Connect with us

Hi, what are you looking for?

Film

Film To All The Boys I’ve Loved Before Bikin Baper! 

TO ALL THE BOYS I’VE LOVED BEFORE

Last updated on 22 Oktober, 2021

Jakarta, Layar.id – Film ini berhasil menggetarkan hati penonton remaja. Pastinya. Karena film drama komedi “To All The Boys I’ve Loved Before” ini sangat romantis.

Film “To All the Boys I’ve Loved Before “ adalah film pertama dari sebuah novel trilogi.

Novel karya Jenny Han tentang “To All the Boys I’ve Loved Before,” yang ceritanya berpusat pada seorang wanita bernama Lara Jean Cofey.

trilogi novel to all the boy's i've loved before

Karya novel Lara lainnya adalah “P.S. I Still Love You” (2015) dan “Always and Forever Lara Jean” (2017).

Kisah dari novel “To All the Boys I’ve Loved Before” terinspirasi dari sang penulis, Jenny Han, yang suka menulis surat panjang lebar kepada pria yang disukainya.

“To All the Boys I’ve Loved Before” juga menjadi buku pertama Han yang diangkat ke layar lebar.  Disutradarai oleh Susan Johnson, dengan produser Will Smith, Brian Robbins, dan James Lassiter.

Sejak ditayangkan perdana pada 17 Agustus 2018 di Netflix, film ini pun sukses menyita banyak perhatian, khususnya para remaja.

Tentu saja karena tema film ini tentang kehidupan seorang remaja yang selalu menulis surat untuk laki-laki yang pernah disukai.

Pemeran utama dalam film ini adalah Lana Condor sebagai Lara jean. Ia adalah aktris yang juga pernah membintangi “X-Men,” (2016) dan “Alita: Battle Angel” (2018).

Durasi tayang film ini adalah 99 menit.

Sinopsis To All the Boys I’ve Loved Before

Lara Jean dan Josh

Lara Jean adalah seorang siswi junior SMU yang menulis surat untuk semua pria yang pernah disukainya.

Hal ini dilakukan karena dirinya terlalu malu untuk menghampiri laki-laki yang disukainya.

Selain malu, juga karena salah satu laki-laki yang disukainya itu adalah mantan pacar kakaknya, Josh.

Ada juga surat yang dibuat untuk anak laki-laki paling populer di sekolah, Peter.

Ada total 5 surat cinta yang ditulis, semuanya disimpan rapi di kamar Lara,

Namun, tanpa sepengetahuannya, secara misterius surat-surat itu dikirim ke penerimanya dan kekacauan pun terjadi.

PARA PEMERAN

Peran utama film ini adalah Lara Jean yang diperankan aktris Lana Condor.

Sementara John Corbett berperan sebagai ayah Lara, Dr. Dan Covey. Ia adalah, tipe ayah yang tanpa sungkan memberikan alat kontrasepsi untuk putrinya.

Aktor Israel Broussard berperan sebagai Josh salah satu laki-laki yang disukai Lara Jean.

Kemudian aktor Noah Centineo memerankan Peter, adalah laki-laki kedua yang juga disukai oleh Jean.

Anna Cathcart berperan sebagai Kitty Covey yaitu adik perempuan Lara yang kepo dan super cerewet.

Baca juga: Cinta Segitiga Di Sekuel “To All The Boys: P.S. I Still Love You”

Ulasan To All The Boys I’ve Loved Before

Seperti yang tersaji dalam trailer, film ini menunjukkan sebuah genre komedi romantis yang ringan, cerdas dan lucu.

Dalam trailer itu tampak bahwa Josh mengetahui tentang “perasaan” Lara padanya.

Lara meyakinkan Peter untuk berpura-pura berpacaran dengannya. Sehingga dia pun bisa menyelamatkan muka dan menghindari ‘perang nuklir’ dengan kakaknya.

Namun pada akhirnya Peter dan Lara akan saling suka satu sama lain.

Film ini memberikan suguhan yang fresh, menghibur, dan diperankan dengan baik.

Anna Cathcart yang pernah membintangi “The Descendants” tampil menonjol dengan humornya di awal film. Ia adalah adik perempuan Lara yang kepo dan cerewet.

Secara keseluruhan, film ini memang lucu, dan memiliki alur cerita yang beragam jika dibandingkan dengan kebanyakan film-film remaja.

Pada pertengahan kredit diselipkan satu adegan John Ambrose McClaren, penerima surat kelima yang membawakan bunga dan menunggu didepan pintu rumah Lara.

LITERATUR YANG BERAGAM

Dalam wawancara Jenny Han dengan RonReads, ia mengatakan bagaimana pekerjaannya secara alami cocok dengan Netflix. Mengingat komitmennya sendiri untuk menampilkan keberagaman dalam karya tulisnya..

Ia ingin bukunya terlihat seperti dunia nyata, dan dunia nyata dihuni oleh semua jenis orang. Ia merasa keberagaman dalam literatur young adult itu sungguh penting.

Awalnya tidak ada rencana untuk mengadaptasi dua buku lainnya dalam seri TATB.

Pada bulan Desember 2018 Netflix mengumumkan sekuel, yang rilis pada 12 Februari 2020 dengan judul “To All the Boys: P.S. I Still Love You.”

Sekuel ketiga untuk melengkapi trilogi, berjudul “To All the Boys: Always and Forever” yang berdasarkan novel “Always and Forever Lara Jean”

Baca juga: Film Ketiga “To All the Boys: Always and Forever” Sudah Siap

PESAN MORAL

Karena film ini sangat dekat dengan kehidupan remaja. Tentu saja ada beberapa pesan moral yang bisa diambil dari film ini.

Menyukai seseorang adalah hal yang wajar. Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba lebih percaya diri berbicara dengan seseorang yang disukai. Karena, mengutarakan perasaan secara langsung itu lebih baik daripada memendamnya.

Belajar untuk ikhlas, ketika orang yang disukai lebih memilih orang lain, bahkan itu kakak atau adik sekalipun. Seperti Lara Jean yang mengikhlaskan laki-laki sekaligus sahabatnya, yaitu Josh Sanderson berpacaran dengan kakaknya Margot. Lara pun tak ingin merusak hubungan mereka.

Menjaga hubungan dekat dengan keluarga terutama orangtua, kakak, dan adik adalah hal yang utama. Lara memberikan contoh buat semua penontonnya. Ia memiliki kedekatan yang baik dengan kakak,adik, dan ayahnya dalam melewati masa-masa sulit.

Orang yang disukai Lara adalah laki-laki yang pernah memiliki pacar di masa lalunya. Namun Lara, tetap tenang ketika menghadapi mantan pacar dari pacarnya. Lara tidak cemburu buta. Ia justru bisa mengendalikan dirinya.

Baca juga: Netflix Beri Lampu Hijau Spin-Off To All The Boys: XO, Kitty

FAKTA MENARIK

Sebelum dipegang oleh rumah studio Overbrook Entertainment dan Awesomeness Films, ternyata banyak studio yang tertarik untuk mengangkat buku karangan Han ini menjadi sebuah film.

Namun, Han sang penulis mempunya tekad agar karakter utama dalam filmnya diperankan orang keturunan Asia. Akhirnya hanya satu studio yang menyanggupi syarat itu.

Ternyata, pada Maret 2018, Netflix membeli hak film “To All the Boys I’ve Loved Before.”

Satu hal lagi yang perlu diketahui adalah surat-surat yang dikirim kepada orang yang disukai Lana adalah tulisan tangan. Jadi, yang ada di dalam film ini pun asli tulisan tangan Lana Condor.

Poster TO ALL THE BOYS I’VE LOVED BEFORE

Overlook, perusahaan produksi milik Will Smith, langsung membeli hak film atas novel ini beberapa pekan setelah dirilis pada tahun 2014.

Novel “To All the Boys I’ve Loved Before” pernah masuk ke dalam daftar New York Times Best Seller.

Rumah produksi Overlook juga bekerja sama dengan Netflix dalam membuat sebuah drama fantasy crime “Bright.”

Kemudian melibatkan Han yang merupakan penulis terkenal sekaligus otak di balik serial popular “The Summer I Turned Pretty.”

Bagi yang menyukai film drama komedi romantis, film ini sangat layak ditonton.

Apalagi  adegan-adegan penting yang ada di dalam novel tidak dihilangkan. Pasti bakalan seru.

adi, nonton yuk!

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi layar.id.

Baca Juga

Berita Hiburan

Jakarta, Layar.id – Netflix bakal merilis lebih dari 20 judul drama dan film Korea original di tahun 2022 ini. Termasuk serial yang sangat dinanti...

Film Asia

Jakarta, Layar.id – Lebih dari 10 tahun sejak terakhir kali kita melihat mereka sebagai Nam dan Shone di Crazy Little Thing Called Love  yang...

Drama Korea

Last updated on 18 Januari, 2022 Jakarta, Layar.id – Netflix sedang bersiap meluncurkan kisah zombie yang telah banyak dinanti para penggemar serial Korea. Ya!...

Film Indonesia

Last updated on 18 Januari, 2022 Jakarta, Layar.id – Nama Jeihan Angga menjadi perbincangan publik setelah karya perdananya, Mekkah I’m Coming memborong 5 Piala...