Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Hiburan

Russio Kurang Senang Atas Film Remake Live Action Aladdin

Last updated on 15 Oktober, 2018

Layar.id – Terry Rossio, salah satu penulis dari film animasi Aladdin, tidak terlalu senang dengan live-action remake Disney yang akan datang ini. Dalam beberapa tahun terakhir, rumah produksi Walt Disney Pictures yang terkenal telah disibukan untuk memperbaharui dan menyusun kembali kisah dongeng paling ikonik dari Disney yang di antaranya sudah diangkat dalam bentuk animasi sepanjang abad ke-20. Tetapi membawa kembali karakter dan cerita ini, seperti Cinderella dan Beauty and the Beast, untuk membawa mereka kedalam layar lebar telah terbukti sangat berhasil secara finansial bagi Disney.

Jadi, tidak terlalu mengejutkan bahwa Disney ingin mengabdikan sebagian besar sumber daya mereka untuk membuat lebih banyak film remake. Tahun depan kita akan melihat ada tiga film remake live-action utama. Ada  Dumbo yang digarap oleh Tim Burton, Guy Ritchie untuk Aladdin, dan Jon Favreau untuk The Lion King – dan Aladdin yang salah satunya saat ini memberikan kabar terbarunya karena telah merilis teaser cuplikan pertama pada awal pekan ini.

Tak lama setelah cuplikan pertama Aladdin dirilis, penulis skenario terkenal Terry Rossio yang dikenal karena telah menulis skenario untuk beberapa film besar di era tahun 1990-an dan tahun 2000-an, termasuk beberapa darinya merupakan film Disney, seperti film Pirates of the Caribbean – memberikan ekspresi tidak suka karena kurangnya pengakuan pada Disney atas film Aladdin, terutama karena preview ini menggunakan dialog yang ia tulis untuk film animasi Aladdin.

Ini perlu dicatat mengingat Rossio mengatakan bahwa Disney memenuhi akhir dari negosiasi mereka berkaitan dengan film animasi Aladdin dan setidaknya ada beberapa bentuk kompensasi mengenai remake live-action yang menjadi sumber permasalahan ini. Mengingat bahwa kisah-kisah ini adalah versi film animasi yang diadaptasi secara instan, maka bisa dimengerti bahwa penulis asli harus menerima beberapa kompensasi sebagaimana penulis novel mendapat kompensasi ketika cerita mereka diangakt kedalam layar lebar. Masalahnya adalah Disney mempertahankan hak atas film animasi Aladdin, jadi mereka tidak terikat kontrak untuk kompensasi apa pun kepada penulis film tersebut.

Baca Juga – Incredibles 2, Film Animasi Pertama Meraih Angka $ 600 Juta Secara Domestik

Tetapi mengingat remake live-action ini sekarang menjadi landasan strategi film Disney, cukup beralasan bahwa mereka setidaknya harus memberikan sesuatu kepada kreator asli. Rossio mengatakan melalui sebuah tweet bahwa dia meminta hal-hal seperti izin masuk ke Disneyland Park bahkan ke sesuatu yang lebih sederhana seperti t-shirt – tetapi semua itu ditolak. Yang menariknya, adalah bahwa Disney rupanya telah mengijinkan dia dan penulis skenario memberian izin pada para penulis film beberapa tahun yang lalu tetapi sayangnya kemudian hak itu dicabut.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi layar.id.

Baca Juga

Video

Last updated on 28 Januari, 2022 Jakarta, Layar.id – Disney+ kini terjun ke dunia K-drama seperti juga banyak layanan streaming lainnya dengan proyek mendatang...

Film Jepang

Jakarta, Layar.id – Assassination Classroom adalah sebuah film live action adaptasi dari manga berjudul sama. Kisah bercerita tentang sesosok makhluk aneh yang berkekuatan tinggi...

Film Barat

Jakarta, Layar.id – Disney Live Action Snow White and the Seven Dwarfs menambahkan cast baru! Aktor Broadway Andrew Burnap akan libur sementara dari panggung...

Film Asia

Last updated on 12 Januari, 2022 Jakarta, Layar.id – Bila Anda suka menonton live action Jepang adaptasi manga atau anime, nama Yamazaki Kento pasti...