Connect with us

Hi, what are you looking for?

Drama Korea

Nostalgia Drama Korea Jadul, Mana Favoritmu?

drama korea jadul
Rekomendasi drama Korea jadul yang pernah tayang di Indonesia

Layar.id – Jika membicarakan drama korea, tentunya sudah tidak asing. Drama Korea sudah populer bahkan sejak era 2000-an.

Kalian pasti sudah kenal dengan beberapa drama korea berikut. Tidak heran, karena drama korea populer ini pernah tayang di stasiun televisi swasta Indonesia!

Penasaran? Atau kamu sudah pernah menontonnya?

Simak rekomendasi drama korea jadul populer berikut ini!

1. Winter Sonata

winter sonata

Winter Sonata (sumber: KBS)

Winter Sonata adalah drama yang sangat terkenal. Berhasil membawa budaya pop Korea (hallyu) ke negara-negara Asia lainnya.

Drama ini sangat populer di Jepang. Mereka menayangkan Winter Sonata untuk kedua kalinya dalam satu tahun atas banyak permintaan. Bahkan membuat versi anime.

Mengisahkan tentang Jung Yu Jin (Choi Ji Woo) yang bertemu dengan pria (Bae Yong Joon) yang sangat mirip dengan kekasihnya yang meninggal 10 tahun yang lalu.

Yoo Jin harus memilih antara pacarnya saat ini dan seseorang yang mengingatkannya pada kekasihnya di masa SMA itu.

Para aktor semuanya fenomenal, terutama pemeran utama. Bae Yong Joon yang pada dasarnya harus memerankan dua orang yang berbeda.

Aktris Choi Ji Woo, yang kecantikan dan keanggunan alaminya memberikan pesona luar biasa.

Bahkan Park Shin Hye masih menjadi figuran dalam drama ini, di umur yang masih belia.

Winter Sonata yang indah menjadi momen ketenaran mereka yang memberikan chemistry romantis mereka bersama.

Drama romantis ini dianggap sebagai yang paling populer dari seri drama tetralogi Endless Love lainnya dengan sutradara yang sama, Seok Ho Yoon, termasuk Spring Waltz, Summer Scent, Autumn In My Heart.

Sehingga tak heran jika Winter Sonata disebut tidak ada bandingannya dalam sejarah drama Korea.

Baca juga: 5 Drama Korea Netflix Ini Hadir di Tahun 2023!

2. Stairway to Heaven

drama stairway to heaven

Stairway to Heaven (sumber: SBS)

Drama Korea Stairway to Heaven mendapatkan rating nasional 40% untuk beberapa episodenya. Dianggap sebagai sensasi hallyu yang meledak lainnya.

Drama ini sangat populer saat ditayangkan perdana di Korea, juga negara-negara Asia lainnya pada tahun 2003.

Stairway To Heaven masih dianggap sebagai drama korea klasik yang wajib ditonton. Selain itu, para penggemar masih gemar menonton ulang karena sinematografinya yang indah.

Drama Stairway to Heaven menceritakan kisah yang pedih tentang membangun keluarga tiri dan cerita konsekuensi negatif yang ditimbulkannya.

Sekali lagi kita melihat sebuah drama di mana orang tua mengecewakan anak-anak mereka, dengan konsekuensi jangka panjang dalam hidup mereka.

Drama ini dibintangi oleh Choi Ji Woo, Kwon Sang Woo, Shin Hyun Joon, dan Kim Tae Hee.

3. Princess Hours

princess hours 2006

Princess Hours (sumber: MBC)

Princess Hours adalah drama televisi Korea Selatan tahun 2006. Dibintangi oleh Yoon Eun Hye, Ju Ji Hoon, Kim Jeong Hoon dan Song Ji Hyo.

Drakor Princess Hours diadaptasi dari manhwa Gung – Palace Love Story oleh Park So Hee.

Juga dikenal dengan nama Goong, menceritakan tentang Shin Chae Kyung, siswi SMA yang terpaksa menerima perjodohan dengan Lee Shin yang telah diatur oleh kakeknya, demi menyelamatkan keluarganya dari hutang.

Lee Shin juga siswa di sekolahnya, yang kebetulan adalah Putra Mahkota Korea Selatan. Namun, setelah menikah Lee Shin dan Chae Kyung saling membenci.

Drama Korea Princess Hours adalah drama yang cukup populer di tahun 2006, dengan rating puncak 28,3%.

Drama ini juga menjadi hit di seluruh Asia, berkontribusi pada Korean Wave .

Karena kesuksesannya, serial spin-off, Prince Hours, ditayangkan pada tahun 2007.

4. Boys Over Flowers

boys over flowers

Boys Over Flowers (sumber: KBS2)

Siapa yang tak kenal dengan drama fenomenal satu ini? Boys Over Flowers adalah drama Korea Selatan tahun 2009 yang dibintangi oleh Goo Hye Sun, Lee Min Ho, Kim Hyun Joong, Kim Bum, Kim Joon, dan Kim So Eun.

Berdasarkan serial manga Jepang dengan judul yang sama (Hana Yori Dango) yang ditulis dan diilustrasikan oleh Yoko Kamio.

Drama ini bercerita tentang seorang gadis kelas menengah bawah yang terjerat dalam kehidupan sekelompok pemuda kaya di sekolah menengah elitnya.

Boys Over Flowers dianggap sebagai pelopor dalam serial sekolah menengah Korea, serta telah menimbulkan demam Korean Wave.

Drama komedi romantis ini mendapatkan rating tinggi di Korea Selatan dan menjadi fenomena budaya di seluruh Asia.

5. Full House

drama korea full house 2004

Full House (sumber: KBS)

Full House adalah drama televisi Korea Selatan tahun 2004 yang dibintangi oleh Song Hye Kyo, Rain, Han Eun Jung dan Kim Sung Soo.

Diadaptasi manhwa Full House oleh Won Soo Yeon, drakor Full House menambah daftar sebagai drama Korea lawas populer lainnya.

Menceritakan tentang Han Ji Eun yang ditipu oleh temannya dan menjual rumah warisan orang tuanya kepada aktor terkenal, Lee Yeong Jae.

Ji Eun terpaksa menjadi pembantu Yeong Jae agar bisa mendapatkan kembali rumahnya.

Namun, Ji Eun dan Yeong Jae mengadakan pernikahan kontrak karena Young Jae ingin membuat wanita yang ditaksirnya, Kang Hye Won, cemburu.

Keadaan menjadi rumit saat Ji Eun dan Young Jae mulai tertarik satu sama lain.

Dianggap sebagai pelopor genre komedi romantis dalam drama Korea, Full House sukses besar di Asia dan membantu mendorong kepopuleran drama korea di luar negeri.

Baca juga: Nonton Full House di NET TV: Kisah Han Jie Eun dan Young Jae

6. 49 Days

drama korea 49 days

49 Days (sumber: SBS)

Tak terlupakan, menghangatkan hati, menginspirasi, lucu, membuat kesan yang benar-benar fantastis, akting yang luar biasa, dan musik yang megah. Drama fantasi-romantis 49 Days (2011) membuat semua penggemar drama Korea jatuh hati.

Dikisahkan seorang gadis muda yang cantik, manja, dan kaya bernama Ji Hyun (Nam Gyu Ri) akan bertunangan dengan seorang pemuda bernama Min Ho (Bae Soo Bin).

Tunangannya bekerja untuk perusahaan sukses milik ayahnya Shin Il Shik (Choi Jung Woo). Namun Ji Hyun mengalami kecelakaan dan membuatnya koma.

Ketika rohnya berkeliaran, dia menemukan Min Ho yang berselingkuh dengan sahabatnya sendiri (Seo Ji Hye).

7. The Heirs

drama korea the heirs

The Heirs (sumber: SBS)

Yang terakhir dan tidak kalah populer adalah drama The Heirs yang rilis pada 2013, dengan arahan Kang Shin Hyo, Boo Sung Chul.

The Heirs dibintangi oleh Lee Min Ho, Park Shin Hye, dan Kim Woo Bin.

Ditulis oleh Kim Eun Sook, drama ini berlatarkan sekolah menengah yang dihuni oleh orang-orang istimewa dan kaya raya.

Menceritakan tentang sekelompok siswa SMA keturunan keluarga kaya yang akan mengambil alih kerajaan bisnis keluarga mereka, mengatasi kesulitan dan berkembang di setiap langkah.

Ini adalah drama Korea pertama yang diproduksi bersama oleh DramaFever dan Hwa&Dam Pictures.

 

Pelayar, itu dia berbagai drama korea lawas! Yang mana favorit kamu?

Sumber dan foto: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi layar.id.
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Aktor/ Aktris

Layar.id – Song Hye Kyo merupakan aktris cantik terkenal asal Korea Selatan yang namanya mendunia. Aktris kelahiran 22 November 1981 ini sudah memainkan banyak...

Drama Korea

Terakhir diperbarui 10 Mei, 2022 Layar.id – Setelah empat tahun mengambil jeda dari industri hiburan, akhirnya aktor Kim Woo Bin akan kembali ke layar...

Drama Korea

Terakhir diperbarui 30 Maret, 2022 Jakarta, Layar.id – Lee Min Hoo kembali ke layar drama lewat drama internasional Apple TV+ Pachinko. Drama ini merupakan...

Drama Korea

Jakarta, Layar.id – Full House merupakan serial televisi Korea Selatan pada 2004 yang memiliki genre romantis yang disiarkan melalui stasiun di KBS2 dan disutradarai...