Connect with us

Hi, what are you looking for?

Film

“Makmum”: Ujian Iman Saat Berdoa

Last updated on 26 Agustus, 2019

Layar.id  –  Salah satu film horor yang diramaikan dengan sederet penghargaan dalam promosinya, adalah Makmum. Ini merupakan film horor terbaru yang diadaptasi dari film pendek karya Riza Pahlevi pada tahun 2015 lalu.

Kesuksesannya di ranah film pendek membuat produser melirik Makmum dan membawanya ke layar lebar. Kisah ini mengangkat tentang kehadiran makhluk halus yang menghantui orang-orang yang sedang berdoa.

Baca: Absennya Aaron Eckhart dalam “Angel Has Fallen”

Film pendek Makmum

MAKMUM

Film pendek Makmum merupakan salah satu film hit yang meraih beberapa penghargaan di festival lokal maupun internasional. Film ini juga menimbulkan kontroversi dengan beberapa penonton mengeluh bahwa mereka takut berdoa sendirian setelah menontonnya.

Karya Riza Pahlevi ini mendapat perhatian dari produser di Dee Company, Blue Water Films dan MD Pictures, yang bersama-sama mengadaptasinya menjadi film panjang.

Makmum sendiri berarti “pengikut” dalam bahasa Arab. Itu adalah tindakan seseorang atau sekelompok orang yang bergabung dalam shalat setelah Imam mendahului mereka, satu atau beberapa rakaat. Dalam film ini, Makmum bukanlah nama asli dari hantu, tetapi sebagai referensi horor yang dirasakan oleh para karakter.

Baca: Lihat Indonesia Zaman Dulu dalam “Bumi Manusia”

Adegan film Makmum

CERITA

Disutradarai oleh Hadrah Daeng Ratu, film Makmum berkisar pada kejadian mengerikan yang dirasakan oleh tiga gadis di asrama mereka.

Ketiganya adalah Nurul (Tissa Biani), Nissa (Bianca Hello) dan Putri (Adilla Fitri). Mereka tidak dapat melakukan shalat secara tenang, karena terganggu oleh suara menakutkan yang mengulang kembali doa mereka.

Ketika seorang alumni Rini (Titi Kamal) datang untuk tinggal di asrama tanpa batas waktu, demi mantan kepala sekolah Ibu Kinanti (Jajang C Noer), kejadian aneh itu semakin agresif. Ketika film berlanjut, ceritanya menjadi lebih gelap dan rahasia yang terkubur pun mulai terbongkar.

Baca: “Good Boys”, Komedi “R” Terlaris Tahun Ini

Titi Kamal

UJIAN IMAN

Sempat menjadi kontroversi karena dikhawatirkan timbulkan kekeliruan tafsir agama, para kru dan pemeran justru memiliki pandangan lain. Menurut mereka, ini adalah ujian iman yang seharusnya membuat kita semakin teguh saat berdoa.

“Jika kita benar-benar berbakti kepada Tuhan, maka hati, jiwa, dan tubuh kita harus tunduk kepada-Nya. Gangguan seharusnya tidak mempengaruhi kita, itulah moral film ini,” kata Titi Kamal, seorang pemeran sentral dalam Makmum.

Baca: “Resident Evil” Baru: Kembali ke Akar Permainan

Film horor “Makmum” telah dirilis secara serentak di bioskop mulai 15 Agustus lalu, dan telah mendapatkan 243.963 penonton dalam empat hari pertama. Daripada penasaran, segera datangi saja bioskop terdekat yaa.

Sumber: berbagai sumber
Foto: berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi layar.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Film Barat

Jakarta, Layar.id – Film Salem’s Lot akan menghantui penonton sedikit lebih lambat dari yang semula direncanakan. Memiliki  jadwal rilis awal pada September tahun ini,...

Film

Jakarta, Layar.id – Untuk Anda yang rindu dengan penampilan Johnny Depp, karya terbarunya Minamata akan segera rilis streaming di Hulu. Ini saatnya melihat aksi...

Netflix

Jakarta, Layar.id Chris Hemsworth kembali ke layar dalam fitur terbarunya bersama Netflix, berjudul Spiderhead. Ia memerankan Steve Abnesti, seorang ilmuwan yang menguji obat eksperimentalnya...

Film

Jakarta, Layar.id “Di Inggris, tidak ada yang bisa mendengar Anda berteriak.” Sepertinya, itulah premis dari film garapan Alex Garland berjudul Men. Film ini rilis...