Connect with us

Film

Melihat Franchise Duo Detektif Detective Chinatown

SERI TERBARU DETECTIVE CHINATOWN 3, KEMBALI MERAIH PRESTASI GEMILANG DI PASAR FILM.

Jakarta, Layar.id – Dilansir oleh Variety, di China sendiri, film komedi misteri ini berhasil mengalahkan rekor Avengers: Endgame dalam debutnya dengan angka $ 398.6 juta. Hal ini didukung dengan waktu penayangan di libur Imlek 2021. Meski pemutarannya di bioskop sempat tertunda akibat pandemi, tetapi tidak menutup antusiasme penggemar yang sudah menunggu selama setahun. Prestasi Box Office “Detective Chinatown 3” ini bukan sebuah kebetulan. Saat film keduanya ditayangkan, pendapatannya juga sudah tinggi. Pendapatan total film pertamanya sekitar $ 120 juta, sedangkan film kedua berhasil mencetak angka $ 544 juta. Terlihat angka ini melompat jauh dari seri pertamanya.

Film-film ini adalah bagian dari franchise Detective Chinatown. Ia bercerita tentang Qing Feng (Liu Hao Ran) dan paman jauhnya, Tang Ren (Wang Bao Qiang), memecahkan kasus di jalanan pecinan negara orang. Qing Feng adalah seorang anak muda pintar dengan kemampuan analisis ala Sherlock, sedangkan Tang Ren adalah sumber komedi dan kebahagiaan di tengah kasus yang pelik. Mereka berdua pertama kali diperkenalkan dalam Detective Chinatown di tahun 2015. Kemudian petualangan si duo detektif paman-keponakan terus berlanjut di layar kaca hingga tahun ini. Berikut adalah daftar franchise Detective Chinatown yang sudah tayang hingga awal tahun ini.

Baca juga: Spy City Mulai Tayang 15 April di Amerika!

DAFTAR FILM DAN DRAMA DETECTIVE CHINATOWN

Berikut adalah ketiga film dan satu drama yang tergabung dalam franchise Detective Chinatown. Jangan sampai terlewatkan satu pun karena tokoh-tokohnya akan saling bertemu di film terbarunya.

  1. Detective Chinatown (2015)

Qing Feng gagal masuk sekolah polisi. Ia pun sedih dan disarankan neneknya berlibur ke Bangkok, Thailand. Ia dipercayakan ke pamannya, Tang Ren. Tang Ren bekerja sebagai detektif (pekerja semuanya), mulai dari memecahkan kasus kucing hilang hingga mengirimkan barang. Satu hari, Tang Ren tiba-tiba dikejar polisi di tengah kota. Ia disebut sebagai tersangka utama sebuah kasus pembunuhan. Qing Feng pun tertarik masuk di dalamnya karena lari bersama Tang Ren. Mereka harus segera memecahkan kasus ini untuk membersihkan nama Tang Ren sebelum tertangkap para polisi.

Sebagai pembuka awal, Detective Chinatown berhasil menunjukkan perpaduan bagus antara kasus yang rumit dan komedi yang tidak mencampurinya. Jadi bagi penggemar misteri, tidak perlu takut tidak bisa menikmati kasusnya. Tetap ada plot twist hingga momen terakhir film. Ada sebuah scene terkenal dalam film ini. Aktris Zhang Zi Feng yang berperang sebagai Snow berhasil meninggalkan bekas mendalam di benak penonton. Cukup dengan satu senyuman, penonton berhasil dibuat merinding.

Baca juga: The Man From Toronto Dijadwalkan Tayang 2022

  1. Detective Chinatown 2 (2018)

Dengan satu undangan pernikahan dari Tang Ren, Qing Feng pun terbang ke New York. Ternyata ia dijebak untuk membantu Tang Ren memenangkan hadiah kompetisi pemecahan kasus. Orang terkaya di pecinan New York menawarkan imbalan tinggi untuk menemukan pelaku pembunuh berantai tanpa pola yang membunuh anaknya. Mereka harus memecahkan kasusnya hanya dalam waktu seminggu.

Di sana Qing Feng bertemu dengan banyak detektif berperingkat tinggi di aplikasi pemecahan kasus Crimaster. Qing Feng sendiri menduduki peringkat kedua. Namun ia tidak melihat jejak si peringkat satu, Q, di sana. Dimulailah petualangan baru duo detektif ini menyelidiki kasus di negara Paman Sam.

Kali ini mereka bertualang bertiga dengan Song Yi, tersangka awal yang dicurigai Qing Feng. Karena satu hal dan lain, ia kemudian mengikuti Qing Feng dan Tang Ren berkeliling memecahkan kasus. Tentunya tokoh satu ini juga bukan tokoh biasa. Hingga akhir film, Detective Chinatown tetap menyisakan misteri tidak terpecahkan, yaitu Q. Qing Feng sempat menebak identitas Q, tetapi pada akhirnya terbukti salah. Misteri Q ini pun berlanjut hingga seri ketiga.

Baca juga: Rekor Sempurna The Penthouse 2, Rating Tertinggi Hingga Episode Terakhir

  1. Seri drama Detective Chinatown (2020)

Sebelum “Detective Chinatown 3” tampil di layar lebar, ada seri drama yang diluncurkan duluan. Latarnya balik ke Thailand, kembali lagi bersama kantor polisi yang masih begitu familiar. Tokoh utamanya, Lin Mo, adalah murid Tang Ren. Selama Tang Ren berkelana memecahkan kasus (seperti di New York), Lin Mo menggantikannya di Bangkok.

Lin Mo sendiri punya banyak pekerjaan lain. Ia juga memiliki tujuan tersendiri menjadi murid Tang Ren. Kasus-kasus di seri drama lebih seram dibandingkan di film yang penuh komedi. Jejak waktu kasusnya dimulai setelah Detective Chinatown 1 hingga sebelum “Detective Chinatown 3“. Dalam drama ini ada juga kasus unik yang berhasil memadukan kesukaan anak muda dalam cerita, seperti kasus bertakjuk permainan battle royale ala PuBG. Namun cara kombinasinya bagus, tidak kentara, dan elegan. Khusus di kasus ini, detektifnya tidak lagi Lin Mo.

Baca juga: Adaptasi Where The Crawdads Sing Menambah Cast

  1. Detective Chinatown 3 (2021)

Seri terbaru dengan prestasi tertinggi ini kembali menampilkan petualangan Qing Feng dan Tang Ren. Kali ini mereka ke Tokyo atas ajakan teman detektif mereka, Hiroshi Noda, peringkat ketiga di Crimaster. Di sana mereka memecahkan kasus pembunuhan ruang tertutup untuk membersihkan nama seorang yakuza.

Dalam kasus kali ini, ada tokoh detektif dari Crimaster dan dari seri-seri sebelumnya yang muncul. Misalnya detektif baru dari Thailand Jack Ja, Hiroshi Noda, Kiko, Lin Mo, Song Yi, Snow, dan lain-lain. Kali ini Qing Feng berhasil menguak sebagian kebenaran mengenai Q. Petualangan Qing Feng dan Tang Ren belum berakhir di film seri ketiga ini. Di akhir film, ada tanda-tanda yang mengarahkan lokasi petualangan Qing Feng dan Tang Ren selanjutnya, yaitu Inggris. Mereka akan terus melanjutkan analisis menguak identitas asli Q.(Eve/Shf)

 

Sumber dan Foto: Berbagai Sumber

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

Loki Tayang Lebih Cepat, Marvel Umumkan Jadwal Phase 4

Film

HBO Rilis Foto Resmi Pertama House of the Dragons

Film

Netflix Tertarik Kerjasama dengan Prince Harry dan Meghan Markle Netflix Tertarik Kerjasama dengan Prince Harry dan Meghan Markle

Pangeran Harry dan Oprah Winfrey Luncurkan Acara TV Terbaru

TV

Emily In Paris Season 2 Mulai Proses Shooting

Berita Hiburan

Advertisement
Connect
Newsletter Signup