Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Hiburan

Mengenal Karakter Morbius, Apakah Ia Penjahat atau Pahlawan?

morbius comic and movie
Morbius comic and movie (sumber gamerant)

Last updated on 1 April, 2022

Jakarta, Layar.id – Film anti-hero terbaru hasil kerjasama Marvel dan Sony, Morbius sudah tayang sejak kemarin (30/03). Film yang dibintangi oleh Jared Leto ini menceritakan awal mula kisah sang vampir modern. 

Karakter Morbius sendiri diciptakan oleh penulis Roy Thomas dan pelukis Gil Kane pada tahun 1971. Menurut Movie Web, karakter ini diperkenalkan sebagai salah satu karakter antagonis komik Spiderman di The Amazing Spider-Man #101. Seiring popularitasnya, ia pun mendapatkan seri komiknya sendiri. 

Meski tidak seterkenal karakter pahlawan Spider-Man atau sesama anti-hero Venom, nama Morbius tetap meninggalkan bekas mendalam di benak para penggemar superhero. Ia juga sering tampil dalam video games dan seri Spider-Man: The Animated Series.

SIAPA ITU MORBIUS?

Karakter Morbius memiliki nama lengkap Michael Morbius. Sejak kecil, ia dibesarkan oleh ibunya di Yunani. Karena lebih sering hidup dalam isolasi, Morbius hanya memiliki 1 teman yang bernama Emil. Keduanya tumbuh menjadi ilmuwan terkenal di bidang biologi dan memiliki misi menyembuhkan penyakit Morbius.

Ya, Morbius mengidap penyakit darah langka yang sulit disembuhkan. Sebagai usaha terakhir penyembuhan, mereka mencoba menggabungkan DNA kelelawar vampir dengan Electrotherapy. Akibatnya tubuh Morbius menjadi menyerupai vampir. Ia tidak bisa mengendalikan diri dan membunuh teman baiknya Emil. 

Tidak hanya itu, untuk bisa bertahan hidup, ia harus terus mengonsumsi darah. Namun sebagai gantinya, ia juga mendapat banyak kemampuan super. Mulai dari kecepatan tinggi, kekuatan super, melihat dalam gelap, hipnotis, hingga kemampuan untuk terbang. Selain itu, Morbius juga kebal pada matahari dan barang religius. Morbius pun menjadi Morbius the Living Vampire.

Baca juga: Morbius Final Trailer Tunjukkan Sisi Vampir dan Koneksi Spider-Man MCU

PENJAHAT ATAU PAHLAWAN?

Karakter Morbius dalam komik

Karakter Morbius dalam komik (sumber wegotthiscovered)

Sebagai musuh Spider-Man, Morbius digambarkan sebagai vampir haus darah yang harus dikalahkan oleh si pahlawan laba-laba. Namun Morbius bukan musuh yang didorong oleh karakteristik vampirnya untuk membunuh. Menghisap habis darah korban bukan hal yang ia lakukan. 

Bahkan The Living Vampire sendiri tidak hanya melawan para pahlawan super, tetapi juga menghadapi para antagonis jahat. Ia pernah melakukan hal baik dengan menolong orang-orang tidak bersalah. Misalnya saat ia melawan Dracula dan putrinya, Lilith. 

Tidak hanya itu, ia juga memiliki konflik internal karena masih mempunyai sisi simpati yang membuatnya terus membenci kondisinya saat ini dan kehancuran yang ia sebabkan. Konflik internal ini juga membawanya pada jurang bunuh diri akibat rasa bersalah yang terus bertumpuk dalam dirinya. Ia terus membenci kondisi yang mengharuskannya berbuat jahat untuk bertahan hidup.

Menurut wegotthiscovered, Morbius kemudian bersumpah untuk hanya memburu mereka yang menerima akibat perbuatan buruk mereka. ia juga terus melawan kegelapan dalam dirinya dan menolong orang-orang baik seperti Doctor Strange dan Blade melawan kejahatan. 

ANTI-HERO

Karakteristik Michael Morbius ini menjadikannya bukan penjahat dan bukan pahlawan. Ia dikenal sebagai karakter anti-hero. Rasa bersalah yang kuat hingga mendorongnya untuk bunuh diri mengeluarkannya dari sisi kelompok penjahat. Namun karakteristik kondisinya menyebabkan ia bukan sepenuhnya orang baik. 

Morbius terus berjalan di pinggiran kebaikan dan kejahatan. Jahat karena butuh darah manusia untuk bertahan hidup, baik karena ia juga berusaha sekuatnya untuk menolong orang-orang. Sehingga posisi yang tepat untuk karakter The Living Vampire ini adalah seorang anti-hero, karakter dengan karakteristik jahat, tetapi menyesal dan berusaha untuk memperbaiki kesalahannya.

 

Film Morbius akan menceritakan karakter Michael Morbius dari momen ia menjadi vampir hingga ia berusaha memperbaiki kondisi dan perbuatannya. Film produksi Sony bersama Marvel ini sudah bisa ditonton di bioskop kesayangan Anda. Bagaimana menurut Anda, apakah Morbius itu penjahat atau pahlawan?

 

Sumber: wegotthiscovered, movieweb
Foto: berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi layar.id.

Baca Juga

Film

Jakarta, Layar.id Kedatangan sekuel Joker bukan lagi rahasia, dengan Joaquin Phoenix kembali memerankan karakter tituler. Menariknya, ada perubahan signifikan untuk pemeran partner-in-madness Joker, oleh...

Film

Jakarta, Layar.id Semakin berkembang, Spider-Man kini akan segera memiliki film spin-off berjudul Madame Web. Aktris Sidney Sweeney dari Euphoria tercatat membintangi fitur mendatang, dengan...

Film

Jakarta, Layar.id – Mengalami penundaan rilis hingga enam kali ternyata menaikkan grafik antusiasme penggemar. Morbius, anti-hero yang satu semesta dengan Spider-Man, berhasil puncaki box...

Berita Hiburan

Jakarta, Layar.id – Riddler memainkan peran penting dalam film The Batman sebagai antagonis utama. Musuh Batman yang dikenal dengan ciri tanda tanya ini adalah...