Connect with us

Film

Perdebatan Film The Santri, Film Baru Livi Zheng

Layar.id – Saat ini ada topik pembicaraan yang hangat diperbincangkan di dunia perfilman Indonesia. Adalah film The Santri yang menuai perdebatan. The Santri yang baru saja melepas trailer-nya menuai perdebatan karena dianggap tidak sesuai dengan makna santri itu sendiri.

Baca juga: Danur 3 Makin Horror ???

KONTROVERSI

Film The Santri sebenarnya masih merilis trailer film yang saat ini menyebar ke media sosial, tetapi penolakan sudah dituai film ini. Para pemain inti film The Santri adalah Emil Dardak, Muhammad Ulul Azmi, Veve Zulfikar, Wirda Mansur yang menjadi ikon kesantrian kalangan Nahdliyyin dan ikon pemuda Islam milenial. Terlepas pendapat pro dan kontra ketika film The Santri rilis, jauh sebelum itu Livi sudah menjadi isu kontroversi media sosial yang mempertanyakan prestasinya dalam bidang penyutradaraan film di Hollywood.

Film The Santri dianggap melanggar syariah dan sama sekali tidak mencerminkan khas santri yang sejati. Konsep pesantren dan santri yang dimunculkan dalam trailer film bagi mereka (yang menolak) merupakan realitas yang keliru, mereka mengkritik adanya adegan santri yang berpacaran dan berkumpulnya santri putra dan putri dalam satu majelis ilmu. Bagi mereka sama sekali tidak menampilkan wajah pesantren yang sesungguhnya.

Setidaknya ada dua hal besar yang bisa digaris bawahi dalam perdebatan ini. Pertama, terletak pada penggambaran pergaulan para santri di pondok pesantren. Dalam trailer resminya, terlihat cuplikan adegan santri perempuan dan santri laki-laki bisa berjalan bersama tanpa ada pemisahan. Terlihat pula Azmi Askandar dan Wirda Mansur saling mencuri pandang dan tersenyum penuh makna. Kemudian ada juga adegan Azmi tengah menemani Wirda Mansur yang sedang naik kuda, lalu memberi sebuah buku.

Kontroversi kedua terletak pada adegan pemberian tumpeng oleh dua orang santri putri kepada para pastur di sebuah gereja. Dalam adegan tersebut Wirda Mansur menyerahkan tumpeng sembari mengatakan ini adalah tanda cinta. Dua hal tersebut menuai kontroversi dari beberapa kalangan di Indonesia.

Baca juga: Daftar Film Indonesia yang Lolos Komite Oscar 2020

 

Sumber: berbagai sumber
Foto : berbagai sumber

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

“Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini” Rilis Cuplikan Kedua

Film

Lihat Akting Anya Gerardine di Film “Rembulan Tenggelam di Wajahmu”

Film

“Roh Mati Paksa” – Cinta Remaja Berujung Bencana “Roh Mati Paksa” – Cinta Remaja Berujung Bencana

“Roh Mati Paksa” – Cinta Remaja Berujung Bencana

Film

Film “Makmum” Raih Rekor Muri, Sekuel Menanti

Film

Advertisement
Connect
Newsletter Signup