Connect with us

Berita Hiburan

Bioskop Hollywood Arclight Cinemas Ditutup Permanen!

ARCLIGHT CINEMAS, SALAH SATU BIOSKOP IKONIK HOLLYWOOD DIUMUMKAN DITUTUP SELAMANYA BERSAMA DENGAN PACIFIC THEATERS.

Jakarta, Layar.id – Berita ini diumumkan oleh pengelolanya, Decurion, pada Senin (12/4) kemarin. Penutupan ini dipilih setelah perusahaannya “mencoba segala opsi” dan melihat “tidak ada jalan lagi” setelah pintu teater Arclight Cinemas ditutup tahun lalu akibat pandemi COVID-19.

Sebelumnya, Arclight Cinema adalah salah satu teater paling terkenal di Hollywood. Ia pernah meraih prestasi bioskop dengan pendapatan paling tinggi di Los Angeles.  Berdiri tahun 2002, Arclight sudah membuka 12 lokasi bioskop. Enam di antaranya dibuka di Los Angeles, termasuk bangunan historis Cinerama Dome di Sunset Boulevard.

Baca juga: Spy City Mulai Tayang 15 April di Amerika!

Bangunan Cinerama Dome sudah berusia 58 tahun. Pendiri Pacific Theathers, William R. Forman mendirikannya pada Juli 1963. Penayangan pertama memutar film Stanley Kramer berjudul It’s a Mad, Mad, Mad, Mad, World. Bangunan mirip setengah bola putih ini juga pernah muncul dalam film Once Upon a Time in Hollywood milik Quentin Tarantino. Sejak itu, Cinerama Dome menjadi salah satu bangunan ikonik Hollywood.

Saat ini bioskop-bioskop di Los Angeles baru saja membuka kembali pintu masuk mereka. Hal ini bersamaan dengan perilisan Godzilla vs. Kong milik Warner Bros. Perusahaan besar seperti AMC berhasil bangkit dengan lancar, setelah melakukan banyak usaha penyelamatan di Wall Street. Perusahaan penayangan film lainnya juga masih berjuang untuk bangkit kembali.

Pandemi COVID-19 memang berpengaruh besar pada industri film. Akibat penutupan tempat umum termasuk bioskop, terciptalah situasi rumit serupa “ayam atau telur duluan?” antara produsen film dan perusahaan penayangan. Produsen film enggan melanjutkan produksi dengan pasar kecil sedangkan bioskop tidak dapat berjalan tanpa film besar baru.

Baca juga: Ulang Tahun “Game of Thrones” Dirayakan Selama Sebulan oleh HBO

CUITAN SEDIH ARCLIGHT CINEMAS DITUTUP

Tampilan Cinerama Dome dari atas

Penutupan Arclights Cinema dan Pacifics Theaters, termasuk Cinerama Dome, diikuti oleh teriakan sedih para penggiat dan penggemar bioskop di media sosial Twitter. Sutradara Star Wars: the Last, Jedi Rian Johnson menyatakan kepedihannya sekaligus berterima kasih pada staf pekerja di sana. Aktor Elijah Wood dari trilogi The Lord of The Rings juga berkata, “Sulit menerima informasi ini.” Ia juga berturut-turut membagikan banyak cuitan mengenai bioskop ikonik itu.

Sutradara Blockbuster Roland Emmerich, Gina-Prince Bythewood, Mike Flanagan dan tokoh-tokoh industri lainnya juga membagikan kepedihan mereka lewat media sosial berlogo burung biru itu. Ada juga mereka yang menyatakan kecintaan pada Cinerama Dome, seperti Lea DeLaria, Stacey Sher, Loren Bouchard, dan lain-lain. Tutupnya Arclight Cinemas menjadi salah satu bukti pukulan berat pandemi bagi industri film, bahkan di Hollywood.

 

Sumber dan Foto: Berbagai Sumber

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

Loki Tayang Lebih Cepat, Marvel Umumkan Jadwal Phase 4

Film

HBO Rilis Foto Resmi Pertama House of the Dragons

Film

Netflix Tertarik Kerjasama dengan Prince Harry dan Meghan Markle Netflix Tertarik Kerjasama dengan Prince Harry dan Meghan Markle

Pangeran Harry dan Oprah Winfrey Luncurkan Acara TV Terbaru

TV

Emily In Paris Season 2 Mulai Proses Shooting

Berita Hiburan

Advertisement
Connect
Newsletter Signup