Connect with us

Hi, what are you looking for?

Film

6 Orang Asia Dalam Oscar 2021

Last updated on 19 April, 2022

CHLOE ZHAO DAN YOUN YUH-JUNG ADALAH 2 DARI 6 ORANG ASIA YANG MENDAPAT NOMINASI DALAM OSCAR 2021.

Jakarta, Layar.id – Oscar 2021 disebut sebagai Oscar paling “berwarna” dalam sejarah penghargaan ini. Mulai dari orang-orang berbagai warna kulit yang masuk nominasi hingga jumlah besar wanita yang mendapatkan nominasi.  Tahun ini, ada 6 penggiat film berdarah Asia yang berhak menghadiri 93rd Academy AwardS. Dua di antara mereka, Chloe Zhao dan Youn Yuh Jung, berhasil menang di kategori masing-masing. Berikut adalah daftar para tokoh Asia dalam Oscar 2021.

ENAM TOKOH BERDARAH ASIA DALAM 93rd ACADEMY AWARDS

  1. Chloe Zhao

Chloe Zhao saat Academy Awards

Chloe Zhao tampil sebagai sutradara Nomadland, film yang paling banyak memenangkan Oscar tahun ini. Nomadland mendapat 6 nominasi dan menang di 3 di antaranya. Chloe Zhao membawa pulang piala dari kategori Best Director dan Best Picture. Di kategori Best Director, ia bersama Emerald Fennel adalah dua wanita pertama yang bersamaan masuk dalam kategori tersebut. Chloe Zhao juga adalah orang Asia pertama dan wanita kulit berwarna pertama yang menang di kategori sutradara ini.

Baca juga: 6 Orang Asia Dalam Oscar 2021

  1. Youn Yuh Jung

Youn Yuh Jung

Aktris berusia 73 tahun asal Korea ini kembali meneruskan sejarah sebagai wanita Asia pertama yang menang di kategori akting setelah tahun 1957. Ia juga adalah orang Korea pertama yang menang di kategori ini. Youn Yuh Jung masuk dalam nominasi Oscar bersama film Minari. Ia memegang posisi di nominasi Best Supporting Actress dan berhasil membawa pulang pialanya.

  1. Riz Ahmed

Riz Ahmed

Riz Ahmed mendapat nominasi Best Actor untuk filmnya Sound of Metal. Ia adalah muslim pertama yang mendapatkan nominasi Oscar untuk kategori ini dan muslim keempat yang mendapat nominasi di Oscar secara keseluruhan. Sebelumnya, ia sudah pernah menang Emmy Award untuk kategori Lead Actor dan menjadi muslim serta orang (berdarah) Asia pertama yang menang.

Baca juga: Film Jepang Kembali Box Office: Detective Conan 3 Hari $ 20 Juta

  1. Lee Isaac Chung

Lee Isaac Chung

Lee Isaac Chung bersaing bersama Chloe Zhao dalam kategori Best Director. Karya Minari miliknya juga tercatat dalam 3 nominasi lain selain Best Director, Best Supporting Actress, dan Best Actor. Ketiga kategori lain itu antara lain Best Picture, Best Original Score, dan Best Original Screenplay. Tahun ini, Lee Isaac Chung memegang nominasi Best Director dan Best Original Screenplay di Academy Awards tahun ini di bawah nama pribadinya.

  1. Steven Yeun

Steven Yeun bersama istri

Steven Yeun datang ke Oscar bersama Youn Yuh Jung dan kru Minari lainnya. Sebagai tokoh utama, ia juga bersaing dengan Riz Ahmed di kategori Best Actor. Ia juga termasuk sebagai orang Asia-Amerika pertama yang masuk kategori ini. Meski akhirnya Minari hanya memenangkan Best Supporting Actress, Minari sudah mengulang kesuksesan sesame film Koreanya, Parasite, di Oscar tahun lalu cukup dengan masuk nominasi.

Baca juga: Hilary Duff Menjadi Pemeran Utama dalam Sequel How I Meet Your Mother

  1. Derek Tsang

Derek Tsang

Derek Tsang bergabung dalam deretan nama-nama di nominasi Oscar bersama filmnya, Better Days. Film criminal romance ini mendapatkan nominasi untuk Best International Feature Film. Film ini adalah film ketiga dari Hong Kong yang masuk Oscar. Derek Tsang pun juga menjadi sutradara kelahiran Hong Kong yang mendapatkan kehormatan ini.(Eve/Shf)

 

Sumber dan Foto: Berbagai Sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi layar.id.

Baca Juga

Berita Hiburan

Jakarta, Layar.id – Bagi Anda yang bingung dengan tontonan penghibur di akhir pekan, beberapa rekomendasi dapat jadi pilihan. Namun bukan dari judul, mari melihat...

Film

Jakarta, Layar.id – Insiden Will Smith dalam Oscar yang menampar Chris Rock akibat melemparkan lelucon tentang G.I Jane ternyata berbuntut panjang. Hingga saat ini,...

Drama Korea

Jakarta, Layar.id – Adaptasi televisi Pachinko tayang perdana pada 25 Maret di Apple TV+. Menyambuti penayangan perdananya, para pemeran dan kru berbagi pendapat tentang...

Drama Korea

Last updated on 30 Maret, 2022 Jakarta, Layar.id – Lee Min Hoo kembali ke layar drama lewat drama internasional Apple TV+ Pachinko. Drama ini...