Connect with us

Hi, what are you looking for?

Film Indonesia

Pesan Moral dari Film Buya Hamka, Kapan Rilis?

film buya hamka
(sumber: MUI/Falcon/Starvision)

Layar.id Sosok yang terpandang dalam dunia muslim, Buya Hamka. Tokoh yang cerita hidupnya akan dijadikan film biopik Indonesia karya dari Fajar Bustomi. Buya Hamka dikenal dengan karakter bijak dan mengajarkan kehidupan yang cukup berpengaruh sehingga namanya menjadi inspirasi film.

Aktor yang berhasil mendapatkan perannya adalah Vino G Bastian. Cerita film ini ditulis oleh Alim Sudio dan Cassandra Massardi.

Bergabung dengan Vino, akan ada penampilan dari Laudya Cynthia Bella, Desy Ratnasari , Donny Damara dan bintang papan atas lainnya.

Faktanya, bukan hanya sekadar berakting, Vino mengaku mendapatkan banyak nilai kehidupan dari ulama sekaligus sastrawan Indonesia itu.

Baca juga: Film The Big 4, Action Komedi yang Rilis Desember 2022

(sumber: MUI/Falcon/Starvision)

Moral kehidupan Buya Hamka

Bagi Vino G Bastian, Buya Hamka dapat dikatakan sebagai sosok ayah yang luar biasa untuk keluarganya.

Selain itu, Vino merasa mendapatkan perjalanan spiritual dari kehidupan Buya Hamka. Berawal dari masa ayah Buya Hamka mendidiknya, hingga Buya mendidik anak-anaknya.

Selain itu, kebijaksanaan Buya Hamka dalam membimbing istri dan anaknya secara tidak langsung diterapkan dalam kehidupan sehari-harinya. Menurut Vino, hal paling penting bagi seorang bapak bisa menjadi kepala keluarga yang menginspirasi anak-anaknya seperti Buya Hamka.

Bukan hanya itu, Vino mengamati cara Buya Hamka menghargai perempuan ketika beliau sedang menulis buku tentang perempuan, cara anak menghargai ibunya dan orang tua menghargai anaknya.

Alasan MUI angkat Buya Hamka ke Layar Lebar

Majelis Utama Indonesia (MUI) memiliki program besar dari Lembaga Seni Budaya dan Peradaban Islam untuk mendorong lahirnya karya seni-budaya Islami yang berkualitas dan bermanfaat.

Salah satunya adalah melahirkan seni film islami. Sebenarnya, perencanaan film Buya Hamka ini sudah berlangsung sejak tahun 2016 dengan target penayangan pada 2020.

Namun, semenjak awal 2020 hingga pertengahan 2022, pandemi covid- 19 masih terus melanda dunia bahkan Indonesia. Maka dari itu, proyek penggarapan film Buya Hamka mengalami penundaan.

Pemilihan film Buya Hamka dianggap mampu memberikan pengaruh dan dampak serta mengedukasi masyarakat. Hal ini dikarenakan konten film banyak berisi pesan-pesan moral, etos kerja, dan norma etika serta budi pekerti yang luhur.

MUI menggarap film ini bersama rumah produksi Falcon Pictures dan Starvision Plus, belum ada tanda-tanda akan tayang tahun ini, kemungkinan film Buya Hamka akan rilis pada 2023.

(sumber: MUI/Falcon/Starvision)

Pesan Kehidupan Buya Hamka Mengenai Dunia Pekerjaan

Sebuah pesan dari Buya Hamka mengenai dunia pekerjaan adalah banyak orang yang tidak sadar jika segala mata pencaharian yang saling bergantung satu sama lain. Berbagai pekerjaan saling bersandar dan membutuhkan satu sama lain. Dalam segala pekerjaan, tidak ada lebih mulia daripada yang lain.

Bagi Buya Hamka,  seseorang yang berhasil dapat dilihat kecenderungan jiwanya. Maka dari itu, hal utama dari semuanya adalah melakukan tugas dengan insaf dan sadar.

Selain itu, Buya Hamka mengerjakan apa yang engkau sukai tidaklah penting. namun menyukai apa yang kita kerjakan.

 

Sumber: Berbagai sumber

Foto: MUI/Falcon/Starvision

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi layar.id.
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Film

Last updated on 6 Februari, 2023 Layar.id – Selain menampilkan film-film blockbuster Hollywood, Netflix juga menyuguhkan film imajinatif dan inovatif garapan mereka sendiri. Pada...

sinopsis

Jakarta, Layar.id – Film horor terbaru Indonesia bertajuk Bayi Ajaib dapat menjadi pilihan menarik bagi Pelayar pecinta film horor. Sebuah remake film tahun 1982 berjudul...

Film Indonesia

Layar.id – Aliando Syarief  kembali ke dunia akting setelah vakum tiga tahun, dalam film Argantara garapan sutradara Guntur Soeharjanto dirilis pada hari ini, 29...

Film Indonesia

Layar.id – Kisah dalam film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI) akan lanjut dengan karya baru yang rilis dalam waktu dekat berjudul Jalan...