Connect with us

Hi, what are you looking for?

Film

“White Building” Wakili Kamboja untuk Academy Awards 2022

White Building - Samnang and his friends

Last updated on 16 September, 2021

Jakarta, Layar.id – Debut fetaure Kavich Neang, White Building telah dipilih untuk mewakili Kamboja dalam kategori film fitur internasional terbaik untuk Academy Awards 2022.

Melansir dari Screen, trailer pertama untuk film bergenre drama ini kabarnya akan tayang perdana di untaian Horizons di Festival Film Venesia tahun ini.

PLOT CERITA

White Building mengikuti kisah Samnang, pemuda yang berusia 20 tahun dan kelompok teman-temannya di sebuah blok perumahan petak terkenal di ibukota Kamboja, Phnom Penh, yang disebut White Building.

Di kota yang berubah dengan cepat ini, ketiga anak laki-laki berlatih menari dengan memimpikan kontes bakat televisi. Sementara orang tua mereka menjalani kehidupan yang lebih tradisional. Namun mereka semua hidup dalam harmoni yang indah.

White Building - Samnang and his father

White Building – Samnang dan ayahnya

Namun rumah mereka dan tetangga harus menghadapi pembongkaran dan dihancurkan. Keluarga-keluarga yang tinggal di blok itu dilanda realitas brutal gentrifikasi di Kamboja yang lebih modern.

Samnang melihat ayahnya tidak berhasil menyatukan tetangganya yang terpecah di sekitar tawaran kompensasi pemerintah bagi penduduk untuk pindah.

Ia juga harus menghadapi kepergian sahabatnya ke Eropa. Sam mengerti bahwa lingkungan stabil yang selalu dia sebut rumah sekarang berada di tanah yang goyah.

Baca juga : HIVE Terpilih Sebagai Entri Internasional untuk OSCAR 2022

BERSINAR

Film ini diproduksi oleh Anti-Archive, Apsara Films, Xstream Pictures, dan Kongchak Pictures. Sementara promosi dan penjualan ditangani oleh Les Films du Losange.

Debut Kamboja ini terpilih menjadi film yang akan maju untuk mengikuti ajang Academy Awards 2022, yang akan berlangsung pada 27 Maret 2022.

Sebagai informasi, debut internasional terbaik tahun 2021, diraih oleh film Another Round, karya Thomas Vinterberg.

Rilisan cuplikan video debut sutradara film pendek Kavich Neang, White Building ini tampak menyenangkan untuk jenis drama dewasa. Bahkan White Building sudah dijadwalkan untuk diputar perdana di Festival Film Venesia tahun ini.

Sinema Kamboja sedang berada di momen bersinar tahun ini. Khususnya di Venesia ada banyak film Kamboja lainnya yang menarik perhatian kritikus film. Di antaranya ada fitur sci-fi Karmalink, yang membuka Critics’ Week.

PEMERAN

Film drama ini dibintangi oleh Piseth Chhun, Sithan Hout, Sokha Uk, Chinnaro Soem, Sovann Tho, Jany Min, Chandalin Y. Skenario ditulis oleh Kavich Neang kolaborasi dengan Daniel Mattes.

Sebagai produsernya adalah Anti-Archive (Davy Chou), Apsara Films (Marine Arrighi de Casanova), Xstream Pictures (Jia Zhang-ke), Kongchak Pictures (Loy Te), Rotha Moeng, Brandon Hashimoto.

White Building - Samnang and his friends

White Building – Samnang and his friends

Baca juga : Pencipta ‘Unorthodox’ Anna Winger Buat Kontrak Dengan Netflix

Neang menceritakan bahwa Phnom Penh tampaknya berubah setiap hari, tetapi ingatan akan peristiwa pengusiran keluarganya dari White Building di tahun 2017 akan tetap ada.

Sebuah blok apartemen bersejarah, membuka jalan bagi perkembangan kasino baru. Seperti generasi orang tua Neang, yang menderita melalui masa lalu Kamboja yang bermasalah.

Generasi Neang membawa trauma hingga ke masa kini. Orang-orang muda, seperti tokoh protagonis di filmnya, Samnang, memimpikan sesuatu yang lebih baik di Kamboja yang baru.

Namun keputusan yang lebih besar masih di luar kendali mereka, dan orang tua seperti Samnang tetap dengan keras kepala terikat pada tradisi.

Film ini membuat Neang berimajinasi lagi. Ia terbangun dari tidur panjang. Mengingat masa lalu tetapi memetakan masa depannya sendiri. (Eli/Eve)

 

Sumber dan foto : dari berbagai sumber

Baca Juga

Film

Last updated on 20 September, 2021Jakarta, Layar.id – Layanan nonton film streaming online sudah banyak bermunculan saat ini. Salah satunya adalah platform Netflix. Selain...

Film

Last updated on 16 September, 2021Jakarta, Layar.id – Pada hari yang sama dengan rilis teater, film terbaru dalam franchise horror Halloween Kills akan debut...

Film

Jakarta, Layar.id – Hive adalah menjadi film fitur debut dari penulis-sutradara Blerta Basholli yang memenangkan tiga penghargaan di Festival Film Sundance tahun ini. Blerta...

Film

Jakarta, Layar.id  – Hingga saat ini, PPKM masih diberlakukan di berbagai wilayah di Indonesia. Jadi bioskop masih belum dibuka hingga batas waktu yang tidak...