Connect with us

Film

“Joker”, Bermula dari Tepukan Lalu Rating Menurun

Layar.id – Awalnya film ini disambut begitu antusias oleh para penggemar dan penikmat film. Malah film yang dibintangi ole Joaquin Phoenix ini mendapat standing ovation yang luar biasa dalam penayangannya di Venice Film Festival. Namun belakangan ini setelah penayangan di Toronto International Film, ratingnya mulai menurun di Rotten Tomatoes.

Baca juga: Sambutan Hangat untuk Tayangan Perdana “Joker”

STANDING OVATION DELAPAN MENIT

Joker digadang-gadang sebagai interpretasi alternatif dari sosok supervillain lawan Batman yang diperankan Heath Ledger dalam The Dark Knight. Dalam film kedua trilogi Christopher Nolan tersebut, musuh bebuyutan Bruce Wayne ini digambarkan sebagai seorang mastermind yang mengusung nilai-nilai anarkisme untuk merobek borok di dalam tatanan masyarakat kota Gotham.

Joaquin Phoenix memerankan Arthur Fleck, komedian yang mengalami gangguan kejiwaan setelah mendapatkan berbagai tekanan dalam hidupnya. Menurut Joaquin sendiri, ia tidak mengambil inspirasi dari Joker versi aktor lain, Heath Ledger, Jack Nicholson, Jared Leto, hingga Mark Hamill. Ia ingin menciptakan Arthur Fleck versinya sendiri.

Sebelum tayang mulai 4 Oktober nanti, Joker sudah tayang lebih dulu di Venice Film Festival tanggal 31 Agustus lalu, dan nanti kembali tayang di Toronto International Film Festival pada tanggal 9 September 2019 (di sana juga tayang film Gundala). Tak disangka-sangka, reaksi penonton di Venice Film Festival sangat positif. Penonton melakukan standing ovation, berdiri untuk bertepuk tangan, sepanjang delapan menit. Luar biasa bukan.

Reaksi para reviewer pun tak kalah positifnya. Cinema Blend menyebut bahwa akting Joaquin Phoenix sangat berkesan sehingga membutuhkan diskusi akademik untuk memahami karakternya. Variety membandingkan film Joker dengan Taxi Driver sebagai sebuah film adaptasi komik yang merefleksikan isu-isu penting di dunia nyata.

Baca juga: Jalan “Joker” Menuju Oscars

MASUKNYA ULASAN DAN KEANEHAN ROTTEN

Namun hal yang positif tidak selalu bertahan selamanya. Berbanding terbalik dengan apa yang terjadi di Vencie Film Festival, hal berbeda terjadi setelah pemutaran di Toronto International Film Festival. Dampaknya? Rating Joker di Rotten Tomatoes lantas turun. Beberapa ulasan ulasan negatif menjadi penyebab turunnya rating Joker saat ini.

Meskipun beberapa kritikus telah memuji film itu sebagai karya yang mengubah dunia film superhero dan sebuah masterpiece yang didukung oleh kinerja transformatif Joaquin Phoenix, yang lain telah menyuarakan keprihatinan tentang pendekatan Joker yang berpotensi bermasalah terhadap elemen komentar sosialnya. Debat tentang film ini akan menjadi lebih panas ketika ditayangkan untuk masyarakat umum pada bulan Oktober ini.

Seiring dengan ulasan Joker yang terus masuk, skor film Rotten Tomatoes saat ini berada di 77%. Ini turun 8%  dari angka 85% di akhir Agustus. Ditambah lagi ulasan yang masuk masih di angka puluhan saja. Tidak sebanding dengan film lainnya yang bisa mencapai ratusan sebelum tayang.

Pedoman Per Rotten Tomatoes, film rilis luas membutuhkan setidaknya 80 ulasan dan peringkat 75% untuk dianggap bersertifikat segar atau lebih dikenal dengan Certified Fresh. Terlepas dari bagaimana nilainya berubah, perbedaan pendapat seharusnya hanya akan membantu meningkatkan proyeksi pendapatan Box Office film ini, karena semua orang akan penasaran untuk melihat apa yang terjadi.

Hal ini paling tidak yang menyebabkan skor Rotten Tomatoes Joker menjadi menurun. Ditambah juga sekarang karena semakin banyak orang yang menimbang pikiran mereka, peringkat film tersebut sedikit menurun.

Walaupun begitu, terdapat juga keanehan dalam penurunan rating Joker. Wartawan BBC Nicholas Barber, mengklaim bahwa dia tidak menyebutkan secara spesifik kepada Rotten Tomatoes jika ulasan Joker positif atau negatif. Dan dimungkinkan seseorang di agregator website ulasan tersebut menilai sendiri.

Bagi kamu yang sudah penasaran harap bersabar, Joker akan hadir pada 4 oktober mendatang. Jadi silakan menilai sendiri bagaimana kisah sang supervillain ini.

Baca juga: Harapkan Film “Joker” Ber-rating R, Todd Phillips Unggah Postingan

Sumber: berbagai sumber
Foto: berbagai sumber

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

Keren! Dian Sastrowardoyo Jadi Juri IFFAM 2019 Keren! Dian Sastrowardoyo Jadi Juri IFFAM 2019

Keren! Dian Sastrowardoyo Jadi Juri IFFAM 2019

Berita Hiburan

Kabar Sekuel Ketiga, “Milea: Suara Dari Dilan”

Film

“Black Widow” Rilis Teaser Trailer yang Menggoda

Film

“Jumanji: The Next Level” Rilis Hari Ini

Film

Advertisement
Connect
Newsletter Signup