bajuri ini. Sinetron ini di perankan oleh Mat Solar, Rieke Dyah Pitaloka, Nani Widjaja, dan Fanny Fadillah.

5. Anak Langit (2017-2020)

sinetron anak langit

Sinetron Anak Langit (sumber: Vidio)

Sinetron Anak Langit di produksi oleh SinemArt pada tahun 2017. Sinetron ini diperankan oleh Stefan William, Natasha Wilona, Marcella Daryanani, dan Hana Saraswati.

Ternyata sinetron yang tayang di RCTI ini telah mencapai 1.560 episode. Akhirnya sinetron Anak Langit berhenti tayang karena pandemi Covid-19 melanda Indonesia.

6. Tukang Bubur Naik Haji The Series (2012-2017)

sinetron tukang bubur naik haji

Sinetron Tukang Bubur Naik Haji (sumber: RCTI+)

Siapa yang tidak tahu sinetron teranyar Tukang Bubur Naik Haji The Series ini? Sinetron ini tayang di stasiun televisi RCTI sejak tahun 2012.

Sinetron ini sering kali menggonta-ganti pemeran utamanya. Sampai akhirnya di tahun 2017 sinetron ini berakhir tayang dan mencapai 2.185 episode.

7. Dunia Terbalik (2017-2023)

sinetron dunia terbalik

Sinetron Dunia Terbalik (site: RCTI+)

Dunia Terbalik adalah sinetron Indonesia yang tayang di stasiun televisi RCTI. Sinetron ini tayang sejak tahun 2017 dengan genre utama komedi.

Ternyata sinetron Dunia Terbalik berakhir tayang pada Januari 2023 lalu. Kemudian sinetron ini berhasil mencatat jumlah 2.916 episode yang di bagi dua musim.

8. Tukang Ojek Pengkolan (2015-2023)

Tukang Ojek Pengkolan sinetron terpanjang di indonesia

Sinetron Tukang Ojek Pengkolan foto: MNC Pictures

Masih dengan sinetron komedi yang tayang di RCTI. Sinetron Tukang Ojek Pengkolan ini memiliki episode lebih banyak dari sinetron lain.

Sinetron ini mengisahkan tentang dinamika kehidupan Tukang Ojek Pengkolan. Perlu diketahui sinetron ini berakhir pada 19 Maret 2023, dan mencatat rekor sebagai sinetron dengan episode terbanyak di Indonesia dengan total 3.522 episode.

 

Sumber dan Foto: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi layar.id.
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Sinetron

Layar.id – Bagi Pelayar yang hobi menonton sinetron, pasti sudah tidak asing lagi dengan sinetron hit, Ikatan Cinta. Menampilkan Arya Saloka dan Amanda Manopo,...

Sinetron

Jakarta, Layar.id – Dunia hiburan khususnya televisi semakin ramai dengan adanya berbagai sinetron yang bermunculan. Kisahnya menarik dan premis yang semakin berbeda dan unik....

Sinetron

Ini mungkin salah satu alasan yang membuat sinetron TOP terus tetap bertahan di RCTI. Memasuki episode seribunya di bulan Januari 2018, sinetron TOP ini...

Sinetron

Terakhir diperbarui 30 Oktober, 2021 Jakarta, Layar.id – Nampaknya sinetron Tukang Ojek Pengkolan (TOP) bakal terus bertahan di RCTI. Hal ini terlihat masih terus...