Connect with us

Film

 11 Film Layar Lebar Spider-Man, 3 Aktor 4 Spider-Man

SELAIN 2 FILM BARU SPIDER-MAN, SUDAH ADA 11 FILM SPIDER-MAN YANG DIPUTAR DI LAYAR LEBAR.

Jakarta, Layar.id – Spider-Man adalah karakter pahlawan fiksi karangan komikus legendaris Stan Lee dan ilustrator Steve Ditko. Ia pertama kali muncul dalam komik Marvel Amazing Fantasy no 15 tahun 1962. Dalam komik itu, Peter Parker, anak yatim piatu yang sakit-sakitan, tidak sengaja digigit laba-laba radioaktif. Akibatnya, ia pun mendapat kekuatan super seperti laba-laba dan menjadi pahlawan super berkostum dan bertopeng. Ketenarannya pun terus berkembang dan bertahan hingga saat ini.

Sampai sekarang, pahlawan muda ini sudah banyak muncul dalam berbagai media, mulai dari komik, game, animasi, TV seri, hingga film layar lebar. Dalam waktu dekat, film layar lebar terbarunya akan tayang akhir tahun ini. Film baru berjudul Spider-Man: Now Way Home kembali menampilkan Tom Holland sebagai Peter Parker alias si Spider-Man. Adaptasi lainnya juga sedang dalam produksi, yaitu sequel animasi Spider-Man: Into the Spider-Verse yang menceritakan remaja Afro-Latino Miles Morales sebagai Spider-Man.

Hingga saat ini sudah 11 film layar lebar Spider-Man, termasuk di dalamnya 1 film animasi karya Sony yang menang Oscar. Sisa 10 lainnya adalah film live-action, yang sudah memakai 3 aktor berbeda sebagai pemeran Spider-Man. Mereka adalah Tobey Macguire, Andrew Garfield, dan Tom Holland. Berikut adalah daftar lengkap kesebelas film layar lebar si manusia laba-laba, lengkap dengan sinopsis singkatnya.

Baca juga: Spider-Man: Into the Spider-Verse Sequel Tambah 3 Sutradara

11 FILM LAYAR LEBAR SPIDER-MAN

Inilah judul-judul film bioskop Spider-Man yang sudah tayang hingga saat ini.

  1. Spider-Man (2002)

Film pertama Spider-Man ini menampilkan Tobey Macguire sebagai Peter Parker muda. Ia juga digigit oleh laba-laba radioaktif dan akhirnya mendapat kekuatan super seperti memanjat dinding, mengeluarkan jaring, kekuatan, kecepatan, dan lain-lain. Kemudian dengan kekuatan baru ini, ia memakai topeng dan menangkap penjahat yang membunuh pamannya. Film ini disutradarai oleh Sam Raimi dan menampilkan juga Kristen Dunst sebagai Mary Jane Watson dan Willem Dafoe sebagai antagonisnya.

  1. Spider-Man 2 (2004)

Spider-Man 2 adalah film lanjutan dari Spider-Man (2002) yang menayangkan Tobey Macguire kembali sebagai Spider-Man. Kali ini ia melawan gurunya, Otto Octavius, yang berubah menjadi Doctor Octopus setelah eksperimennya berjalan ke arah yang salah. Situasi Parker makin gawat dengan kekuatannya yang mulai menghilang dan pacarnya, Mary Jane, sedang bertengkar dengannya. Sutradara film ini masih Sam Raimi.

  1. Spider-Man 3 (2007)

Ini adalah film ketiga dan terakhir dengan sutradara Sam Raimi dan aktor Spider-Man Tobey Macguire. Kali ini Spider-Man berhadapan langsung dengan parasite Venom yang menanamkan diri di tubuh teman jurnalisnya Eddie Brock dan orang yang mengambil andil dalam kematian pamannya.

Baca juga: Trailer dan Premiere Resident Evil: Infinite Darkness Diumumkan

  1. The Amazing Spider-Man (2012)

Film The Amazing Spider-Man diproduksi oleh Sony dengan pemeran Spider-Man adalah Andrew Garfield. Emma Stone juga ikut bergabung memainkan pasangan Peter Parker yang bernama Gwen Stacey. Kali ini Peter Parker adalah anak dari ilmuwan yang meneliti cara menumbuhkan kembali lengan yang hilang. Peter menemukan kertas-kertas penelitian itu dan memberikannya ke Curt Conners (diperankan oleh Rhy Ifans), teman ayahnya. Namun data-data ini justru dimanfaatkan untuk penelitian berbahaya lainnya.

  1. The Amazing Spider-Man 2 (2014)

Andrew Garfield melanjutkan perannya lagi sebagai Spider-Man. Ia berhadapan dengan Electro yang diperankan oleh Jamie Fozz. Selain itu, juga ada Harry Osborne, teman Peter Parker yang percaya darah Spider-Man akan menyembuhkan penyakitnya.

Baca juga: Fabien Frankel Bergabung dalam Game of Thrones Prequel

  1. Captain America: Civil War (2016)

Setelah diproduksi Sony, Spider-Man pun dipinjamkan untuk produksi super hero Avengers. Di dalam film ini, Peter Parker (aktor Tom Holland) ditemukan oleh Tony Stark alias Iron Man saat sedang mencari sekutu. Saat itu Captain America dan Tony Stark sedang berdebat tentang kontrol pemerintah atas orang-orang berkekuatan super. Spider-Man pun resmi masuk dalam kelompok Avengers.

  1. Spider-Man: Homecoming (2017)

Setelah pulang dari petualangannya bersama Iron Man, Peter Parker (Tom Holland) aktif membasmi kejahatan di lingkungan sekitar rumahnya. Ia pun bertemu dengan Adrian Toomes (Michael Keaton), si pekerja konstruksi yang  menjual senjata dari Battle of New York di film pertama Avengers.

  1. Avengers: Infinity War (2018)

Dalam pertarungan melawan Thanos, Spider-Man yang diperankan Tom Holland menggunakan kostum baru dari Iron Man yang lebih canggih. Di film ketiganya di MCU, ada deretan pahlawan Avengers lain yang berkumpul lengkap dalam pertarungan besar ini. Ada juga momen paling sedih mengikuti nasib Spider-Man setelah jentikan jari Thanos. Namun ceritanya tidak berakhir di sini.

Baca juga: The Man From Toronto Dijadwalkan Tayang 2022

  1. Spider-Man: Into the Spider-Verse (2018)

Spider-Man: Into the Spider-Verse adalah film animasi, berbeda dengan film live action lain. Film satu ini menceritakan Miles Morales (pengisi suara Shameik Moore), remaja Afro-Latino yang masih sekolah sebagai tokoh utamanya. Ia, sama seperti tokoh Spider-Man lainnya, digigit oleh laba-laba radioaktif dan mendapat kekuatan Spider-Man. Kemudian ia bertemu dengan banyak tokoh Spider-Man lain. Mereka pun bekerja sama melawan tokoh antagonis untuk memulangkan para Spider-Man ke dunia masing-masing.

Film ini adalah film Sony pertama yang menang Oscar dengan kategori Best Animated Featured Film dan Best Animated Feature di 91st Academy Awards. Film ini banyak mengumpulkan Spider-Man dari berbagai versi, mulai dari versi Peter Parker tahun 2002, versi perempuan, versi hitam putih, versi robot, dan lain-lain.

Baca juga: “Avengers: Endgame” Saingi Pendapatan “Avatar”

  1. Avengers: Endgame (2019)

Film MCU ini adalah lanjutan dari Avengers: Infinity War. Di film ini, Spider-Man (masih diperankan oleh Tom Holland) kembali di setengah akhir cerita untuk berkontribusi dalam pertarungan terakhir melawan Thanos. Pahlawan yang masih dalam masa sekolah ini juga disebut-sebut akan menjadi ketua baru tim Avengers.

  1. Spider-Man: Far From Home (2019)

Film pertama setelah Avengers: Endgame ini diawali dengan Peter Parker (Tom Holland) yang masih sedih kehilangan mentornya. Ia juga galau saat diminta Nick Fury (Samuel L. Jackson) menjadi salah satu pemimpin baru Avengers. Ia pun meminta bantuan dengan sosok serupa mentor barunya, Mysterio (Jake Gyllenhaal) yang ternyata memiliki tujuan tersendiri.

Itulah kesebelas film layar Spider-Man yang sudah ditayangkan. Mengikuti 2 film baru lagi yang dijadwalkan akhir tahun nanti dan tahun depan, tidak ada salahnya mengejar semua serinya dulu. Apalagi kedua film baru ini adalah lanjutan dari dua jenis seri sebelumnya juga.(Eve/Shf)

 

Sumber dan Foto: Berbagai Sumber

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

Box Office: Cliff Walkers dan Wrath of Man Peringkat satu

Film

“Where The Crawdads Sing” Dapat Jadwal Rilis

Film

Loki Tayang Lebih Cepat, Marvel Umumkan Jadwal Phase 4

Film

HBO Rilis Foto Resmi Pertama House of the Dragons

Film

Advertisement
Connect
Newsletter Signup