Connect with us

Hi, what are you looking for?

Film

Oscar 2021: Nomadland dan Netflix Paling Banyak Menang

NOMADLAND DAN NEFLIX MENJADI FILM DAN STUDIO DENGAN PIALA OSCAR PALING BANYAK DALAM PERHELATAN TAHUN INI.

Jakarta, Layar.id – Acara penghargaan paling bergengsi 93rd Academy Awards atau dikenal juga sebagai Oscar sudah berlangsung pada Senin (26/4) pagi. Nomadland mencetak prestasi sebagai film yang paling banyak mengangkat piala Oscar, yaitu sebanyak 3 piala. Kemudian diikuti oleh 6 film lain yang mendapatkan dua piala, antara lain The Father, Judas And The Black Messiah, Mank, Ma Rainey’s Black Bottom, Soul, dan Sound Of Metal.

Sebelumnya, Mank adalah film dengan nominasi paling banyak, yaitu sebanyak 10 buah. Nomadland berada di bawahnya dengan 6 nominasi, setara dengan Minari, Sound of Metal, The Father, Judas and the Black Messiah, dan The Trial of Chicago 7. Sayangnya, The Trial of Chicago 7 tidak berhasil memegang piala dalam acara tahun ini.

Nomadland masing-masing memenangkan kategori Best Picture, Best Actress untuk Frances McDormand, dan Best Director untuk Chloe Zhao. Ketiga nominasi lainnya adalah Best Adapted Screenplay, Best Cinematography, dan Best Film Editing. Kemenangan Nomadland tahun ini juga mencatat berbagai momen bersejarah di Piala Oscar.

Baca juga: Film Jepang Kembali Box Office: Detective Conan 3 Hari $ 20 Juta

Chloe Zhao saat Academy Awards

Chloe Zhao menjadi wanita berdarah Tiongkok pertama dan perempuan kulit berwarna pertama yang memenangkan piala Best Director di Academy Awards. Sebelumnya, ia bersama sutradara Emerald Fennell dari Promising Young Woman mencatat pertama kalinya dua wanita sekaligus mendapatkan nominasi Best Director. Nomadland juga adalah film kedua dengan sutradara wanita yang mendapat nominasi Best Picture.

The Father sendiri masing-masing mendapatkan nominasi di kategori Best Actor, Best Adapted Screenplay, Best Picture, Best Supporting Actress, Best Production Design dan Best Film Editing. Film tentang seorang ayah yang pelan-pelan menderita dementia ini membawa kejutan setelah Anthony Hopkins menang atas Chadwick Boseman dari film Ma Rainey’s Black Bottom di kategori Best Actor. Ia juga menulis ulang rekor sebagai pemenang piala Oscar tertua di usia 83 tahun. Piala The Father lain berasal dari kategori Best Adapted Screenplay.

Baca juga: 11 Film Layar Lebar Spider-Man, 3 Aktor 4 Spider-Man

PIALA-PIALA PARA STUDIO PRODUKSI

Bila melihat dari sisi studio, Netflix-lah yang menduduki peringkat teratas. Total 7 piala yang berhasil dikumpulkan oleh film-film yang diproduksi oleh raksasa jasa penanyangan film itu. Searchlight dan Warner Bros. mengekor di belakang dengan selisih tiga piala. Amazon Studios, Disney, dan Sony Pictures Classics juga masing-masing membawa pulang 2 piala Oscar. Namun, bila menggabungkan piala Disney dengan Searchlight (yang juga berada di bawah Disney), maka Disney bisa menyalip di posisi kedua dengan total 5 piala.

Sebelumnya, Netflix terdaftar dalam 36 nominasi Oscar, paling banyak di antara studio lain. Ke-36 nominasi ini tersebar di 22 dari 23 kategori Oscar yang ada. Sepuluh di antaranya berasal dari Mank, film dengan nominasi terbanyak tahun ini. Pada malam penghargaan, film produksi David Fincher ini berhasil memenangkan 2 kategori, Cinematography dan Production Design. Selain itu juga The Trial of the Chicago 7 juga mendapat 6 nominasi, tetapi sayangnya pulang dengan tangan kosong.

Baca juga: Serial TV Hawkeye Telah Menyelesaikan Syutingnya!

Film Ma Rainey’s Black Bottom juga berhasil memenang 2 kategori untuk Best Makeup and Hairstyling dan Costume Design. Selain kedua film ini, karya lain milik Netflix yang memenangkan Oscar antara lain, Two Distant Strangers, If Anything Happen I Love You, dan My Octopus Teacher. Film-film ini masing-masing menang di kategori Best Live-Action Short, Best Animated Short, dan Best Documentary Feature.

Setelah Netflix, Searchlight berhasil membawa pulang 3 piala, semua dari film Nomadland. DisneyPixar mendapatkan dua lagi dengan film Soul. Film animasi tentang pianis ini berhasil memenangkan kategori Best Animated Feature Film dan Best Score. Kemenangan ini menandakan piala Oscar pertama untuk Disney Plus.(Eve/Shf)

 

Sumber dan Foto: Berbagai Sumber

Baca Juga

Drama Korea

Jakarta, Layar.id – Apakah para aktor drama mendatang serial Netflix populer Money Heist remake Korea ini cocok dengan karakter aslinya? Netflix Korea kembali mengonfirmasi...

Film

Jakarta, Layar.id – Netflix membawa kemenangan besar. Film “The Lost Daughter” berhasil mengantongi penghargaan Feature Terbaik dan Skenario Terbaik. Sedangkan kategori Sutradara Terobosan diraih...

Gosip Artis

Jakarta, Layar.id – Popularitas seorang model sekaligus aktris Indonesia makin moncer ketika sosoknya muncul dalam film romantis Netflix bertajuk Tersanjung, ditayangkan 1 April 2021....

Video

Jakarta, Layar.id – Arcane adalah serial animasi Netflix yang dibuat berdasarkan video game Riot Games ‘League of Legends’. Kisahnya mengikuti saudara yatim piatu Vi...