Connect with us

Hi, what are you looking for?

Film

Tonton Film Terpilih FSM di YouTube Kemenparekraf

Layar.id Melanjutkan terpilihnya dua film dalam Family Sunday Movie (FSM) untuk Februari 2022 kemarin, Kemenparekraf pun resmi menayangkan film tersebut. Dua film terpilih, Maramba untuk dokumenter dan Gemintang untuk fiksi, dapat Pelayar saksikan di kanal YouTube resmi Kemenparekraf. Sejumlah apresiasi juga telah menanti bagi film terpilih.

Maramba dan Gemintang

Family Sunday Movie sendiri merupakan festival film pendek yang diinisiasi Kemenparekraf melalui Direktorat Musik, Film, dan Animasi. Acara pertamanya berlangsung secara daring dengan dua film pendek terpilih sepanjang Februari 2022, yakni Maramba dan Gemintang.

Maramba adalah film karya sutradara Riandhani Yudha Pamungkas dari Komunitas Etanan Films untuk genre film dokumenter. Sementara Gemintang adalah karya Irfan Akbar dari Komunitas Gresik Movie untuk genre film fiksi.

Kedua film pendek ini dapat Pelayar saksikan di kanal YouTube resmi Kemenparekraf. 1 sampai 30 Maret 2022 adalah jadwal tayang untuk Gemintang, dan Maramba tayang pada 2 sampai 31 Maret 2022.

Apresiasi

FSM hadir untuk memberikan apresiasi bagi para pelaku indsutri perfilman, khususnya film indie, sekaligus untuk mempromosikan karya film pendek yang terpilih.

Selain itu, Kemenparekraf juga telah menyiapkan sejumlah apresiasi bagi film terpilih. Apresiasi tersebut adalah sertifikat, hadiah uang tunai, souvenir Wonderful Indonesia dan kit FSM.

Berikutnya, film terpilih akan mendapatkan penayangan poster film di area gedung Kemenparekraf. Poster film terpilih meliputi area lift, lobi lantai 1, area depan kantin lantai 1, dan lobi-lobi lantai 2 sebagai bagian dari ekshibisi.

Terakhir, film dengan jumlah penonton terbanyak di YouTube juga akan mendapat hadiah tambahan berupa uang tunai.

Penghargaan FSM

Menparekraf Sandiaga Uno dalam pernyataannya mengatakan bahwa film Maramba dan Gemintang resmi masuk dalam nominasi pada malam penghargaan FSM. Acara tersebut rencananya digelar pada November 2022 mendatang, merangkum film terpilih sepanjang Februari hingga Oktober 2022.

“Selamat kepada peserta film pendek yang terpilih. Film – film ini akan menjadi nominasi pada Malam Penghargaan FSM pada November 2022,” kata Sandiaga Uno.

Melalui FSM, Kemenparekraf berharap terciptanya wadah bagi para sineas daerah untuk mengangkat film pendek agar mampu bersaing dan menjadi kebanggaan industri perfilman Indonesia.

Baca : Menparekraf Umumkan 2 Film Pendek FSM Terpilih, “Maramba” dan “Gemintang”

Para sineas muda daerah juga mendapat kesempatan yang sama untuk menampilkan karya, merasakan pengalaman kompetisi dan mengasah kemampuan. Bagi para sineas yang belum sempat berpartisipasi pada Februari 2022 dapat mendaftarkan karyanya di bulan ini.

Pendaftaran untuk film FSM periode Maret telah dibuka sejak kemarin, tepatnya 2 hingga 12 Maret 2022. Untuk informasi lengkap mengenai FSM dapat diakses melalui akun sosial media FSM dan www.familysundaymovie.com.

Sumber : www.cnnindonesia.com, www.antaranews.com
Foto       : berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi layar.id.

Baca Juga

Film Indonesia

Jakarta, Layar.id –  Untuk Anda yang mencari tontonan pengisi waktu luang di akhir pekan, rekomendasi karya Tanah Air ‘Pulau Plastik’ kini tersedia di Netflix....

Film

Jakarta, Layar.id Perkembangan industri film Tanah Air semakin ramai dengan dukungan produk elektronik yang semakin baik. Kali ini, dukungan datang dari Samsung Electronics Indonesia...

Film

Jakarta, Layar.id Sony Electronics Asia Pacific mengumumkan pada Jumat, pemenang kompetisi pembuatan film bertajuk World of Film. Kompetisi ini diikuti oleh berbagai negara di...

Disney+

Last updated on 8 April, 2022 Jakarta, Layar.id – Bulan April 2022 di Disney Plus menjadi bulan untuk Moon Knight. Debut mulai 30 Maret...