Connect with us

Film

Jalan “Joker” Menuju Oscars

Layar.id – Hampir sembilan dekade Oscars mengabaikan film blockbuster dengan pengecualian Heath Ledger yang berhasil memenangkan kategori Best Supporting Actor dan Logan yang masuk nominasi Best Adapted Screenplay. Namun, tahun kemarin Oscars mencoba memasukan Black Panther ke dalam nominasi kategori Best Pictures. Black Panther menjadi film superhero pertama yang diakui untuk bisa bersaing dengan film nominasi Oscars lainnya. Black Panther tidak sendirian, film Joker sedang membuka jalan untuk menuju Oscars.

Baca juga: “Joker” dan Film-film Lain yang Siap Meluncur di Venice Film Festival

DARI VENICE FILM FESTIVAL

Joker bukan nama baru di dunia perfilman Hollywood, namanya sudah menggaung beberapa dekade silam. Jadi sebenarnya hal ini bukanlah pertama kalinya kita mendengar kabar ini, tetapi sepertinya film Joker hasil garapan Todd Philips akan bersiap untuk memasuki nominasi penghargaan Oscar tahun ini. Erick Weber seorang jurnalis terkenal asal Los Angeles mengungkapkan bahwa sumber-sumbernya yang telah menonton early screening dari film Joker berharap bahwa Joaquin Phoenix (pemeran Joker) mendapatkan nominasi aktor terbaik.

Todd Phillips membawa Joker ke tingkatan yang berbeda

Belum lama ini beredar kabar bahwa Warner Bros diam-diam telah mendaftarkan proyek arahan Todd Phillips tersebut untuk mengikuti kompetisi di Venice Film Festival 2019. Padahal, biasanya Warner Bros memilih tak mengikutkan filmnya ke festival demi menjaga kerahasiaan proyek garapan mereka.

Tentunya hal ini cukup menimbulkan tanda tanya besar di kalangan penggemar. Namun menurut pengarah artistik Festival Film Venice Alberto Barbera, Warner Bros sangat percaya diri dengan Joker. Terlebih trailer film Joker yang dirilis pada bulan April lalu mendapat pujian dari penggemar dan kritikus film.

Joaquin Phoenix memerankan Joker dengan epik

“Mereka sebenarnya ingin melindungi filmnya (agar tak bocor),” tutur Alberto Barbera. “Tetapi Todd Phillips mengatakan, ‘Aku tidak peduli soal kalah menang. Mengapa aku tidak ikut kompetisi jika aku yakin dengan yang kita miliki’.” Menariknya lagi, Joker mendapatkan sambutan yang luar biasa dan mendulang beragam pujian dari para kritikus. Bahkan film yang mengisahkan musuh bebuyutan Batman ini diprediksi siap melenggang menuju panggung Oscars nantinya. “Sejauh ini Joker adalah film yang paling mengejutkan tahun ini. Film ini pasti langsung lolos ke Oscars meskipun ini film yang kejam dan gelap,” tambah Barbera.

Baca juga: Harapkan Film “Joker” Ber-rating R, Todd Phillips Unggah Postingan

RDJ IKUTAN

Nyatanya bukan hanya Joker yang sedang membuka jalan menuju Oscars. Robert Downey Jr dengan perannya sebagai Iron Man dikabarkan juga ingin masuk sebagai nominasi Oscars tahun ini. Hal ini menarik jika mendengar apa yang dilontarkan oleh Endgame, Joe Russo, terkait penghargaan piala Oscars pada tahun depan. Robert Downey Jr. yang memerankan karakter Tony Stark atau Iron Man dinilai layak mendapatkan Oscar.

Russo bersaudara juga ingin RDJ masuk ke nominasi Oscar 2019

“Kulminasi karyanya dari film-film Marvel yang dia bintangi begitu menakjubkan,” ucap Russo kepada Washington Post. Russo melanjutkan, “Kalau kalian tonton ulang, paling tidak empat film terakhir Marvel yang sudah dia bintangi, semuanya fenomenal. Dia layak mendapatkan piala Oscar lebih dari siapapun sejak 40 tahun terakhir karena dia telah menyemangati budaya populer.”

Penampilan memukau selama 10 tahun menjadi alasan RDJ layak masuk ke Oscars 2019

Tapi, bukan cuma Russo saja yang menganggap Downey Jr. layak diberi piala Oscar, seorang jurnalis bernama Sam Adams dari media Slate juga menyebut bahwa Downey Jr. layak dipertimbangkan masuk nominasi Oscar berkat Endgame. Menurut Adams, akting Downey Jr. yang menampilkan perasaan campur aduk namun tetap kuat sebagai superhero butuh diapresiasi, termasuk bagaimana dirinya melakoni karakter Tony Stark/Iron Man selama 10 tahun belakangan yang apik.

Baca juga: Robert Downey Jr jadi Disney Legends

Sumber: berbagai sumber
Foto : berbagai sumber

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

“Parasite” Jadi Film Berbahasa Asing Terlaris di AS

Film

Rekomendasi Film Indonesia di Hari Ayah Nasional

Film

Ini Dia, Daftar Lengkap Nominasi Piala Citra FFI 2019 Ini Dia, Daftar Lengkap Nominasi Piala Citra FFI 2019

Ini Dia, Daftar Lengkap Nominasi Piala Citra FFI 2019

Film

Tak Diduga! “Midway” Berhasil Lampaui “Doctor Sleep”

Film

Advertisement
Connect
Newsletter Signup