Connect with us

Hi, what are you looking for?

Film Barat

Film Qodrat Mirip Constantine? Simak 7 Perbedaannya!

Film Qodrat mirip film Constantine? Berikut 7 perbedaannya!
Film Qodrat mirip film Constantine? (sumber: Magma Entertainment dan Warner Brothers)

Layar.id Film Qodrat kali pertama tayang di bioskop Indonesia pada 27 Oktober 2022. Namun, beberapa penonton menyuarakan pendapat bahwa film Qodrat mirip dengan film Constantine. Apakah benar? Simak perbedaannya di sini.

Film ini merupakan karya produksi dari Linda Gozali dan Arya dengan hasil arahan sutradara Charles Gozali dan mengambil genre horor, drama, religi, dan laga.

Film karya rumah produksi Rapi Films dan Magma Entertainment ini menceritakan tentang seorang Ustaz bernama Qodrat yang memiliki keahlian rukiah dan selalu berhasil menyembuhkan warga sekitar pesantren Kahuripan.

Namun, kehidupan ustaz Qodrat dan pesantren Kahuripan berubah drastis ketika sang ustaz gagal rukiah anaknya sendiri, Alif Al-Fatanah, hingga meninggal. Ternyata, Alif telah kerasukan iblis terkuat bernama As Su’ala.

Di sinilah perjalanan ustaz Qodrat dalam melawan As Su’ala dimulai, yang mana iblis tersebut semakin kuat dan berkuasa di lingkungan pesantren Kahuripan saat ustaz Qodrat pergi selama 3 tahun dari sana.

Untuk lebih lengkapnya, Pelayar bisa baca sinopsis film Qodrat di Layar.id!

Persamaan Film Qodrat dengan Constantine

Sebelum bahas perbedaan dari film Qodrat dan Constantine, mari bahas dulu sisi persamaan yang menjadi perbincangan penonton.

Sebenarnya secara garis besar, film Qodrat mirip film Constantine dari segi latar belakang pemeran utama, yang mana keduanya adalah seorang ahli eksorsis.

Film Constantine sendiri rilis 17 tahun sebelum film Qodrat, yakni pada tahun 2005. Film ini menggaet Keanu Reeves sebagai pemeran utama bernama John Constantine.

Persamaan sederhana lainnya terletak dari judul dan nama pemeran utama. Masing-masing judul mengambil dari nama pemeran utama, yakni Ustaz Qodrat dan John Constantine.

Selanjutnya adalah kemiripan pada iblisnya. Iblis pada film Constantine merupakan anak dari Lucifer, rajanya para iblis. Dan pada film Qodrat disebutkan bahwa As Su’ala adalah penyihir anak iblis. Jadi, kedua iblis yang mengganggu Constantine dan Qodrat adalah anak dari iblis terkuat.

Berikutnya yaitu ada sosok manusia yang membantu iblis tersebut mencapai kekuatan tertinggi dan menjalankan aksi menghancurkan manusia. Di film Qodrat ada sosok Zafar, sementara di film Constantine ada sosok half breed–setengah manusia setengah iblis–bernama Balthazar.

Baca juga: Keanu Reeves Kembali Untuk Sekuel Constantine

Selain beberapa hal di atas, detail-detail dari kedua film tersebut menunjukkan perbedaan. Baik film Qodrat maupun Constantine, keduanya memiliki keunikannya masing-masing. Yuk simak perbedaannya!

Perbedaan Film Qodrat dan Constantine

1. Penggunaan agama atau keyakinan

Perbedaan utama yang paling menonjol antara film Qodrat dan Constantine adalah dari segi agama. Sebagai ahli eksorsis, film Qodrat menggunakan landasan agama Islam dan ayat-ayat Al-Quran untuk melakukan rukiah. Sedangkan, film Constantine menggunakan ayat-ayat kitab Injil.

2. Wujud iblis dan cara mereka mencelakakan manusia

Pada film Qodrat, As Su’ala dan antek-antek iblisnya akan merasuki tubuh manusia dan menghancurkan mereka setelahnya hingga meninggal.

Pada film Constantine sebenarnya masih cukup sama, namun iblis-iblis tersebut bisa mengganggu manusia dalam wujud yang lain, tanpa harus memasuki tubuh manusia tersebut. Dalam beberapa momen, mereka menyerupai makhluk-makhluk aneh yang bisa terbang dan mengeluarkan bau belerang.

3. Menembus ruang dan waktu

Pada film Qodrat, ustaz Qodrat tidak bisa menembus ruang dan waktu. Hanya saja dalam sesekali ia mendapatkan sebuah mimpi yang menjadi petunjuk suatu hal.

Sedangkan, John Constantine bisa menembus ruang dan waktu dengan sebuah ritual. Ia bahkan bisa berkunjung ke neraka. Selain itu, John juga bisa membuat perjanjian dengan Lucifer melalui sebuah ritual.

4. Awal mula pertarungan Ustaz Qodrat dan John Constantine dengan para iblis

Awal mula pertarungan ustaz Qodrat adalah setelah anaknya meninggal akibat ulah iblis As Su’ala. Sedangkan, kisah John Constantine dimulai sejak kekuatan iblis memasuki medium benda seperti pedang bernama Spear of Destiny, yang setelahnya dipegang oleh seseorang dan kekuatan tersebut berpindah.

Akhirnya, kekuatan iblis itu terus membesar dan memengaruhi manusia lainnya karena disebarkan oleh seseorang tadi. Hingga akhirnya kekuatan itu menyerang Isabel Dodson dan membuatnya meninggal. Dari situlah perjalanan dan pertarungan John Contstantine dimulai.

5. Meninggalkan simbol ke manusia yang telah meninggal

Dalam film Qodrat, iblis tidak meninggalkan simbol setelah membunuh manusia. Namun, dalam beberapa momen, film Constantine memperlihatkan adanya simbol setelah seseorang mati, yang ternyata simbol tersebut berasal dari Balthazar.

6. Alat untuk melawan iblis

Ustaz Qodrat hanya menggunakan tasbih sebagai alat pengusiran iblis, membacakan ayat-ayat Al-Quran, dan menggunakan ilmu bela diri untuk melawan iblis yang memberontak.

Di sisi lain, John Constantine menggunakan beberapa alat canggih, seperti tembakan dan besi yang dipakai di tangannya, selain itu ia juga menggunakan air suci untuk mematikan roh iblis di tubuh manusia.

7. Perjanjian dengan iblis

Ustaz Qodrat tidak melakukan perjanjian apapun dengan makhluk lain, terutama pada iblis untuk memberantas As Su’ala. Sedangkan, John Constantine, di akhir perjuangannya, meminta pertolongan kepada Lucifer agar membawa anak iblisnya pulang ke neraka.

Itulah beberapa perbedaan antara film Qodrat dengan film Constantine. Meski ada kemiripan, namun keduanya membawa cerita yang segar dan menyuguhkan sensasi ketegangan yang berbeda.

Link nonton film Qodrat di Prime Video.
Link nonton film Constantine di Netflix.

 

Sumber: Prime Video dan Netflix

Foto: Magma Entertainment dan Warner Brothers

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi layar.id.
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Aktor/ Aktris

Layar.id – Film Reboot dari Korea Selatan, My Annoying Brother mengumumkan pemeran untuk versi Indonesia. Kali ini Pemeran My Annoying Brother versi Indonesia cukup...

Film Barat

Terakhir diperbarui 17 Mei, 2024 Layar.id – Keanu Reeves kembali menjadi sang pembunuh bayaran dalam John Wick 4 yang remsi tayang di Indonesia mulai...

Netflix

Terakhir diperbarui 14 Mei, 2024 Layar.id – Netfix kembali mengumumkan serial thriller psikologi terbarunya yang berjudul eric. Serial ini cukup mencuri perhatian, karena dibintangi...

Film Indonesia

Layar.id – Awal tahun 2024 akan hadir banyak film bioskop lengkap semua genre yang sayang banget untuk kamu lewatkan. Salah satunya adalah film Titip...