Connect with us

Film

Film “Ratu Ilmu Hitam” ala Joko Anwar dan Kimo Stamboel

Layar.id – Bagi para penikmat film, khususnya film Indonesia barang tentu sudah tidak asing dengan film legendaris Ratu Ilmu Hitam.

Film ini cukup ikonik, bahkan dianggap salah satu film horor terbaik yang pernah ada.

Film ini diakui oleh Festival Film Indonesia dan meraih lima nominasi untuk aktris terbaik (Suzanna), pemeran pembantu terbaik (W.D Mochtar), penyunting terbaik, penata artistik terbaik, dan sinematografi terbaik dalam Festival Film Indonesia 1982.

Ratu Ilmu Hitam tidak hanya dikenal di Indonesia, melainkan sampai ke luar negeri. Di Amerika, film ini diberi judul Queen of Black Magic, lalu di Prancis diberi nama Exorcisme Noir. Film ini juga dirilis di Spanyol, dan beberapa negara Eropa lainnya.

Berbekal kesuksesan Pengabdi Setan, Joko Anwar bersama dengan Kimo Stamboel membuat versi remake film Ratu Ilmu Hitam.

Baca juga: “The Peanut Butter Falcon” Kisah Haru Remaja Down Syndrome

SUDUT PANDANG BARU

Pada tanggal 30 September 2019 kemarin, Rapi Films bekerja sama dengan Sky media meluncurkan official poster dan official trailer film Ratu Ilmu Hitam. Film Ratu Ilmu Hitam versi 2019 ini digarap oleh Kimo Stamboel dengan skenario ditulis oleh Joko Anwar.

Meski disuguhkan dengan judul yang sama seperti aslinya, film ini akan memberikan sudut pandang baru disesuaikan masa sekarang. Mengingat film asli Ratu Ilmu Hitam dibuat pada 1981.

Sutradara Kimo Stamboel mengatakan, film Ratu Ilmu Hitam versi 1981 dan remake-nya sangat berbeda, meski dengan judul yang sama. Walaupun demikian, inti cerita di dalamnya masih serupa.

“Jadi kalau ditanya, ini ada hubungannya dengan yang dulu, enggak ada sih. Ini sih very new concept dari Ratu Ilmu Hitam. Tapi sang ratu tetap aja, essence-nya ada,” ujar Kimo.

Inti cerita dari film legendaris itu menurut Kimo Stamboel menjadi bagian terpenting dalam cerita tersebut. Sehingga dia tidak menghilangkan inti Ratu Ilmu Hitam 1981 kedalam remake versi terbaru. “Karena memang menurut gue esensinya cukup Indonesia sekali dan sesuatu yang penting yang bisa kita ceritakan ke generasi berikutnya,” tuturnya.

baca juga : “Ku Tak Percaya Kamu Mati” Ungkap Hubungan Batin Ibu-Anak

Sedikit bocoran, film Ratu Ilmu Hitam (2019) ini akan berfokus kepada Hanif (Ario Bayu) membawa Nadya (Hannah Al Rashid) istrinya dan ketiga anak mereka ke panti asuhan tempat Hanif dulu dibesarkan.

Pengasuh panti itu, Pak Bandi (Yayu Unru), sudah sangat tua dan sakit keras, Hanif datang untuk menjenguk setelah bertahun-tahun tidak bertemu. Malam itu mereka semua tiba di panti asuhan yang terletak di luar kota dan jauh dari pemukiman penduduk itu.

Tragedi demi tragedi pun mulai bermunculan, saat satu per satu dari mereka mengalami keganjilan yang mengerikan.

Esensi Horor dalam film ini akan berbeda dengan film-film horor sebelumnya. Film ini juga nantinya akan dibintangi oleh beberapa nama tenar. Ario Bayu, Hannah Al Rashid, Imelda Therinne, Miller Khan, Tanta Ginting, Salvita DeCorte, Zara JKT48, Ade Firman Hakim, Ruth Marini, Yayu Unru, Putri Ayudya, Shenina Cinnamon, Giulio Parengkuan, Gisellma Firmansyah, Sheila Dara Aisha, Muzakki Ramdhan, serta Ari Irham akan menjadi pemain dalam film ini.

Sudah tidak sabar? Sobat layar sudah bisa menyaksikan trailer resmi Ratu Ilmu Hitam. Film ini sendiri nantinya akan segera tayang 7 November 2019 .

Baca juga: “Guru-guru Gokil” – Debut Dian Sastro Sebagai Produser

 

Sumber: berbagai sumber
Foto: berbagai sumber

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

The Santri: Anak JakSel Masuk Pesantren

Film

“Food Lore” – Serial HBO yang Terinspirasi dari Kuliner Asia

TV

Sambutan Hangat Special Screening “Perempuan Tanah Jahanam”

Film

Kang So-Ra Puji Akting Sheryl Sheinafia Dalam “Bebas”

Film

Advertisement
Connect
Newsletter Signup