Connect with us

Hi, what are you looking for?

Film India

Slumdog Millionaire: Kemenangan Kuis Berhadiah Jutaan Rupee

Slumdog Millionaire
Slumdog Millionaire (sumber nbc news)

Jakarta, Layar.id Slumdog Millionaire adalah sebuah film Inggris yang menceritakan seorang pemuda asal Mumbai dalam kuis televisi Who Wants to Be a Millionaire versi India. Tinggal selangkah lagi, ia akan membawa pulang 20 juta rupee, tetapi polisi dan pembawa acara mencurigai si pemuda sudah berbuat curang.

Film karya sutradara Danny Boyle ini dirilis pada 11 Februari 2009 dan memenangkan 8 piala Academy Awards, termasuk kategori best picture dan best director. Selain itu, Slumdog Millionaire juga menyabet beberapa piala di BAFTA awards dan Golden Globe Awards. 

Film ini dibintangi oleh Dev Patel sebagai Jamal Malik. Ia adalah pemuda dari daerah kumuh Mumbai yang hanya satu pertanyaan lagi dari total hadiah 200 juta rupee. Madhur Mittal berperan sebagai Salim Malik, saudara Jamal yang terus bersamanya saat masih kecil. Freida Pinto berperan sebagai Latika, cinta Jamal yang bertemu saat masih kecil dan kemudian dipisahkan.

Anil Kapoor memerankan tokoh Prem, si pembawa acara kuis. Irrfan Khan berperan sebagai si inspektur polisi yang memeriksa Jamal. Ankur Vikal memerankan tokoh Maman, Mahesh Manjekar berperan sebagai Javed, dan Feroze Khan sebagai bintang Bollywood Amitabh Bachchan. 

Baca juga: Selain PK dan 3 Idiots, Ini 3 Film Aamir Khan yang Patut Ditonton

SINOPSIS SLUMDOG MILLIONAIRE

Film dibuka dengan momen Jamal Malik diperiksa dan disiksa di kantor polisi di Mumbai. Anak yatim piatu 18 tahun yang besar di daerah kumuh Mumbai ini dicurigai curang dalam acara kuis Who Wants to Be a Millionaire versi India. Tidak ada yang percaya pemuda pekerja chai wallah (pelayan teh) di call centre ini bisa selangkah lagi memenangkan hadiah utama kuis.

Para polisi dan Prem, pembawa acara kuis, percaya ia sudah curang. Namun si inspektur polisi justru merasa pemuda ini tidak berbohong. Ia pun memutar kembali rekaman acara kuis Jamal dan setiap pertanyaan yang dijawab memiliki kisah yang erat dengan masa lalu Jamal.

Jamal tumbuh besar bersama saudaranya, Salim, di daerah kumuh. Dalam cuplikan ini, mereka dikejar oleh polisi. Saat mereka akhirnya bertemu dengan ibu mereka, kedua bersaudara ini justru ditarik ibu mereka ke kelas.

Suatu hari, bintang Bollywood Amitabh Bachchan datang mengunjungi daerah kumuh mereka. Jamal berhasil menemuinya dan meminta tanda tangan. Namun Salim justru mencurinya dan dijual. Pengalaman ini berhubungan dengan pertanyaan pertama kuis yang menanyakan bintang dari film tahun 1973 dan jawabannya adalah Amitabh Bachchan.

Kemudian ibu mereka meninggal saat kelompok massa Hindu yang menyerang muslim menyerang tempat tinggal mereka. Saat di tempat perlindungan, mereka bertemu dengan seorang anak perempuan bernama Latika. Mereka bertiga pun akhirnya berkumpul bersama dan bertemu dengan preman bernama Maman. Mereka semua dipekerjakan menjadi pengemis. 

Dari situ, kisah hidup mereka yang penuh kesulitan terus berjalan hingga mereka akhirnya berpisah. Jamal memilih bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup, sedangkan Salim masuk ke kelompok preman. Latika yang disukai Jamal berada dalam kelompok preman Salim. Jamal berkata kepada Latika, ia akan terus menunggunya tiap sore di stasiun kereta.

Salim dan Latika juga melihat Jamal dalam acara kuis ini. Setelah itu, mereka pun memutuskan untuk berubah. Akankah Jamal berhasil memenangkan kuis ini? Bagaimana kisah mereka berakhir seiring dengan kuis ini?

 

Sumber: Rotten Tomatoes, Britannica
Foto: berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi layar.id.

Baca Juga

Video

Jakarta, Layar.id – Serial Netflix India mendatang bertajuk Mai segera dapat dinikmati. Sang sutradara, Anushka Sharma telah mengumumkan serial web Netflix baru Mai yang...

Film India

Jakarta, Layar.id – The Life of Pi adalah sebuah film barat, diadaptasi dari novel Kanada, dan menceritakan kisah orang India. Novelnya sendiri ditulis oleh...

Berita Hiburan

Jakarta, Layar.id – Shaktimaan, satu film superhero India, kini sedang digodok dan bakal menampilkan salah satu Superstar India.  Setelah rampung produksinya maka Shaktimaan siap...

Video

Jakarta, Layar.id – Salah satu film India Selatan terbesar, “Pushpa” yang telah membuat gebrakan bagi kalangan pecinta film India, siap rilis. Tentu saja para...