Connect with us

Film

Permintaan Peta Cina Dihapus dari Film “Abominable” Menggema

(from left) Yi (Chloe Bennet), Peng (Albert Tsai) and Everest in DreamWorks Animation and Pearl Studio’s "Abominable," written and directed by Jill Culton.

Layar.id –  Badan Sensor film Malaysia diketahui mengeluarkan perintah atas penghapusan adegan yang menampilkan peta Cina di film Abominable.

Animasi persahabatan manusia dan Yeti ini ditentang, lantaran menampilkan peta yang masih tumpang tindih pada jalur laut Cina Selatan.

Ini merupakan aksi lanjutan dari Vietnam yang sudah terlebih dahulu menghentikan penayangan film sejak Senin (14/10). Juga Filipina yang menyerukan pemotongan adegan dan boikot film Abominable.

Baca: Jennifer Aniston Jelaskan Serial “Friends” Tak Akan Jadi Film

Adegan Peta China di film Abominable

PETA CHINA

Animasi Abominable yang digarap di bawah spanduk Dreamworks ini tengah jadi perbincangan hangat di kalangan pejabat pemerintahan. Menceritakan tentang perjalanan Yeti menuju Gunung Everest, film ini banyak menampilkan lanskap Cina yang indah dan memanjakan mata.

Sayangnya, ada satu adegan yang ditentang karena menampilkan peta Cina. Garis berbentuk U digunakan di peta Cina untuk mengilustrasikan klaim teritorial terhadap wilayah luas Laut China Selatan.

Film menampilkan klaim atas 80% teritori yang kaya sumber daya alam tersebut. Garis itu bahkan termasuk wilayah-wilayah yang diakui negara lain.

Peta Laut China Selatan

Baca: “Senior”, Film Adaptasi Novel yang Dibintangi Jerome Kurnia

Hal tersebut membuahkan respon penghentian penayangan film di Vietnam sejak hari Senin, 14 Oktober 2019 lalu. Aksi ini kemudian menular ke Filipina, dengan kuatnya seruan pemotongan adegan dan boikot film.

Sebagaimana diketahui, empat negara di Asia Tenggara, yakni Vietnam, Filipina, Malaysia dan Brunei Darussalam, menentang klaim Cina atas Laut China Selatan.

Baca: “Earthquake Bird” – Film Barat-Asia Dibintangi Alicia Vikander

Poster Abominable diturunkan

MALAYSIA

Negara tetangga, Malaysia, juga mengambil tindakan serupa. Badan Sensor Film Malaysia mengatakan pada Kamis (17/10), pihaknya memberi izin penayangan film di bioskop tanpa adegan yang menggambarkan peta tersebut.

“Film animasi Abominable sudah diizinkan untuk ditayangkan di Malaysia dengan syarat peta kontroversial itu dihapus dari film,” kata Mohamad Zamberi Abdul Aziz.

Animasi Abominable yang disuarakan oleh Chloe Bennet dan Tenzing Norgay ini telah ditayangkan di Tanah Air sejak 4 Oktober 2019 lalu. Sedangkan pemutarannya di bioskop Malaysia akan dibuka pada 7 November 2019 mendatang.

Sumber: berbagai sumber
Foto: berbagai sumber

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

Aktor Godfrey Gao Meninggal Dunia Saat Jalani Syuting Aktor Godfrey Gao Meninggal Dunia Saat Jalani Syuting

Aktor Godfrey Gao Meninggal Dunia Saat Jalani Syuting

Berita Hiburan

Tanta Ginting Bersikap Menyebalkan, Ia Dijuluki ‘Diva’

Film

Jadwal Rilis “Kong vs Godzilla” Mundur. Ada Apa? Jadwal Rilis “Kong vs Godzilla” Mundur. Ada Apa?

Jadwal Rilis “Godzilla vs. Kong” Mundur. Ada Apa?

Film

Ramainya Nobar Film “Sang Prawira”

Film

Advertisement
Connect
Newsletter Signup